Pengaturan Waktu/Clock Di Mikrotik - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Pengaturan Waktu/Clock Di Mikrotik

Share This
PENATURAN WAKTU/CLOCK DI MIKROTIK


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Bertemu lagi dengan aku Rizki Arohmansyah, pada kesempatan kali ini aku akan membahas perihal setting waktu/clock di mikrotik.

A. LATAR BELAKANG
Yaitu setting waktu untk mengetahui gosip log yuser  dan perubahan yang telah di konfig pada waktu tertentu.

B. MAKSUD DAN TUJUAN
Yaitu supaya mengetahui waktu, kapan yuser login dan meruah konfigurasi pada router dan semua itu akan terbaca pada log.

C. PEMBAHASAN

Sebelumnya aku mohon maaf, alasannya yaitu aku lupa memposting article ini, seharusnya aku aploud pada 28 januari 2019 malah aku posting 6 april 2019. Saya kira sudah aku uploud, ya alasannya yaitu dalam blog aku banyak drafnya.


1. Setips devault setelan pada mikrotik itu masih devault dan apabila setelah melsayakan reset biasanya akan kembali ke setelan devaultnya, ibarat gambar dibawah ini:
















2. Nah mikrotik yang aku seting sudah pernah aku konfigurasi setelan clocknya, jadi aku akan merubahnya kembali ke seteln waktu ketika ini, untk tipsnya silahkan anda pilih sajian system >>kemudian pilih clock maka akan muncul halman clock.




3. Pada halman Clock silahkan anda pilih Time >>kemudian pada Time silahkan atur setelan jam-nya, sesuaikan dengan waktu ketika ini >>kemudian pada Date silahkan anda setting bulan, tanggal dan tahun >>kemudian pada Time Zone Autodetect silahkan anda centang >>kemudian pada Time Zone Name silahkan pilih zona waktu dimana anda tinggal, sesuaikan saja >>Apply >>OK.




4. Nah yang terakhir silahkan anda buka log dan anda lihat gosip waktunya, kapan anda login dan perubahan apa saja yang telah di ubah pada router akan muncul pada log tersebut.

5. Akan tetapi dengan menyetting Clocknya saja belum cukup alasannya yaitu pada ketika router mati atau melsayakan reboot, niscaya ada selisih waktu ketika ini antara 1 atau 2 menit, jadi untk mengatasinya anda sanggup menyetting NTP untk solusinya, supaya waktu pada router sesuai dengan waktu ketika ini.

D. KESIMPULAN
Jadi dengan menyetting Clock ini sanggup untk membantu melihat gosip waktu log yuser dan gosip perubahan  pada sajian log.

E .REFERENSI
  • http://www.mikrotik.co.id/article_lihat.php?id=55
  • http://www.mikrotik.co.id/article_lihat.php?id=95

Yap hnya itu yang sanggup aku sampaikan, apabila ada kekurangan dalam penulisan dan penjelasa diatas aku mohon maaf, semoga bermanfaat.



Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu

Sumber https://rizkiarohmansyah.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment