Cara Memasang Ram Pada Notebook - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Cara Memasang Ram Pada Notebook

Share This

Mengupgrade Sendiri Memori Memory RAM Notebook/Laptop

Sekilas Seputar Memory RAM dan Memory RAM Notebook
Memory RAM merupakan kependekan dari Random Memory Access, yaitu jenis memori yang bersifat volatile (dapat ditambah, diubah dan dihapus). Kebalikannya adlah ROM (Read Only Memory) yang bersifat non-volatile atau tidak sanggup (baca: sulit) ditambah, diubah maupun dihapus. Bentuk-bentuk ROM antara lain chip EEPROM (jenis ini sangat dikenal oleh anak elektro), CD perangkat lunak/audio ataupun Flash Memory (seperti USB Flash Disk, Memory Card). Dikatakan volatile alasannya yaitu sehabis komputer direstart misalnya, data yang tersimpan dalam Memory RAM akan hilang. Sementra, data dalam ROM masih tetap tersimpan.
Pada sebuah komputer, memori Memory RAM ini berfungsi sebagai penampung data (dalam bentuk file) untk diproses oleh procecor (CPU). Jadi, intinya semakin besar kapasitas Memory RAM, semakin cepat sebuah proses dilsayakan alasannya yaitu procecor sanggup memproses lebih banyak data apabila diperlukan.
Jenis memori Memory RAM juga majemuk dari sudut tips kerja dan desainnya (module). Biasanya notebook faktual memakai jenis memori DDR-SDMemory RAM, DDR2-SDMemory RAM atau DDR3-SDMemory RAM. Jenis Memory RAM notebook ini memakai module SODIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module). Jadi, jika ingin membeli memori Memory RAM untk notebook, pilih tipe SODIMM dari jenis DDR-SDMemory RAM (juga disebut DDR aja), DDR2 atau DDR3, tergantung yang dipakai di leptop Anda. Begituuu..

Gambar: Memori SODIMM untk Notebook.

Mengapa Memory RAM Perlu Diupgrade?

Mengupgrade Memory RAM biasanya dilsayakan alasannya yaitu adanya kebutuhan untk menambah kinerja notebook dan alasannya yaitu adanya persyaratan yang harus dipenuhi untk menginstal perangkat lunak tertentu. Memang, kecepatan yang diharapkan tidak begitu terasa signifikan. Namun, perangkat lunak sanggup berjalan lebih mulus dan cepat daripada sebelumnya. Apalagi jika sedang memakai aplikasi yang berat menyerupai pengolah video/audio/grafik. Selain itu, upgrade Memory RAM juga diharapkan jika insta'lasi sebuah perangkat lunak mengharuskannya. Sebagai contoh, untk menginstal sistem operasi Windows Vista Home Edition dibutuhkan Memory RAM sebesar 512 MB. Jadi, jika notebook hnya mempunyai Memory RAM sebesar 256 MB, proses insta'lasi akan terhenti dengan pesan memori Memory RAM kurang. Faktor lain adlah alasannya yaitu mengupgrade memori Memory RAM leptop paling gampang dilsayakan. Lokasi memori Memory RAM terpasang sangat mudah diakses/dijangkau. Kita hnya membutuhkan obeng kembang saja.

Apa-Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menambah Memori Notebook?

Pertama adlah garansi notebook. Apabila notebook masih bergaransi dan pengguna dihentikan untk membuka sekrup-sekrup pada lokasi pemasangan memori, maka JANGAN mengupgradenya sendiri. Mintalah dealer Anda untk memasangnya. Apabila garansi sudah lewat (kedaluarsa), upgrade dapat dilsayakan sendiri.
Kedua, sebelum memasang memori yang baru, notebook HARUS benar-benar dimatikan (shutdown), bukan dalam mode STANDBY atau HIBERNATE. Bila dilsayakan dalam mode ini, sanggup merusak memori tersebut. Untuk itu, gunakan sajian "START | Turn Off Computer | Turn Off".
Ketiga, biasanya notebook mempunyai 2 slot memori. Bila mempunyai Memory RAM sebesar 256 MB, kemungkinan masih ada satu slot lainnya yang kosong dan sanggup ditambah dengan satu keping modul 256 MB dari jenis Memory RAM yang SAMA PERSIS (boleh beda produsen). Apabila mempunyai Memory RAM sebesar 512 MB atau 1024 MB, coba periksa apakah kedua slot Memory RAM sudah terpakai. Bila keduanya sudah terpakai, maka tidak ada kemungkinan mengupgrade dengan menambah modul Memory RAM. Anda hnya sanggup membeli modul Memory RAM gres dengan kapasitas yang lebih besar. Misalnya: Pada Memory RAM notebook sebesar 512 MB, Anda sanggup menambah satu modul 512 MB lagi (sehingga kesannya menjadi 1024 MB) apabila Memory RAM sebesar 512 MB tersebut memakai modul satu keping. Jadi, masih ada satu slot yang kosong untk satu keping modul 512MB. Demikian juga dengan Memory RAM notebook sebesar 1024 MB. Apabila memakai satu keping modul 1024 MB, maka memori sanggup ditambah dengan satu keping modul 1024 MB sehingga menjadi 2048 MB (2 GB). Agar tidak salah membeli Memory RAM, bawa saja Memory RAM notebook Anda ke toko komputer. Namun, perlu diperhatikan juga kapasitas memori Memory RAM yang sanggup didukung oleh motherbord notebook. Untuk itu, periksalah buku manual notebook untk memastikan berapa besar Memory RAM yang didukung oleh motherbord notebook, apakah 1 GB, 2 GB atau 4 GB.

Trik Memasang Memori

Setelah memori pemanis tersedia, lsayakan langkah-langkah berikut:
1. Matikan komputer melalui sajian Shutdown dan lepaskan kable power.
2. Balikkan notebook dan cari lokasi memori terpasang. Notebook yang "baik" biasanya menunjukkan petunjuk goresan pena (seperti "Memory") di bab bawah notebook. Bila goresan pena tersebut tidak tersedia, coba saja untk membuka sebuah epilog (biasanya dikunci dengan 1 atau 2 sekrup) dan lihat apakah ada modul memori terpasang di dalamnya.

 
Gambar No. 2: Lokasi Memory RAM dapat diketahui dari goresan pena "Memory". 

3. Bila sudah diketahui, buka sekrup dengan obeng (biasanya diputar ke kiri). Lalu, angkat penutupnya.

Gambar No. 3: Buka sekrup dengan obeng ke kiri.

4. Bila ingin melepas memori (untk dibawa ke toko komputer biar tidak salah beli), tekan ke arah luar <- [modul_memori] -> pada kedua kait di samping kiri dan kanannya setips bersamaan. Bila ditekan dengan benar, modul memori akan pribadi terangkat ke atas dan ambil saja.

Gambar No. 4: Kedua kait ditekan ke luar setips bersamaan.
Gambar No. 4: Setelah kait ditekan, modul terangkat ke atas.

5. Bila ingin memasang memori tambahan, sisipkan memori pemanis ke slot setips miring. Pin pada memori dihadapkan ke slot dan sesuaikan celah pada keping memori dengan lekukan pada slot.

 
Gambar No. 5: Miringkan modul memori ke slot dan sesuaikan celah pada memori dan lekukan pada slot.

6. Bila sudah sesuai, tekan modul memori ke bawah hingga suara klik dan modul terpasang dengan kencang (tidak lagi naik ke atas).

Gambar No. 6: Tekan modul ke bawah.

7. Bila sudah terpasang, pasang penutupnya dan sekrup kembali.
8. Selesai. Nyalakan notebook.

Read more: http://amanubelajarmenguasaikomputer.blogspot.com/2011/09/tips-memasang-memory ram-pada-notebook.html#ixzz2WH3zdNPS
Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment