5 Tips Keamanan Windows Yang Wajib Diketahui - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

5 Tips Keamanan Windows Yang Wajib Diketahui

Share This
Ilustrasi Windows 10. Foto: The Verge
Ilustrasi Windows 10. Foto: The VergeIlustrasi Windows 10. 

Jakarta - Mengamankan komputer atau laptop kalian yang berbasis Windows tidak sulit. Beberapa langkah gampang dan sederhana, sanggup efektif menjaga perangkat lebih aman.

Meski langkah ini terhitung mudah, masih banyak yang mengabaikan atau bahkan tidak tahu kalau hal-hal berikut perlu dilakukan. Berikut yaitu lima tips dasar untuk mengamankan perangkat Windows kalian.

1. Buat password untuk user

Saat ini kita sering menyimpan password untuk banyak sekali akun kita di browser, mulai dari akun media umum sampai online banking, semoga lebih memudahkan login. Untuk itu, kita perlu memastikan semoga tidak ada orang lain yang sanggup mengakses informasi ini.

Walaupun tidak ada orang lain yang memakai komputer, kalian tetap harus memakai password untuk mengakses komputer. Selain itu, kalian juga harus memastikan kalau perangkat kalian otomatis mengunci jikalau tidak digunakan.

Kedua cara ini sanggup diatur dengan mencari hidangan Settings kemudian pilih Accounts. Selanjutnya, pilih Sign-in options untuk mengatur password dan pilih 'when PC wakes up from sleep' semoga perangkat yang 'tidur' harus dibuka memakai password.

2. Aktifkan Windows Defender

Dulu kita niscaya pribadi mencari aplikasi antivirus dari pihak ketiga untuk mengamankan komputer. Tapi sekarang, Windows telah mempunyai aplikasi keamanan bawaan yang sanggup mengemban amanah yaitu Windows Defender.

Kalian tetap sanggup memasang antivirus pihak ketiga kalau ingin memastikan keamanan komputer. Tapi setidaknya, pastikan terlebih dahulu Windows Defender kalian sudah aktif.

Cara mengaktifkannya, cukup cari Settings di hidangan Start, pilih Update & Security, kemudian Windows Security dan terakhir pilih Open Windows Defender Security Center.

3. Teliti browser

Jangan lupa untuk terus memperbarui broswer kalian. Untungnya, ketika ini browser sanggup secara otomatis diperbarui.

Selain itu, kalian juga perlu lebih teliti dengan add-on atau ekstensi yang dipasang di browser. Telah ada beberapa masalah di mana ekstensi browser mencuri data milik pengguna. Jadi, pastikan kalian hanya memasang ekstensi yang benar-benar dipercaya.

Untuk mengeceknya, kalau memakai Google Chrome kalian perlu menentukan hidangan yang berada di kanan atas browser, kemudian More Tools dan Extensions.

Kalau memakai Firefox, opsi Add-ons sanggup ditemukan di hidangan secara langsung, dan di Microsoft Edge juga sanggup ditemukan pribadi di hidangan browser dan pilih Extensions.

4. Jangan download sembarangan

Ini yaitu tips yang harus selalu diingat. Kalau ingin mengunduh aplikasi pastikan unduh dari situs resmi atau Microsoft Store.

Kemudian perhatikan juga ketika proses pemasangan. Jangan asal klik tombol 'Next' cepat-cepat, sebab sanggup saja kalian justru ketambahan agenda yang tidak terperinci dan mencurigakan.

Selain itu, buat yang suka download konten bajakan, kalian juga harus paham kalau ini menimbulkan kalian lebih rawan terkena malware dan virus. Makara harus lebih berhati-hati untuk tidak asal unduh.

5. Periksa izin aplikasi

Tidak beda dengan di smartphone, Windows juga kini mempunyai fitur untuk mengontrol izin yang sanggup dimiliki aplikasi. Ini penting sebab selain menyangkut duduk kasus keamanan, tapi juga menyangkut privasi.

Untuk mengaturnya, kalian cukup menuju Settings kemudian klik Privacy. Kalian sanggup lihat pengaturan secara umum di tab General, tapi kalau ingin yang lebih spesifik sanggup scroll potongan App Permissions.

Dua hal yang perlu diperhatikan yaitu lokasi, kamera dan mikrofon. Karena dihentikan ada apa pun yang sanggup mengakses kamera dan mikrofon, kecuali untuk hal menyerupai melaksanakan video call.

Mudah bukan? Silakan dicoba.

No comments:

Post a Comment