Tips atau Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Tips atau Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Share This

Tips atau Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop - Bagi sebagian besar orang yang bergelut di dunia IT khususnya operator, guru atau mahasiswa. Mengalami bencana yang paling mengecewakan dan menciptakan hati kesal yakni kehilangan sebuah file penting yang berada di laptop. Baik itu kehilangan file karna serangan virus, tak sengaja terhapus atau bahkan lupa menaruh filenya pada folder yang mana di laptop. Namun, jangan khawatir, kami mempunyai cara untuk mengembalikan file yang terhapus.

File yang terhapus di laptop sebenarnya tidak secara eksklusif hilang apabila terhapus secara tidak sengaja ataupun disengaja. File tersebut hanya tersembunyi dan anda perlu sedikit usaha untuk mengembalikannya atau semula pada tempatnya. Di beberapa kondisi, anda sanggup melaksanakan beberapa cara di bawah ini :



  1. Cari di Folder Recycle Bin
  2. Gunakan Fitur Restore Previous Version Windows
  3. Gunakan Software Recovery
  4. Tips Menghindari File Hilang atau Terhapus di Laptop

Cari di Folder Recycle Bin
Apabila file penting tersebut terhapus secara tidak sengaja ataupun sengaja melalui tombol "Delete" di keyboard atau dengan Klik Kanan kemudian pilih "Delete", maka file penting tersebut masuk ke dalam folder Recycle Bin.


Folder Recycle Bin yakni folder yang berisi file-file data yang berasal dari terhapus baik sengaja atau tidak disengaja oleh pengguna laptop. Recycle Bin biasanya terdapat di halaman dekstop laptop anda, sehingga gampang untuk menemukannya.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop
Langkah - langkahnya : Buka folder Recycle Bin - Klik kiri 2 kali - Lalu cari file yang terhapus - kemudian Klik kanan - Pilih Restore.

Setelah mengikuti langkah diatas, maka file data kamu akan kembali ke lokasi dimana kamu menyimpan filenya. Di beberapa kondisi, saat anda secara tidak sengaja atau sengaja menghapus file penting, untuk mengembalikannya secara eksklusif cukup dengan Tekan CTRL+Z pada waktu setelah file tersebut terhapus.

Fitur Restore Previous Versions
Apabila sudah mencari di recycle bin tapi data file tersebut sudah terhapus, kamu jangan cemas. File yang hilang bisa kembali dengan menggunakan Restore Previous Version. Fitur ini yakni bawaan dari windows, yang bisa dan jadi alap pertama untuk penanganan kasus kamu. Hal yang perlu kamu lakukan yakni memastikan bahwa kamu sudah mengaktifkan fitur restore previous versions.

Langkahnya : Klik Kanan My Computer - Pilih Properties - Pilih Advance System Setting - Pilih System Protection - Pilih Drive Misal C: - Pilih Configure - Pilih Restore system Settings and Previous Versions of files - Pilih OK - Lalu Restart laptop.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Jika sebelumnya sudah diaktifkan, maka Kamu tinggal menggunakan fitur tersebut. Berikut ini langkah mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan menggunakan Restore Previous Versions.

Langkahnya : Pilih folder dimana file penting tersebut terhapus - Klik kanan pilih “Restore Previous versions” - pilih tab “Previous versions” - Pilih File/folder terakhir yang ingin anda restore. Selanjutnya restore ke posisi terakhir sebelum data tersebut terhapus.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Menggunakan Software Recovery File
Apabila kamu sudah melaksanakan 2 cara diatas, baik itu mencari di recycle bin maupun menggunakan fitur restore previous versions namun file tersebut tidak bisa kembali. Maka cara terakhir yang bisa dipakai yakni menggunakan software recovery file. Ada banyak software yang disediakan oleh banyak sekali developer yang gratis maupun berbayar sperti di bawah ini :

  1. MiniTool Partition Recovery - https://www.partitionwizard.com/download/10.2.2/pw102-free.exe
  2. Recuva - https://www.ccleaner.com/recuva
  3. Wise Data Recovery - https://www.wisecleaner.com/wise-data-recovery.html
  4. PC Inspector File Recovery - https://pc-inspector-file-recovery.id.uptodown.com/windows

Beberapa Tips Untuk Antisipasi File Hilang atau Terhapus di Laptop
Kehilangan file penting membuat kamu stres pastinya dan berfikir bagaimana cara untuk mengembalikannya. Nah, daripada kamu pusing-pusing karena  alasannya yakni kehilangan file, alangkah baiknya kamu ikuti tips untuk mengantisipasi file hilang maupun terhapus di laptop sebagai berikut.

  1. Back-Up File secara terjadwal di Hardisk eksternal atau Flashdisk.
  2. Menyimpan data dengan metode Cloud Computing untuk mengupload data ke server online.
  3. Aktifkan fitur Restore Previous Versions di laptop kamu .

No comments:

Post a Comment