10 Cara Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

10 Cara Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot

Share This
Kenapa hp Android Saya semakin hari semakin lemot? Apa yang harus Saya lsayakan supaya hp android Saya tidak lemot lagi?

Sebenarnya menurunnya kinerja handphone android ini dapat disebabkan dari banyak sekali faktor. Sebelum menangani android lemot, ada baiknya teliti terlebih dahulu kronologisnya supaya gampang untk memperbaikinya.

Yap, lantaran memang penyebab HP android lemot dapat beragam. Beda perkara beda tips mengatasinya.

Sebelum melangkah lebih jauh, Saya akan memberi citra kenapa handphone Android Lemot? Msumberahnya apa dan gimana tips mengatasi HP android lemot? Oke, mari kita mulai menjawab dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Kenapa HP Android Lemot?

Setiap HP dibekali dengan perangkat keras dan operating system android yang diadaptasi supaya performanya stabil. Pertama kita menggunakan HP android yang masih fresh atau gres membukanya dari kardus tentunya terasa begitu nyaman digunakan dan cepat.

Setelah digunakan instal aplikasi ini itu, kecepatan menjadi menurun. Kok bisa? mari kita menuju tanggapan yang akan aku ulas hingga final article ini.

Penyebab HP android Lemot

1. Kebanyakan Menginstall Aplikasi

Memang banyaknya aplikasi di Gugle Play Store selalu menarik untk dicoba. Tanpa disadari, banyak aplikasi yang hnya menarik di awal saja atau bahkan ternyata mempunyai fungsi yang sama dengan aplikasi yang kita pasang sebelumnya.

Dampaknya, ruang penyimpanan di Android anda menjadi tersita oleh aplikasi yang bergotong-royong tidak berguna.

Menginstal aplikasi yang terlalu banyak akan menjadikan HP menjadi terasa lemot. Hal ini disebabkan lantaran setiap Anda menginstal aplikasi, maka ruang yang tersedia di handphone akan berkurang.

Bukan hnya itu, aplikasi yang Anda instal akan berjalan di latar belakang yang akan menjadikan memori Memory RAM cepat penuh.

Semakin sempit Memory RAM yang tersisa tentunya akan menghambat kemudian lintas yang diharapkan handphone untk bekerja setips optimal.

Logika ibarat jalan, kalau lebar dan sepi maka kendaraan beroda empat dapat cepat berjalan. Sebaliknya, kalau jalan memory ramai maka akan macet.

Trik mengatasi HP android lemot lantaran banyak aplikasi ialah:

Kalian harus menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai atau mempunyai fungsi yang sama.

2. Sisa Memori Internal Tinggal Sedikit

Hampir sama ibarat ulasan mengenai Memory RAM diatas, sisakan ruang lebih untk memori internal android Anda. Setidaknya masih tersisa 25% ruang kosong.

Hapus file yang tidak terlalu penting, gunakanlah memori eksternal atau komplemen yang mempunyai kualitas transfer tingi (hight class).

Pindahkan file atau data yang ada di penyimpanan Internal ke External supaya handphone tidak terlalu terbebani.

3. Terlalu Banyak Cache

Bagi kalian yang belum tahu apa itu cache? Cache adlah penyimpanan memori sementra pada perangkat Android. Keberadaan cache di HP kita ini akan terus bertambah dan tentu saja cache tersebut akan menciptakan penyimpanan memori cepat penuh yang kemudian akan menciptakan hp kita menjadi lambat atau lemot. Cache ini Saya sudah pernah bahas disini: Mengenal Cache Pada Smartphone, Perlukah Dihapus?

Trik mengatasinya:

Lsayakan clear cache setiap seminggu sekali. Triknya silahkan kalian masuk ke Settings -> Apps -> All kemudian cari aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya dan pilih Clear Cache.

Kenapa hp Android Saya semakin hari semakin lemot 10 Trik Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot

Atau anda juga dapat sekaligus membersihkan cache pada Android anda melalui sajian Settings -> Storage -> Cached Data dan pilih OK ketika ada pop up.

Kenapa hp Android Saya semakin hari semakin lemot 10 Trik Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot

4. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan

Aplikasi yang dijalankan setips bersamaan akan menurunkan performa kecepatan Memory RAM, ini akan menciptakan kinerja hp Anda menjadi lambat. Itulah sebabnya sangat disarankan supaya tidak membuka terlalu banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Banyak pengguna Android yang bahagia berkreasi atau mengeksplore banyak aplikasi di hp mereka setips bersamaan dan tidak sadar bahwa aktivitas tersebut menciptakan perangkat mereka menjadi lambat.

Jika Anda memang suka bermain-main dengan bermacam-macam aplikasi di Android, maka sebaiknya Anda membukanya satu per satu saja. Tutup salah satu aplikasi kalau ingin membuka aplikasi lainnya untk mencegah perangkat Anda melambat. Triknya silahkan kalian buka resent app kemudian kalian geser ke samping aplikasi yang ingin kalian tutup.

Kenapa hp Android Saya semakin hari semakin lemot 10 Trik Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot

5. Hentikan Setips Paksa Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Sebagian aplikasi tidak akan terhenti kalau kalian hnya menekan tekan tombol HOME atau menghapusnya di resent app saja.

Kalian harus menghentikan setips paksa aplikasi tersebut tipsnya dengan masuk ke Settings -> Apps, kemudian pada tab Running pilih aplikasi yang tidak anda butuhkan, dan pilih Disable.

Kenapa hp Android Saya semakin hari semakin lemot 10 Trik Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot




6. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Sebagian besar perempuan suka menggunakan Live Wallpaper pada perangkat Android mereka dengan tujuan untk memperindah tampilan hp tersebut. Namun tanpa disadari hal tersebut juga akan menciptakan hp Anda menjadi lambat.

Kenapa hp Android Saya semakin hari semakin lemot 10 Trik Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot

Untuk membantu mempercepat loading hp Anda, maka disarankan untk tidak menggunakan live wallpaper ini. Gunakanlah gambar yang sederhana untk wallpaper Android Anda, supaya kecepatan loading-nya kembali stabil dan maksimal.



7. Kurangi Penggunaan Widget

Salah satu yang menciptakan Android tampak menarik adlah adanya Widget. Bukan cuma memperindah tampilan homescreen Android anda, tapi Widget juga berkhasiat sebagai jalan pintas untk memantau banyak sekali aplikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait.

Kenapa hp Android Saya semakin hari semakin lemot 10 Trik Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot

Meski menciptakan Android anda tampak indah dan mempercepat susukan ke aplikasi, namun hal ini juga akan menyita konsumsi Memory RAM yang lebih besar. Dampaknya, Android anda menjadi lambat.

Maka dari itu, kurangi penggunaan Widget untk mengatasi Android yang mulai lemot.

8. Matikan Fitur Auto-Sync

Untuk tetap terhubung dengan semua sayan yang terpasang di Android anda, fitur Auto-Sync harus diaktifkan.

Kenapa hp Android Saya semakin hari semakin lemot 10 Trik Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot

Namun hal ini berdampak besar pada kinerja Android anda. Maka mematikan Auto-Sync sangat bermanfaat untk mengatasi Android anda yang lambat, namun dampaknya anda harus membuka setips manual aplikasi ibarat Email atau Kalender.

9. Terlalu Banyak Akun Email

Penyebab android lemot juga dapat hadir dari banyaknya sayan email yang terpasang di handphone android Anda.

Kenapa hp Android Saya semakin hari semakin lemot 10 Trik Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot

Nah, kenapa dapat menciptakan handphone android lemot kalau kita menggunakan banyak sayan email di handphone android?

Ketika kita multi login sayan. Setiap sayan akan berjalan dan juga melsayakan auto syncron yang tentunya akan membebani Memory RAM dan juga CPU.

Jika Anda masih ragu, Anda dapat mencoba membandingkan HP menggunakan satu sayan email dengan HP yang menggunakan banyak email.



10. Selalu Update Perangkat Lunak & Aplikasi

Setiap ada pemberitahuan update perangkat lunak, segera lsayakan update. Hal ini bertujuan untk segera memperbaiki msumberah yang dibawa oleh sistem versi sebelumnya. Karena biasanya update itu bertujuan untk memperlihatkan pengalaman yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Meski kadang ditemui kenyataan bahwa sesudah update justru semakin buruk, namun pihak pengembang niscaya tidak akan tinggal membisu saja kalau memang ditemui ada msumberah pada sistemnya. Selalu luangkan waktu untk menyidik update perangkat lunak di sajian Settings -> About -> System Update kemudian pilih Check for Updauji.

Kenapa hp Android Saya semakin hari semakin lemot 10 Trik Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot

Hal ini juga berlsaya untk aplikasi yang anda gunakan. Saat ada pemberitahuan update aplikasi di Gugle Play Store, luangkan waktu untk segera melsayakan update. Periksa aplikasi yang membutuhkan update pada tab My Apps & Games di Gugle Playstore.

Kenapa hp Android Saya semakin hari semakin lemot 10 Trik Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot

Sampai disini, gimana? apakah handphone android anda sudah cepat?

Atau handphone android tetap saja lemot?

Perlu kalian ingat, bahwa performa android tidak selalu ditentukan oleh Memory RAM yang besar atau procecor yang cepat, tapi tergantung gimana anda menjaga performanya supaya tetap cepat dan tidak lemot.




Semoga dengan membaca article ini dapat menciptakan handphone kalian mengalami perubahan yang tadinya lambat menjadi kembali normal.

Sumber

https://www.maxmanroe.com/tips-tips-mengatasi-hp-android-yang-lambat-lemot.html
https://www.wahanarupa.com/mengatasi-hp-android-lemot/
https://jalantikus.com/gadgetts/tips-mengatasi-android-lemot/
Sumber https://mas-abdi.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment