Macam-Macam Kabel Jaringan - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Macam-Macam Kabel Jaringan

Share This
MACAM-MACAM KABEL JARINGAN



Assalamualaikum wawohmatullahiwabarokatu

Bertemulagi dengan aku Rizki Arohmansyah, kali ini saya akan membhas wacana macam-macam kable jaringan,fungsi,kekurangan serta kelebihannya.

A. LATAR BELAKANG
Belum mengetahui mengenai jenis-jenis kable jaringan.

B. MAKSUD DAN TUJUAN
Agar sanggup memahami dan mengerti tentang jenis-jenis kable jaringan serta sanggup membedakannya.

C. PEMBAHASAN

Kable merupakan sebuah alat yang digunakan untk mentransmisikan sinyal atau pedoman data  dari satu daerah ke daerah lain, seiring dengan perkembangannya dari waktu ke waktu terdiri dari aneka macam jenis dan ukuran yang membedakan satu dengan lainnya. Berdasarkan jenisnya, kable terbagi menjadi 3 yakni kable tembaga (copper), kable koaksial, dan kable serat optik.

Setips umum, kable mempunyai fungsi sebagai media transimisi yang berperan untk mempercepat penyampaian pesan. Setiap kable mempunyai spesialisasi fungsi yang berbeda-beda. Kable tembaga seringkali digunakan sebagai penghubung ke jaringan telepon dan Ethernet. Kable koaksial sering kita gunakan pada televisi dan radio. Sedangkan kable fiber optik sering kita gunakan sebagai jalinan penghubung bawah bahari (underwater lines) merupakan media transmisi antar samudera, qube, dan video pay per view.



Macam-macam kable




1. Kable tembaga

Kable tembaga terbagi atas UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair). Perbedaan dari keduanya adlah adanya pelindung dan tidak adanya pelindung pada bab inti konduktornya. Kable UTP terdiri dari 4 pasang kable dengan jalinan yang berbeda-beda tiap incinya. Semakin rapat jalinan tersebut, tingkat transimisi dan harganya semakin tingi. Kable UTP ini memakai konektor RJ-45 yang biasa digunakan untk Ethernet, ISDN, atau sambungan telepon. Dengan kable UTP kita sanggup mengirimkan data lebih banyak dibandingkan LAN. Sedangkan kable STP terdiri dari sepasang kable yang dilindungi oleh timah, dan masing-masing kable tersebut dibungkus oleh pelindung.

2. Kable koaksial

Kable koaksial ditemukan oleh Oliver Heaviside, merupakan kable yang terdiri dari dua buah konduktor, adalah terletak di tengah yang terbuat dari tembaga keras yang dilapisi dengan isolator dan melingkar di luar isolator pertama dan tertutup oleh isolator luar. Kable koaksial mempunyai 3 bab utama, yakni pelindung luar, pelindung berupa anyaman tembaga, dan isolator plastik. Kable koaksial mempunyai kapasitas pita lebar (bandwidth) 10 Mbps dan kapasitas node 30 node. Kable koaksial sering digunakan sebagai jalur transmisi untk frekuensi sinyal radio.

Beberapa jenis kable koaksial:

  1. Kable coaxial RG-62A/U, merupakan kable berwarna hitam dengan inti berupa kable serbut, ukuran kable ini kurang lebih 0.25 inc (6mm)
  2. Thin coaxial cable, merupakan kable koaksial berdiameter rata-rata 5mm yang berwarna gelap dan banyak dignakan dikalangan radio amatir.
  3. Thick coaxial cable, merupakan kable berdiameter rata-rata 12mm dan sering dikenal sebagai yellow cable.

3. Kable serat optik

Kable serat optik merupakan sebuah kable yang terbuat dari beling atau plastik yang berfungsi untk mentransmisikan sinyal cahaya, kable serat optik berukuran sangat tipis dan berdiameter sehelai memory rambut insan yang dikala ini paling banyak digunakan sebagai media transimisi dalam teknologi komunikasi modern. Bagian-bagian utama serat optik tersebut adlah bab inti daerah mememory rambatnya gelombang cahaya, lapisan selimut yang mengelilingi bab inti dengan indeks bias yang lebih kecil, dan lapisan jake yang melindungi bab inti dan selimut dengan plastik yang elastis. Komponen utama sistem serat optik terdiri dari transmitter (Laser Diode dan Laser Emmiting Diode), information channel yang berupa serat optik, dan receiver.


Kelebihan

  1. Kable Tembaga. Beberapa kelebihan dari kable tembaga, antara lain adlah harganya murah, insta'lasinya mudah, gampang didapat, dan fleksibel, memakai satu medium untk semua.
  2. Kable Koaksial. Beberapa kelebihan dari kable koaksial adlah kapasitas bandwith dan jangkauan transmisi yang lebih besar, pengiriman gosip yanglebih cepat, dan lebih murah dari serat optik.
  3. Kable Serat Optik. Beberapa kelebihan dari kable serat optik adlah berukuran tipis dan berdiameter sehelai memory rambut manusia, sanggup mentransmisikan sinyal cahaya, kapasitas bandwidth dan kecepatan transmisi yang sangat besar, mencapai terabyte, gampang untk dibawa, serta tidak rentan terhadap gangguan frekuensi listrik.


Kelemahan 
  1. Kable Tembaga. Beberapa kelemahan dari kable tembaga adlah rentan terhadap gangguan frekuensi listrik dan radio, tidak sanggup mentransmisikan sinyal cahaya, dan kapasitas bandwithnya yang kecil.
  2. Kable Koaksial. Beberapa kelemahan dari kable koaksial adlah sulit dalam insta'lasinya, sering menjadikan msumberah dalam koneksi jikalau kedua ujungnya tidak di ground dengan baik, dan lebih mahal jikalau dibandingkan dengan kable tembaga.
  3. Kable Serat Optik. Beberapa kelemahan dari kable serat optik adlah harganya yang mahal termasuk peralatan khusus untk penyambungannya, serta konstruksinya yang lemah sehingga memerlukan lapisan penguat untk proteksi.



D. KESIMPULAN
Jadi kable jaringan mempunyai bbrapa jenis adalah tembaga,koksial dan serat optik, yang mempunyai fungsi untk mentransmisikan sinyal atau data dari suatu daerah ke daerah lainnya.

E.  REFERENSI


Ya  hnya itu yang sanggup aku sampaikan, apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan serta penyampaian dalam article ini aku mohon maaf yang sebesar-besarnya, agar bermanfaat.

Wassalamualaikum warohmatullahiwabarokatu





Sumber https://rizkiarohmansyah.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment