Acer Nitro 5: Makin Sangar Dengan Amd Ryzen 7 - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Acer Nitro 5: Makin Sangar Dengan Amd Ryzen 7

Share This
Foto: Istimewa
Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Seri prosesor Ryzen besutan AMD makin memperlihatkan tajinya. Yang terbaru, prosesor ini dipercaya untuk menjadi otak laptop gaming Helios 500 garapan Acer. Tak hanya itu, performa yang ditawarkan pun dipastikan bakal makin memanjakan gamer berkat kombinasinya dengan chip grafis RX 560X.

Di sektor desain, Nitro 5 juga tampil makin ciamik berkat bentuk yang lebih gahar namun elegan. Itu belum termasuk sejumlah kelebihan yang turut diboyong laptop ini yang bisa menciptakan gamer betah-betah berlama-lama main game di depan layarnya.

Untuk mengambarkan performanya, detikINET berkesempatan melaksanakan review pada laptop yang dibanderol di kisaran Rp 14 jutaan ini. Penasaran? Simak ulasannya berikut!

1. Tampilan gahar tapi elegan

Laptop gaming kerapkali menonjolkan tampilan yang gahar dan identik dengan ketebalan yang lumayan. Asyiknya, Acer berhasil mengatakan improvisasi yang lebih baik pada Nitro 5. Dengan tetap mempertahankan tampilan khas laptop gaming yang gahar, perangkat ini bisa hadir lebih seksi.

Acer Nitro 5: Makin Gahar dengan AMD Ryzen 7Foto: Istimewa

Alhasil, Acer Nitro 5 lebih lezat dilihat. Di sisi lain, ketebalannya yang tak berbeda jauh dengan laptop pada umumnya juga menciptakan perangkat ini lebih simpel untuk dibawa-bawa kalau dibutuhkan. Bobotnya sendiri berada di kisaran 2 kg.

Untuk menonjolkan kesan gahar yang diusungnya, Nitro 5 hadir dengan tekstur ala karbon pada kepingan epilog layar. Tak cuma itu, produsen ini juga tak luput menyematkan logo khas seri Predator yang memperlihatkan kelasnya sebagai laptop gaming.

Acer Nitro 5: Makin Gahar dengan AMD Ryzen 7Foto: Istimewa

Sementara ketika beralih ke kepingan belakang, tampilan dengan kisi-kisi ala gril kendaraan beroda empat sport menambah kesan gahar Nitro 5. Namun bentuk ala gril tersebut bukannya tanpa fungsi, sebab merupakan pedoman pembuangan panas dari prosesor dan komponen lainnya dalam laptop tersebut.

Beralih ke kepingan layar, bentang seluas 15,6 inci siap memanjakan gamer dengan resolusi full HD. Sedangkan di kepingan keyboard, Acer membingkai tombol WASD dengan aksen merah guna menandai keypad wajib bagi gamer tersebut.

Makin ciamik kala Acer turut menyematkan backlit berwarna merah yang selaras dengan aksen pada beberapa kepingan laptop ini. Selain itu, layaknya laptop gaming lainnya keyboard yang dipakai juga mengusung layout penuh.

Acer Nitro 5: Makin Gahar dengan AMD Ryzen 7Foto: Istimewa

Asyiknya, aksen yang sama turut ditemui di kepingan trackpad yang dibingkai garis merah. Tak luput, kedua kepingan palm rest juga dihiasi motif ala karbon yang berhasil menambah kesan gahar secara keseluruhan.

Urusan konektivitas, di sisi kiri gamer akan menemukan port USB 3.0, USB Type-C, slot kartu SD, dan HDMI. Sedangkan di sebelah kanan ada dua port USB 2.0, yang sayangnya lokasinya agak berdekatan sehingga cukup menyulitkan ketika harus memasangkan dua flashdisk secara bersamaan.

2. AMD Ryzen 7 x Raden Vega RX 560X

Kombinasi penggunaan AMD Ryzen 7 2700U yang ditandem bersama dengan chip grafis Radeon Vega 560X jadi senjata ampuh yang ditawarkan perangkat ini. Apalagi prosesor berteknologi quad core tersebut akan dikenali sistem mempunyai 8 thread, dengan kecepatan 2,2 GHz.

Ditambah lagi chip grafis Radeon RX 560X yang diusungnya dipadukan dengan VRAM sebesar 4 GB, yang memungkinkan performa yang lebih baik pada resolusi tinggi. Sayangnya besaran RAM berukuran 8 GB yang ditanamkan di Nitro 5 terbilang tanggung, akan lebih baik kalau penggunanya menggenapkan kapasitas RAM tersebut menjadi 16 GB demi performa yang optimal.

Meski begitu untuk urusan penyimpanan gamer akan dimanjakan dengan kapasitas yang mencapai 1 TB. Itu belum termasuk SSD berukuran 128 GB yang akan selalu menjaga performa sistem tetap kencang, mulai dari booting di awal dan ketika bermain game.

Selain itu dengan bentang layar seluas 15,6 inci yang punya resolusi full HD (1.920 x 1.080 pixel), bermain game pastinya juga lebih nyaman. Begitu juga untuk menikmati hiburan, menyerupai video atau film.

3. Performa lebih dari sekadar casual gaming

Dengan spesifikasi yang diusungnya, Nitro 5 sejatinya ditujukan untuk casual gaming. Namun kalau melihat pengujian yang telah dilakukan pada laptop gaming bertenaga prosesor AMD Ryzen 7 2700U dan Radeon RX 560X ini, performa yang ditawarkan bisa dibilang lebih dari itu.

Pengujian pertama dilakukan memakai aplikasi benchmark yang telah menjadi pola banyak pengujian semenjak lama, yakni 3DMark. Sedangkan tes yang dipilih bertajuk Sky Diver, yang ditujukan untuk laptop gaming kelas menengah.

Hasilnya, Nitro 5 bertenaga chip grafis Radeon RX 560X sukses mencatakan skor di kisaran 30 fps pada dua pengujian grafis yang dilakukan. Pada raihan ini, performa grafis terbilang mumpuni untuk memainkan sebagian besar game yang ada ketika ini, dengan resolusi rata-rata full HD.

Acer Nitro 5: Makin Gahar dengan AMD Ryzen 7Foto: Istimewa

Sedangkan secara total, skor yang bisa diraih Nitro 5 pada pengujian 3DMark Sky Diver yakni 6449.

Acer Nitro 5: Makin Gahar dengan AMD Ryzen 7Foto: Istimewa

Beralih ke pengujian selanjutnya yang dipilih yakni Cinebench. Aplikasi benchmark ini dipilih karena telah menjadi standar di banyak kompetisi overclocking dunia. Aplikasi ini bisa menjawab secara realtime kemampuan spesifik prosesor melalui pengujian render berbasis gambar.

Pada pengujian ini Ryzen 7 2700U memperlihatkan hasil yang moderate. Meski begitu raihan yang bisa dicetak oleh prosesor ini bisa mengungguli prosesor Intel Core i7 generasi sebelumnya yang kecepatannya mencapai 3,5 GHz, kalau mengacu pada situs hwbot.

Apalagi ketika dipadukan dengan chip grafis Radeon RX 560X, performa Nitro 5 sejatinya sudah lebih dari cukup untuk menjalankan game-game kelas menengah. Untuk game kelas AAA juga mendukung, meski diperlukan sedikit adaptasi pada setelan grafis dalam game-nya.

4. Opini: Lebih dari sekadar casual gaming

Meski masuk dalam keluarga seri laptop gaming Predator besutan Acer, Nitro 5 diposisikan berbeda. Perangkat ini sejatinya lebih ditujukan untuk casual gaming. Namun begitu performa yang ditawarkan Nitro 5 bisa dibilang lebih dari sekadar casual gaming.

Pasalnya paduan penggunaan prosesor AMD Ryzen 7 2700U dan chip grafis Radeon RX 560X sukses menyodorkan performa yang terbilang cukup memuaskan. Tak hanya untuk memainkan game, tapi juga untuk tujuan produktivitas.

Terlepas dari spesifikasi yang mumpuni, daya tarik lainnya yang ditawarkan Nitro 5 ada pada desain yang diusungnya. Acer secara pandai memadukan tampilan gahar khas laptop gaming dengan nuansa elegan melalui penggunaan aksen carbon. Alhasil, gamer tetap bisa tampil casual ketika membawa Nitro 5 keluar rumah.

Tak hingga di situ, banderol yang ditawarkan laptop gaming ini juga masih cukup masuk akal. Bermodalkan Rp14 juta, tak hanya akan dimanjakan oleh performa mumpuni hasil kerja sama Prosesor Ryzen 7 2700U dan Radeon RX 560X, gamer juga memperoleh desain gahar bergaya karbon yang memberi kesan premium.

No comments:

Post a Comment