Penggunaan Dan Penulisan Tag Pre Dan Tag Code Dalam Html - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Penggunaan Dan Penulisan Tag Pre Dan Tag Code Dalam Html

Share This
Jika kita ingin menampilkan teks yang sesuai dengan apa yang kita tulis, baik itu spasi (yang lebih dari satu spasi), baris gres (line break) dan tab pada HTML, maka kita sanggup memakai tag <pre>. Jika kita memakai selain tag <pre>, contohnya tag <p> maka tag tersebut akan menghapus spasi (yang lebih dari satu satu spasi, maka hnya satu spasi yang ditampilkan), baris gres dan juga tab.

Pada article kali ini, selain kita mempelajari tag <pre>, kita juga akan mempelajari tag <code>.

Penggunaan dan Penulisan Tag pre Dalam HTML

Tag <pre> merupakan kependekan dari Preformatted Text. Sesuai dengan namanya, tag ini dipakai untk teks yang tidak diformat. Jika kita memasukkan teks atau goresan pena di dalam tag <pre>, maka WEB broser akan menampilkan teksnya sesuai dengan apa yang kita tulis, baik itu spasi (yang lebih dari satu spasi), baris gres dan juga tab. Tag <pre> termasuk kedalam tipe block element, yang akan ditampilkan oleh WEB broser pada baris yang baru.

Berikut ini pola penulisan tag <pre> dalam HTML :
<!DOCTYPE html> <html> <head>     <title>Belajar HTML</title> </head> <body>  <h2>Penggunaan Tag pre</h2> <pre>Tab akan        akan        ditampilkan Lebih dari satu spasi     akan     ditampilkan</pre>  </body> </html>
Jika kita ingin menampilkan teks yang sesuai dengan apa yang kita tulis Penggunaan dan Penulisan Tag pre dan Tag code Dalam HTML

Seperti yang terlihat pada gambar diatas tab dan spasi akan ditampilkan segimana yang kita tulis, termasuk juga baris baru. Biasanya font yang dipakai untk tag <pre> adlah monospace.

Tag <pre> sering dipakai untk menampilkan aba-aba progmemory ram yang lebih dari satu baris pada halman WEBsite.

Penggunaan dan Penulisan Tag code Dalam HTML

Sesuai dengan namanya, tag <code> dipakai untk "menampilkan aba-aba progmemory ram" yang tidak lebih dari satu baris pada halman WEBsite. Sama halnya dengan tag <pre>, WEB broser juga akan menampilkan teks yang berada dalam tag <code> dengan jenis font monospace, namun dengan perbedaan tag <code> akan menghapus spasi (yang lebih dari satu satu spasi, maka hnya satu spasi yang ditampilkan), baris gres dan juga tab. Tag <code> termasuk ke dalam tipe inline element, yang akan ditampilkan oleh WEB broser pada baris yang sama dengan tag lain yang berada disekitarnya.

Berikut ini pola penulisan tag <code> dalam HTML :
<!DOCTYPE html> <html> <head>     <title>Belajar HTML</title> </head> <body>     <h2>Penggunaan Tag code</h2>     Untuk menampilkan aba-aba progmemory ram yang tidak lebih dari satu baris pada halman WEBsite, Anda sanggup memakai tag <code>&lt;code&gt;</code>. </body> </html>
Jika kita ingin menampilkan teks yang sesuai dengan apa yang kita tulis Penggunaan dan Penulisan Tag pre dan Tag code Dalam HTML

Dari klarifikasi diatas sanggup diketahui perbedaan antara tag <pre> dan <code>. Tag <pre> termasuk kedalam tipe block element dan tanpa menformat spasi, baris gres dan juga tab. Sedangkan tag <code> termasuk kedalam tipe inline element dan akan menghilangkan spasi (yang lebih dari satu spasi, maka hnya satu spasi yang ditampilkan), baris gres dan juga tab.

Jika Anda ingin menampilkan aba-aba progmemory ram yang lebih dari satu baris pada halman WEBsite, Anda sanggup memakai tag <pre>, namun kalau aba-aba progmemory ram yang ingin ditampilkan tidak lebih dari satu baris, Anda sanggup memakai tag <code>.
Jika Anda ingin memasukkan huruf ibarat "<", ">"  dan bbrapa huruf lainnya pada tag <code> dan <pre>, maka huruf tersebut harus dikonversi terlebih dahulu menjadi huruf HTML Entity sebelum dimasukkan pada tag <code> dan tag <pre>.
Pada HTML versi 4.01, mempunyai tag <tt> yang akan ditampilkan sama dengan tag <code>. Tag <tt> merupakan kependekan dari Teletype.

Pada HTML5, tag <tt> sudah berstatus deprecated yang artinya sudah tidak disarankan lagi untk dipakai dan kemungkinan tidak didukung oleh WEB broser. Anda mungkin sanggup menemukan tag ini pada WEBsite lama.
Pada article selanjutnya kita akan mempelajari Trik Mengubah Arah Teks Dalam HTML Dengan Tag bdo.
Sumber https://mas-abdi.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment