Jenis-Jenis Routing Protocol - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Jenis-Jenis Routing Protocol

Share This
JENIS-JENIS ROUTING PROTOCOL




Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Bertemu lagi dengan aku Rizki Arohmansyah, kali ini aku akan membahas wacana jenis-jenis routing protocol.

A. LATAR BELAKANG
Belum mengetahui mengenai jenis-jenis routing protocol.

B. MAKSUD DAN TUJUAN
Agar sanggup memahami dan mengerti wacana jenis-jenis routing protocol.

C. PEMBAHASAN


Routing protocol

Protokol-protokol ini dipakai untk merawat routing table pada router-router. Contoh dari routing protocol diantaranya OSPF, RIP, BGP, IGRP, dan EIGRP.

RIP ( Routing Information Protocol ). Distance vector protocol – merawat daftar jarak tempuh ke network-network lain menurut jumlah hop, yakni jumlah router yang harus lalui oleh paket-paket untk mencapai address tujuan. RIP dibatasi hnya hingga  15 hop. Broadchargert di-update dalam setiap 30 detik untk semua RIP router guna menjaga integritas. nah jadi untk RIP ini cocok dimplementasikan untk jaringan kecil.


OSPF ( Open  Shorujit Path First ). Link state protocol memakai kecepatan jaringan menurut metric untk menetapkan path-path ke jaringan lainnya, setiap router merawat map sederhana dari keseluruhan jaringan. Update-update dilsayakan via multichargert, dan dikirim, kalau terjadi perubahan konfigurasi.Untuk implementasi  OSPF cocok untk jaringan besar.


IGRP (Interior Gateway Routing Protocol). Adalaah sebuah routing protocol yang dikembangkan oleh Cisco Systems Inc pada pertengahan tahun 1980-an. Tujuan penciptaan IGRP adlah untk menyediakan protokol yang berpengaruh untk routing dalam sistem otonomi. IGRP mempunyai hop maksimum 255, tetapi default dari protokolnya sendiri adlah 100. IGRP memakai bandwidth dan garis menunda setips default untk memilih rute terbaik dalam sebuah interkoneksi (Composite Metric, yang terdiri atas bandwidth, load, delay dan reliability). Protokol ini memakai algoritma distance vector. Update routing pada protokol ini dilsayakan setips broadchargert setiap 90 detik.

Pada IGRP, routing dilsayakan setips matematik menurut jarak. Oleh alasannya ialah itu sistem IGRP sudah mempertimbangkan bbrapa hal sebelum mengambil keputusan jalur mana yang akan ditempuh. Adapun hal yang harus diperhatikan tersebut yaitu load, delay, bandwitdh, realibility. Karena protocol ini diciptakan oleh Cisco, maka di dalam kumpulan perintah dasar Cisco terdapat perintah untk mengatur protokol ini.


Kelebihan dari protokol IGRP:
  • Mendukung hingga 255 hop count.


Kekurangan dari protokol IGRP:
  • Jumlah host yang terbatas.
  • Hnya sanggup diterapkan pada router Cisco.


EIGRP ( Enhanced Interior Gateway Routing Protocol ). Distance vector protocol merawat satu set metric yang kompleks untk jarak tempuh ke jaringan lainnya. EIGRP menggabungkan juga konsep link state protocol. Broadchargert-broadchargert di-update setiap 90 detik ke semua EIGRP router berdekatan, setiap update hnya memasukkan perubahan jaringan. Untuk implementasi EIGRP sangat cocok untk jaringan besar.


BGP (Border Gateway Protocol). Merupakan distance vector exterior gateway protocol yang bekerja setips cerdas untk merawat path-path ke jaringan lainnya. Up date-update dikirim melalui koneksi TCP.


IS-IS ( Intermediate System-to-Intermediate System). Adalaah protokol dipakai pada perangkat jaringan komputer yang mempunyai kegunaan untk memilih jalur terbaik bagi datagmemory ram dikala diarahkan ke tujuan. Lebih lengkapnya didefinisikan dalam ISO / IEC 10589 2002 dalam desain rujukan OSI.



Routing Protocol

Terdapat tiga klas routing protocol

Distance vector,  Protocol distance-vector menemukan  jalur terbaik ke sebuah network remote dengan  menilai jarak. Route dengan jarak hop yang paling sedikit ke network yang dituju akan menjadi route terbaik. RIP dan IGRP mengirim semua routing table ke router-router yang terhubung setips lansung.

Link state,  Atau disebut juga protocol shorujit path first, setiap router akan membuat tiga buah table terpisah. Satu dari table ini akan mencatat perubahan dari network-network yang terhubung setips langsung, satu table lain memilih topologi dari keseluruhan internetwork  dan table terakhir dipakai sebagai routing table. OSPF adlah sebuah routing protocol IP yang sepenuhnya link-state. Protocol link-state mengirim update-update yang berisi status dari link mereka sendiri ke semua router lain di network.

Hybrid,  Protokol hybrid memakai aspek-aspek dari routing protokol jenis distance vector dan routing protocol jenis link state sebagai teladan adlah EIGRP.


D.  REFERENSI


Ya  hnya itu yang sanggup aku sampaikan, apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan serta penyampaian dalam article ini, mohon maaf yang sebesar-besarnya, biar bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu


Sumber https://rizkiarohmansyah.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment