Pengertian Dan Sejarah Proxmox Enviroment - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Pengertian Dan Sejarah Proxmox Enviroment

Share This
PENGERTIAN DAN SEJARAH PROXMOX ENVIROMENT

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Bertemu lagi dengan aku Rizki Arohmansyah, kali ini aku akan membahas tentang tentang pengertinan dan sejarah proxmox enviroment.

A. LATAR BELAKANG
Karena belum mengetahui tentang pengertinan dan sejarah proxmox .

B. MAKSUD DAN TUJUAN
Agar bisa menerapkan dan mengerti tentang pengertinan dan sejarah proxmox.

C. PEMBAHASAN


Proxmox Virtual Environment merupakan sebuah proyek open source yang di kembangkan dan di maintain oleh Proxmox Server Solutions GmbH di Jerman. Proxmox VE merupakan sebuah platform virtualisasi open source untk menjalankan aplikasi dan mesin virtual.

Perusahaan Proxmox Server Solutions didirikan pada tahun 2005. Pendirinya ialah Martin Maurer dan Dietmar Maurer yang merilis Proxmox Mail Gateway, sebuah perangkat lunak keamanan untk melindungi server email dari spam, virus, trojan, dan serangan phishing. Tiga tahun kemudian, pada bulan April 2008 perusahaan menciptakan platform virtualisasi yang open source alias gratis ialah Proxmox Virtual Environment (VE), yang merupakan solusi administrasi virtualisasi server lengkap yang menggabungkan virtualisasi container-based dan KVM hypervisor pada satu antarmuka administrasi sistem berbasis WEB.


FITUR

Proxmox VE merupakan platform virtualisasi server open-source yang bisa dalam mengelola dua teknologi virtualisasi - KVM (Virtual Machine berbasis Kernel) untk mesin virtual dan LXC untk container-based mengunakan antarmuka WEB tunggal. Juga sanggup mengintegrasikan out-of-the-box-tools untk mengkonfigurasi ketersediaan tingi antara server, penyimpanan yang ditentukan oleh perangkat lunak, jaringan, dan pemulihan bencana.


KVM dan container-based

Proxmox VE didasarkan pada GNU Debian / Linux dan memakai Kernel Linux yang dikustomisasi. Mendukung Virtualisasi Server yang mendukung Kernel-based Virtual Machine (KVM) dan Container-based virtualization atau Linux Containers (LXC).
  1. KVM  merupakan Kernel-based virtual machine yang ditambahkan pada Linux untk menciptakan full virtualization.
  2. LXC (Linux Container) merupakan virtualisasi memakai container, tingkat efisiensi yang tingi dan juga kecepatan aksesnya menimbulkan LXC ketika ini berkembang cepat.


PENGOLAHAN

Dapat melsayakan Manajemen pengelolaan yang terpusat, Design Multi-Master Yang Unik, Proxmox Cluster File System (pmxcfs), Web-based Management Interface, Command Line, RESTful API, Role-based Administration,dan Authentication Realms.


KETERSEDIAAN TINGGI

Proxmox VE mempunyai Ketersediaan Cluster yang Tinggi, Proxmox VE HA (High Availability/Ketersedian Tinggi) Manager serta Proxmox VE Simulator. Proxmox VE HA (High Availability/Ketersedian Tinggi) Manager merupakan semua mesin virtual dan kontainer di seluruh cluster dan setips otomatis bekerja kalau salah satunya gagal. Atau Dengan Kata Lain High Availability (HA) menimbulkan suatu server (aplikasi) yang mengalami suatu hambatan sehingga menimbulkan layanannya tidak berjalan, dengan HA tersebut yang digabungkan dalam infrastruktur dan virtualisasi, insiden down atau tidak berfungsinya layanan sanggup dikurangi. Waktu untk downtime dan mengembalikan layanan/system sanggup dilsayakan dengan cepat sehingga tidak mengganggu operasional/bisnis yang dilsayakan oleh organisasi/perusahaan.


 MODEL PENYIMPANAN

Model penyimpanan pada Proxmox VE sangatlah fleksibel. Images mesin virtual sanggup disimpan di satu atau bbrapa penyimpanan lokal atau di penyimpanan bersama menyerupai NFS dan SAN. Proxmox VE mendukung penyimpanan lokal dengan grup LVM, direktori dan ZFS, serta jenis penyimpanan jaringan dengan iSCSI, Fibre Channel, NFS, GlusterFS, CEPH. Pecadangan dan Pemulihan Proxmox VE mendukung Pecadangan dan Pemulihan yang dijadawal dan mendukung banyak sekali jenis media penyimpanan.


 MODEL JARINGAN

Proxmox VE mengunakan model jaringan yang di jembati (bridged networking).Yang setiap hostnya sanggup mempunyai hingga 4094 jembatan. Jembatan menyerupai switch jaringan fisik yang diimplementasikan dalam perangkat lunak pada host Proxmox VE. Semua VM sanggup menyebarkan satu jembatan seperti kable jaringan virtual dari masing-masing tamu dicolokkan ke switch yang sama. Untuk menghubungkan VM ke dunia luar, bridge dicantumkan ke kartu jaringan fisik yang diberi konfigurasi TCP / IP. Untuk fleksibilitas kedepannya, VLAN (IEEE 802.1q) dan mnyatukan jaringan sanggup dimungkinkan.


FIREWALL

Proxmox VE mendukung Firewall yang terdistribusi serta sangat mendukung dalam pengaman dalam pengalamatan IPv4 dan IPv6.


Keuntungan memakai proxmox:
  1. Memiliki kinerja yang cukup baik.
  2. Pemasangan Proxmox yang telah dioptimalkan, sehingga lebih cepat dalam proses pemasngan.
  3. Mudah dalam melsayakan manajemen.
  4. Cocok dipakai untk kelas Enterprise.
  5. Proxmox juga dilengkapi dengan VNC Viewer sehingga kalau Anda menginginkan virtualisai dengan lingkungan Desktop menyerupai windows juga Xwindow linux.



Kekurangan Proxmox :
  1. Tidak  mendukung DRS (Distributed Resource Scheduler). Artinya distribusi workload antara host-host dalam satu cluster harus dilsayakan setips manual, hingga ketika ini Proxmox VE belum mendukung DRS. Menurut saya, ini adlah kekurangan yang paling fatal. Padaha solusi lain yang sama-sama berbasis KVM menyerupai RHEV dari Redhat telah mendukung DRS.
  2. Manajemen jaringan host virtual machine yang kurang dinamis untk operasi on the fly.
  3. Shot node virtual machine yang kadang tidak berjalan semestinya.
  4. Kekurang lainnya adlah performance Proxmox belum maksimal dan masih jauh dibandingkan dengan solusi virtualisasi lain menyerupai VMware ESX, Microsoft Hyper-V maupun Oracle VM.


Spesifikasi Minimun:
  1. Processor Pentium 4, dan harus mempunyai kemampuan 64 bit.
  2. Jika akan memakai model full virtualization CPU harus mengunakan mainboard yang mendukung jasus VT (Virtualtation Technology) atau AMD-V.
  3. Memory Memory RAM minimal 1 GB.
  4. Kapasitas hardisk minimal 20 GB.
  5. NIC (Network Interface Card).



Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diperisapkan sebelum melsayakan pemasangan proxmox:
  1. Proxmox tersedia hnya untk perangkat keras 64-bit.
  2. Pada Proses installasi proxmox akan memakai seluruh ruang storage yang ada, ini artinya Anda harus menyediakan 1 Server/Komputer dengan Hardiks khusus hnya untk proxmox saja.
  3. Installer CD Proxmox hnya bisa diinstall di Single Hardiks, jadi bagi Anda yang menginginkan kemanan data dengan 2 Hardiks ( RAID1 ), Anda bisa memanfaatkan RAID Perangkat Lunak, dengan mengkonfigurasinya sehabis proses insta'lasi pada Hardiks pertama selesai.



Anda sanggup melsayakan pemasangan Proxmox VE pada komputer atau kopmputer server dari USB atau CD-ROM mengunakan file ISO, atau sebagai alternatif bisa insta'lasi melalui debian yang sudah ada.
  1. Pembuatan Usb Boot Kita sanggup megunakan aplikasi Etcher. Trik nya cukup kita memasang aplikasi Etcher pada komputer kita dan menyipakan file iso dari proxmox dan 1 buah flashdis sebagai media penyimpanan boot proxmox detal dapa di lihat pada video ini. Atau kalau kita ingin memasang memakai CD/DVD Instaler kita bisa membuatnya dengan memakai Nero atau Ultra isi untk menciptakan CD boot nya.
  2. Setelah kita menciptakan USB/CD installernya kita selanjutnya mempersiapakn sebuah komputer server, PC, Laptop maupun mesin virtual menyerupai box atau VmWare dengan spesifikasi support 64bit,karena proxmox hnya bisa berjalan pada mesin 64 bit.Dan selanjutnya menyipakan 1 buah hardisk yang akan 100% di format oleh proxmmox untk memasang sistem proxmox.
  3. Langkah insta'lasinya kita cukup melsayakan setting pasword dan memperlihatkan alamat IP pada mesin proxmox yang kita buat.
  4. Untuk Detail Insta'lasi Proxmox Di PC sanggup di lihat disini.
  5. Atau kalau ingin melsayakan insta'lasi pada mesin virtual bisa di lihat disini.


D. 
KESIMPULAN
Jadi proxmox merupakan virtualisasi yang dipakai untk menginstall setipsra virtual menyerupai server/ debian, redhad, dan sebagainya, juga bisa menjalankan lebih dari satu virtualisasi sisitem oprasi/ server.


E.  REFERENSI
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Proxmox_Virtual_Environment

Ya  hnya itu yang sanggup aku sampaikan, apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan serta penyampaian dalam article ini aku mohon maaf yang sebesar-besarnya, supaya bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu







Sumber https://rizkiarohmansyah.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment