Mengatasi Keypad Ponsel Yang Tidak Berfungsi - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Mengatasi Keypad Ponsel Yang Tidak Berfungsi

Share This
Kotoran yang masuk ke sela-sela keypad adlah biang kerok kerusakan pada keypad. Jika masih dapat dibersihkan dan keypad berfungsi normal maka tidak terlalu sulit dikerjakan, akan tetapi jikalau IC keypad sudah dimasuki kotoran atau terkena air, maka akan terjadi korosi pada komponen tersebut.

Permsumberahan pada keypad ponsel dapat disebabkan oleh bbrapa faktor, meskipun sangat jarang terjadi. Berikut adlah bbrapa jenis kerusakan yang disebabkan oleh keypad ponsel, lebih baik bila anda memakai bagan diagmemory ram sebagai caranya.


Contoh rangkaian jalur keypad

a. Apabila salah satu tombol keypad ditekan tetapi tidak berfungsi, contohnya angka 5, kita harus periksa tegangan volt pada tombol 5, bila tegangan volt yang keluar adlah 0 Volt itu berarti tidak ada tegangan yang keluar (masing-masing tombol keypad mempunyai tegangan sekitar 1.2 - 1.8 Volt, tergantung dari type ponsel. Hal ini dapat disebabkan oleh koneksi yang jelek pada jalurnya (cek emif), sebelumnya coba bersihkan dulu lempengan kuningan pada PCB, apabila masih belum berhasil coba cek rangkaian jalur setips vertikal dan horisontal.

b. Semua keypad tidak berfungsi alias hang, coba periksa terlebih dulu apakah IC Power masih baik, cukup lsayakan pemanasan saja jikalau masih baik, dan gantilah bila sudah rusak.

c. Bila salah satu keypad ditekan maka angka yang keluar tidak sama, contohnya kita tekan angka 5 tetapi yang keluar angka 1. Bila sudah diperiksa tegangan yang keluar adlah 2.0 Volt, kerusakan menyerupai ini dapat disebabkan lantaran koneksi yang kurang baik, emif keypad rusak atau putus jalur. Ada bbrapa kasus menyerupai ini dapat juga disebabkan lantaran salah dalam proses flashing.

d. Salah satu tombol ditekan maka ponsel menjadi mati, bila tegangan yang diperiksa adlah 2.8 Volt, maka cek terlebih dulu IC Power, coba panasi terlebih dulu atau ganti bila sudah rusak.

e. Hang (saat ponsel dinyalakan kemudian semua tombol macet). Pada kasus ini lebih dikarenakan CPU yang bermsumberah, rehot CPU atau cetak ulang, bila masih bermsumberah ganti dengan yang baru. Kemudian lsayakan flash ponsel dengan versi terbaru.
sumber: http://www.ponseltrik.com/2010/01/keypad-ponsel-tidak-berfungsi.html
Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment