8 Tips Dasar Servis Laptop - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

8 Tips Dasar Servis Laptop

Share This
Permsumberah leptop sekarang semakin menjamur dengan adanya leptop di pasaran. haraganya pun relatif murah. untk leptop gres dan second kita dapat menentukan untk kualitas bagus. mungkin istilah second lebih cocok daripada kata bekas. tapi yang niscaya membeli leptop tidak harus tiba ke toko [penjual leptop namun bia lewat toko online. tentu saja yang terdekat dengan lokasi daerah anda. misal saja di yogyakarta, surabaya, jakarta atau bandung.

pada kali ini aku akan membahas perihal trik dasar menganalisa kerusakan pada leptop setips detail. ini termasuk tutorial gratis. alasannya anda tak perlu keluarkan uang atau membeli ebook yang harganya biasanya berkisar antara 100 ribuan. namun disini anda dapat berguru service notebook sendiri.

berikut tanda-tanda yang timbul pada leptop dan solusi awal yang dapat di lsayakan guna mengatasi hambatan yang ada :

1. Maslah pada layar lcd

untk layar lcd ada bebrapa tanda-tanda yang biasanya terjadi. diantaranya adlah gambar bermetamorfosis putih semua, gambar bergoyang, gambar berkedip waktu buka tutup.
Solusi : untk msumberah ini tidak ada hubungannya dengan motherbord alasannya pada dasarnya da pada kable layar lcd atau layar led. pastikan kable yang terhubung ke motherbord tidak ada debu, semut atau bahkan kotoran lain. bersihkan dengan hati hati kemudian pasang lagi untk yang terakhir adlah pakaiakan solasi atau isolasi pada kebel sehingga benar benar melekat pada layar lcd. fungsinya untk menghindari lepas atau kendor.

2. booting layar led nyala kemudian mati lagi.

maksudnya ada tanda bahwa leptop menyala tapi alasannya kerusakan itu tidak hingga bbrapa detik mati lagi.
Solusinya : untk perkara ini memang agak berat alasannya berafiliasi dengan papan induk. lepas dan bongkar leptop kemudian ambil processornya dan bersihkan. bersihkan processor dan mainboardnya. terutama pada pecahan fan atau kipas. kalau banyak bubuk dapat jadi alasannya memang sudah usang tidak di bersihkan. kemudian paang lagi pada motherbord. kalau maslah ini tetap muncul berarti memang ada msumberah yang serius pada motherbord leptopnya.

3. llampu menyala ketika di nyalakan tapi tidak muncul di screen

cek apakah layar lcd masih bekerja dengan baik. sambungkan leptop ke monitor lain atau coba dengan layar led milik cpu. kalau di sana muncul gambar berati layar lcd.

namun kalau masih tidak nyala juga layar lcd kondusif dan beralih ke Memory RAM. lepas memory ram dan bersihkan. pasang lagi dan ujit. kalau balasannya tidak berbeda di mungkinkan kerusakan pada mainboard.

4. nebook mati , ketika charger di pasang llampu indikasi berkedip 

perkara ini luamayan menciptakan pusing. cek apakah charger bekerja baik atau tidak. aku alami pada asus x101H seperti ini ternyata kualitas charger yang tidak bagus. atau memang ketika itu baterai benar benar dala mkeadaan habis sehingga ada waktu hingga 10% baterai terisi gres beliau akan dapat nyala lagi. namun kalau tidak ada perubahan itu artinya penyebab utama adlah mainboard.

5. Layar LCD kadang kadang berwarna putih atau mati sesudah bbrapa menit

aku juga bebrapa waktu kemudian mengalami hal yang sama untk byon seri M31H ternyata yang bermsumberah adlah kable inverter. adalah kable yang di gunakan pada layar lcd leptop kemudian gres ke motherbord. ganti dengan yang gres atau ceck apakah masih manis atau tidak.

6. DVD atau optic tidak terdeteksi

solusi untk maslah ini adlah lepas optc dan bersihkan konektor atau socketnya. kalau masih tidak dapat juga ,mungkin socket yang ada pada mainboard memang sudah rusak.

7. DVD terdeteksi tapi tidak dapat membaca

kalau sudah begini ganti opticnya lepas dvd dan ganti opticnya dengan yang lain

8. Wi-fi tidak dapat kanal internet.

solusi:
- Lsayakan REPAIR, tipsnya: klik kanan icon Wireless, klik REPAIR pada WinXP/REPAIR AND DIAGNOSIS pada WinVISTA
- Klik kanan My Computer, Klik Manage, Klik Services and aplication, Klik Services, Klik WLAN AutoConfig pada WinVISTA/ Windows zero configuratin pada WinXP, Klik goresan pena Stop, Klik goresan pena Restart.
untk lebih mengetahui setips detail dapat menyimpulkan dari sobat sahabat yang berdiskusi perihal leptop di lembaga leptop.untk mempermudah service siapkan alat alat yang akan di gunakan untk service. juga baca tips service degnan teliti dan benar biar nanti tidak menyisakan secrup atau baut.
sumber: http://bongkardong.blogspot.com/2013/04/8-tips-dasar-service-leptop-toshiba.html

Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment