Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Rusak Tidak Bergerak - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Rusak Tidak Bergerak

Share This



Sebelum anda membawa leptop atau netbook anda ke tukang service, alangkah baiknya anda membaca tips memperbaiki touchpad leptop yang rusak dibawah ini.

Tips Memperbaiki touchpad leptop 1

1. Cek dahulu kalau driver touchpad telah terinstall dengan baik.

2. Jika driver telah terinstall, pastikan touchpad AKTIF. ( Pada bbrapa merek notebook, --seperti COMPAQ, misalnya--, ada tombol khusus untk mengaktifkan/menonaktifkan touchpad ini) memakai kombinasi tombol FN+F(x)

3. Jika masih belum jalan juga, coba update driver Touchpad anda. Cari di WEBsite produsen leptop, atau ke synaptics.com (rata2, notebook cukup umur ini memakai touchpad buatan synaptics)atou dowload disini

4. Jika masih belom dapat berfungsi, cobalah boot memakai LIVE CD Linux. Umumnya, Live CD sudah menyertakan driver biar Touchpad dapat berfungsi normal.

5. Apabila touchpad pada Live CD tidak berfungsi, besar kemungkinan, touchpad rusak setips perangkat keras. Silakan hubungi Service Center Notebook Anda.



Tips Memperbaiki touchpad leptop 2

- Untuk memudahkan proses troubleshooting, anda dapat pergunakan USB mousse terlebih dahulu sebagai pengganti dari fungsi touchpad, lalu lsayakan langkah-langkah troubleshooting dibawah ini.

- Pastikan touchpad tidak tersetting disable/ non aktif dari perangkat lunak touchpad bawaannya (biasanya perangkat lunak touchpad ini running di system tray pojok kanan bawah)

- Jika settingan touchpad sudah benar (aktif/on) di perangkat lunak touchpad bawaan dan touchpad masih belum dapat bekerja normal kembali, maka troubleshooting dilsayakan ke tingkat kedua adalah : hapus driver mousse/touchpad dari Device Manager dengan melsayakan step berikut : masuk ke control panel --> system --> device manager. lalu cari bab mice and other pointing device --> klik simbol di sampingnya lalu hapus driver yang berjulukan Synaptics PS/2 Port Touchpad dengan tips berikut : arahkan pointer mousse di driver tsb --> klik kanan --> pilih delete.

- Setelah melsayakan delete driver, restart kembali leptop anda biar driver touchpad tsb dapat refresh kembali dengan tips automatic install waktu os windowsnya up kembali.



Tips Memperbaiki touchpad leptop 3 

pastikan terlebih dulu apakah anda tanpa disengaja telah menekan tombol shortcut untk menon-aktifkan fungsi mousse pad tersebut. Kalau benar, selanjutnya aktifkan kembali fungsi mousse pad dengan menekan tombol shurtcut. Kalau masih belum berhasil, gres periksa apakah driver mousse pad sudah terinstall dengan baik.

Tips Memperbaiki touchpad leptop 4 


1. Coba cek bahwa touch pad anda tidak dimatikan setips perangkat lunak. biasanya si ada tombol di atas touch pad atau dapat juga dengan tekan tombol fn + f4

2. kemungkinan agak parah ya perangkat keras. coba cek koneksi kable di bawah keyboard apakah terhubung baik ke motherboad. untk yang ini, aku sarankan anda bawa ke toko2 komputer terdekat kalo anda ga begitu paham untk membongkar keyboard.


Tips Memperbaiki touchpad leptop 5

cuma ada 3 kemungkinan :
1. lupa instal driver, coba di instal dulu atau cek dari device manager liat apa udah keinstal apa blm
2. sudah di instal tapi g dinyalain, liat dari F1 - F12, ada g gambar touchpad, kalo ada coba tekan fn+tombol itu tadi, trus coba moussepad, kalau untk leptop compaq tombolnya sempurna berada di atas moussepadnya
3. rusak

Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment