Penggunaan Dan Penulisan Tag Button Dalam Form Html - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Penggunaan Dan Penulisan Tag Button Dalam Form Html

Share This
Jika pada article sebelumnya kita telah membahas Penggunaan dan Penulisan Tag Fieldset dan Legend Dalam Pembutan Form HTML, pada article kali ini kita akan membahas Penggunaan dan Penulisan Tag Button Dalam Pembuatan Form HTML.

Penggunaan Tag Button Dalam Pembuatan Form HTML

Jika dilihat dari segi kegunaan atau fungsi tag input dengan atribut type="submit" mempunyai fungsi yang sama dengan tag button yakni mengirimkan data form untk diproses oleh PHP atau bahasa pemrogmemory raman lainnya.

Namun tag button memperlihatkan fleksibilitas yang lebih dibandingkan dengan tag <input type="submit"/>, yakni tag button dapat dipakai didalam form maupun diluar form sedangkan tag <input type="submit"/> hnya dapat dipakai didalam form saja.

Penulisan Tag Button Dalam Pembuatan Form HTML

Untuk memakai tag button, kita cukup menuliskan arahan ibarat dibawah ini :

<button>Tombol</button>

Jika kita jalankan di broser kemudian kita klik "Tombol" tersebut, maka tidak akan terjadi apa-apa itu alasannya kita belum memprogmemory ramnya dengan JavaScript. Namun bila tag button tersebut berada didalam form maka bila kita klik "Tombol" tersebut, maka akan mengirimkan data form untk diproses oleh PHP atau bahasa pemrogmemory raman lainnya.

Tag button mempunyai bbrapa atribut, yakni atribut type dan disablayar led. Berikut ini Saya akan membahas penggunaan dan penulisan atribut yang Saya sebutkan tadi pada tag button.

Penggunaan dan Penulisan Tag Button Dengan Atribut Type

Jika kita memakai tag button didalam form, maka kita dapat menambahkan atribut type untk merubah fungsi dari tag tersebut. Nilai yang dapat dipakai untk atribut type yakni submit, reset dan button.

Berikut ini teladan penulisan atribut type="submit" didalam tag button :

<!DOCTYPE html> <html> <head>     <title>Belajar HTML</title> </head> <body> <h2>Apakah hobi Anda ?</h2> <form action="hobi.php" method="post">     <input type="checkbox" name="berenang" id="berenang"/>Berenang<br/>     <input type="checkbox" name="menulis" id="menulis"/>Menulis<br/>     <input type="checkbox" name="membaca" id="membaca"/>Membaca<br/>     <button type="submit">Kirim</button> </form> </body> </html>

Jika pada article sebelumnya kita telah membahas  Penggunaan dan Penulisan Tag Button Dalam Form HTML

Jika kita klik tombol tersebut, maka akan mengirimkan data form tersebut untk diproses oleh PHP, bahu-membahu tanpa menambahkan atribut type="submit" di tag button maka setips default tag button akan mengirimkan data form tersebut. Namun semoga membedakan tag button didalam form dan diluar form, maka kita harus menambahkan tag button yang berada didalam form dengan atribut type="submit".

Jika kita ganti atribut type="submit" dengan atribut type="reset", maka bila kita klik tombol tersebut akan mengosongkan atau mengulangi isian form yang sudah kita isi.

Berikut ini teladan penulisan atribut type="reset" didalam tag button :

<!DOCTYPE html> <html> <head>     <title>Belajar HTML</title> </head> <body> <h2>Apakah hobi Anda ?</h2> <form action="hobi.php" method="post">     <input type="checkbox" name="berenang" id="berenang"/>Berenang<br/>     <input type="checkbox" name="menulis" id="menulis"/>Menulis<br/>     <input type="checkbox" name="membaca" id="membaca"/>Membaca<br/>     <button type="reset">Ulang</button> </form> </body> </html>

Jika pada article sebelumnya kita telah membahas  Penggunaan dan Penulisan Tag Button Dalam Form HTML

Jika kita ganti atribut type="reset" dengan atribut type="button" maka bila kita tekan tombol tersebut tidak akan berfungsi apa-apa didalam form, bahkan akan membingungkan Anda ketika menuliskan <button type="button">.

Penggunaan dan Penulisan Tag Button Dengan Atribut Disablayar led

Atribut disablayar led dipakai semoga tombol tersebut tidak dapat diklik oleh pengguna atau pengunjung, atribut ini hnya mempunyai 1 nilai, yakni disablayar led sehingga ditulis dengan disablayar led="disablayar led".

Berikut ini teladan penulisan atribut disablayar led didalam tag button :

<!DOCTYPE html> <html> <head>     <title>Belajar HTML</title> </head> <body> <h2>Apakah hobi Anda ?</h2> <form action="hobi.php" method="post">     <input type="checkbox" name="berenang" id="berenang"/>Berenang<br/>     <input type="checkbox" name="menulis" id="menulis"/>Menulis<br/>     <input type="checkbox" name="membaca" id="membaca"/>Membaca<br/>     <button disablayar led="disablayar led">Kirim</button> </form> </body> </html>

Jika pada article sebelumnya kita telah membahas  Penggunaan dan Penulisan Tag Button Dalam Form HTML

Agar tombol tersebut dapat di klik, kita harus memprogmemory ramnya dengan JavaScript. Misalnya kita memprogmemory ram tombol tersebut semoga tidak dapat di klik ketika pengunjung belum mengisi seluruh form dan bila seluruh form tersebut sudah di isi maka tombol tersebut gres dapat di klik.

Sebenarnya atribut untk tag button masih ada yang lain, tapi pada article kali ini Saya hnya membahas atribut type dan disablayar led saja, untk atribut yang lain nanti akan Saya bahas pada article tersendiri.

Sebagai rangkuman untk penulisan tag input type button beserta atributnya, Saya sudah menyebarkan teladan kode form HTML-nya :

<!DOCTYPE html> <html> <head>     <title>Belajar HTML</title> </head> <body> <h2>Apakah hobi Anda ?</h2> <form action="hobi.php" method="post">     <input type="checkbox" name="berenang" id="berenang"/>Berenang<br/>     <input type="checkbox" name="menulis" id="menulis"/>Menulis<br/>     <input type="checkbox" name="membaca" id="membaca"/>Membaca<br/>     <button type="submit">Kirim</button>     <button type="reset">Ulang</button> </form> </body> </html>

Jika pada article sebelumnya kita telah membahas  Penggunaan dan Penulisan Tag Button Dalam Form HTML

Pada article selanjutnya kita akan membahas Penggunaan dan Penulisan Tag Input Dengan Atribut Text Dalam Pembuatan Form HTML.
Sumber https://mas-abdi.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment