Fakta Google Drive: Pengertian, Penggunaan, Dan Fitur - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Fakta Google Drive: Pengertian, Penggunaan, Dan Fitur

Share This

Google Drive, layanan penyimpanan yang sekarang kian lazim digunakan termasuk di WhatsApp. (Foto: dok. Google)Google Drive, layanan penyimpanan yang sekarang kian lazim digunakan termasuk di WhatsApp. (Foto: dok. Google)

Jakarta - Sebagian orang mungkin belum ngeh benar dengan Google Drive, padahal layanan dari Google itu ketika ini kian lazim digunakan termasuk di WhatsApp.

Google Drive, atau G Drive, merupakan sebuah layanan Google untuk penyimpanan (online) awan dan pencadangan file untuk foto, video, file, dan banyak lagi. Hal itu menciptakan file yang disimpan di dalamnya sanggup diakses dari mana saja.

Nah, salah satu yang memakai Google Drive ini yaitu layanan messaging WhatsApp, yang melakukannya untuk pencadangan riwayat chat. Saat ini Data WhatsApp di Google Drive bahkan sanggup tersimpan sebanyak-banyaknya tanpa batasan.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal Google Drive, termasuk fitur-fitur yang dimiliki, berikut ulasannya.

Pengertian Google Drive

Google Drive yaitu salah satu layanan dari Google yang mempunyai fungsi sebagai daerah penyimpanan secara online, dengan basis internet (cloud). Layanan ini sengaja dibentuk alasannya yaitu tuntutan kondisi ketika ini, di mana banyak orang yang membutuhkan untuk mengakses data dimanapun, kapanpun, dengan cara yang mudah. Seringkali beberapa orang mungkin kehilangan alat penyimpanan data nya menyerupai flashdisk ataupun ponsel. Kini tidak perlu khawatir alasannya yaitu Anda sanggup mengakses data lewat Google Drive ini di manapun dan kapan pun. Aman dan praktis.

Penggunaan Google Drive sendiri sangat mudah. Dengan Google Drive ini anda sanggup mengakses data-data anda melalui gadget pribadi, menyerupai halnya computer, PC, laptop, tablet, ataupun smartphone. Selain itu Google Drive ini sanggup diakses di manapun dan kapanpun selama Anda terhubung dengan internet. Selama ada internet, maka Anda sanggup mengakses Google Drive.

Adapun gugusan fungsi dan fitur Google Drive lain di antaranya yaitu :

1. Menyimpan data merupakan salah satu fungsi utama dari Google Drive. Kelebihan ini memang sengaja dibentuk oleh Google sebagai salah satu kelebihan yang paling menonjol, yakni para cowok sanggup menyimpan file atau dokumen serta mengakses di mana saja, baik di rumah maupun di kantor. Hal ini dibantu dengan adanya internet alasannya yaitu Google sendiri hanya sanggup diakses melalui internet saja. Google Drive sanggup diakses melalui drive.google.com yang telah menyediakan ruang sebesar 15 Gigabyte untuk masing-masing penggunanya. Data yang sanggup disimpan dalam Google Drive yaitu data yang dibentuk melalui sajian Google Drive itu sendiri maupun data yang dibentuk dengan memakai aplikasi lain di luar Google.

2. Selain menyimpan, nyatanya Anda sanggup mengedit dan juga menciptakan dokumen. Dengan memakai aplikasi ini Google Drive dikenal sebagai salah satu aplikasi yang fleksibel dan juga gampang untuk dioperasikan ataupun digunakan. Google Drive memungkinkan pengguna untuk menciptakan lembar kerja ataupun di spreadsheet baru, serta mengedit data yang sudah ada di dalam Google Drive tersebut. Sehingga jikalau anda menyimpan sebuah file atau dokumen penting dan ingin mengeditnya ketika itu juga, maka anda sanggup membukanya pribadi di Google Drive. Tanpa perlu mendownload terlebih dahulu atau mengekstraknya ke Microsoft Office. Hal ini Tentu saja sangat mempermudah dan juga mempersingkat waktu penggunaan.

Manfaat memakai Google Drive

Berbicara soal manfaat sendiri, tentu saja kita berbicara soal efisiensi dan juga efektivitas. Aplikasi Google Drive ini populer sebagai salah satu aplikasi penyimpan data yang sangat gampang digunakan anda tidak perlu repot membawa habis ataupun flash disk, terutama alasannya yaitu adanya potensi alat tersebut hilang atau terkena virus. Selain itu beberapa orang juga merasa bahwa data data penting mereka seringkali tercecer ataupun hilang, terutama data penting lagi ijazah dan lain sebagainya. Anda sanggup memfoto atau melaksanakan scanning pada dokumen tersebut dan menyimpannya selama email Anda aktif. Maka data yang ada di Google Drive itu sanggup diakses kapanpun dan dimanapun dengan waktu yang tidak terbatas.

Setelah membahas mengenai pengertian fungsi dan juga manfaat. Berikut ini akan kita bahas mengenai fakta yang ada di balik aplikasi Google Drive, di antaranya adalah:

1. Privasi dan Hak

Fitur pertama terkait hak dan privasi. Di mana fasilitas Google Drive selanjutnya yaitu menyebarkan file. Anda tidak perlu mengirimkan melalui email atau repot-repot mendownload terlebih dahulu, namun anda sanggup pribadi sharing atau melaksanakan pembagian file lewat Google Drive secara langsung. Selama anda mengetahui email dari pengguna lainnya. Tidak hanya itu anda juga sanggup menunjukkan hak jalan masuk bagi orang lain. Seperti halnya mereka yang ingin melihat isi dari Google drive Anda. Namun jangan khawatir untuk kehilangan data ataupun data diedit, alasannya yaitu anda sanggup menunjukkan izin hanya sebatas view content ataupun sanggup mengedit dokumen saja. Cocok untuk Anda yang bekerja secara tim.

2. Translate Otomatis

Jika Anda mendapat file yang kurang dimengerti atau berbahasa selain Inggris dan Indonesia, tak perlu khawatir alasannya yaitu Google Drive mempunyai fitur penerjemah dokumen. Fitur ini sudah terhubung dengan aplikasi lain yang dimiliki oleh Google, yakni Google Translate. Anda sanggup memasukkan file dokumen kemudian membuka file tersebut di perangkat dokumen yang tersedia di Google Drive. Setelah itu klik sajian tools kemudian pilih Translate dokumen. Nantinya dokumen tersebut akan diterjemahkan sesuai dengan bahasa yang Anda inginkan. Perlu diingat seringkali Google Translate memang tidak sesuai dengan grammar atau bahasa yang sesuai. Tapi setidaknya Anda tidak perlu bekerja ekstra untuk men-translate semua dokumen yang ada.

3. Convert Data

Faktor selanjutnya yaitu convert PDF to text, fitur untuk mengubah file dari format PDF menjadi format teks. PDF sendiri layaknya gambar yang sudah terkunci sehingga tidak sanggup diedit ataupun di-copy. Namun melalui Google drive Anda sanggup mengubah format tersebut menjadi sebuah teks. Caranya sangat mudah, Anda sanggup membuka file PDF di Google Drive kemudian download Microsoft Word. Setelah file yang didownload dari format docx, Anda sanggup mengedit dengan gampang dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

4. Revision History

Fakta terakhir yang sanggup anda lakukan dari Google Drive yaitu revision history. Fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah Anda edit. Umumnya beberapa orang mungkin merasa lupa atau membutuhkan tanggal yang tepat, kapan Anda melaksanakan revisi dalam dokumen tersebut. Selain itu revision history juga sanggup melaksanakan restore dokumen sesuai dengan tanggal modifikasinya.

No comments:

Post a Comment