Tips Merawat Jaringan Komputer - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Tips Merawat Jaringan Komputer

Share This
Jaringan komputer yang sudah terpasang dengan baik jangan hingga dibiarkan begitu saja tanpa perawatan yang memadai sehingga fungsi dari jaringan tersebut tidak berjalan dengan benar, untuk itu diperlukan Tips Merawat Jaringan Komputer tersebut biar jaringan tetap berfungsi dengan baik sebagai jalur kompunikasi antar beberapa unit komputer dalam jaringan. Jaringan yang dirawat di sini yakni jaringan Local Area Network (LAN), bukan jaringan WAN.


Untuk merawat jaringan, kita perlu mengenal beberapa perangkat yang ada dalam jaringan tersebut yaitu, komputer server, komputer client, HUB/Switch Hub, kabel jaringan dan konektor. Beberapa komponen pokok dalam jaringan tersebut di atas perlu juga untuk dirawat biar jaringan yang terpasang benar-benar berfungsi dengan baik. Apa sajakah yang akan dilakukan dalam merawat jaringan yang sudah dirancang tersebut ? ikutilah Tips Merawat Jaringan Komputer berikut ini.

Perawatan Komputer Server

Komputer server sebagai komputer pusat, tentu bekerja secara terus menerus untuk melayani semua komputer client yang terhubung ke server tersebut, hal ini menciptakan komputer server juga harus diperhatikan dalam perawatan. Perawatan pada server sehubungan dengan data-data yang tersimpan secara terpusat di server biar dikelola dengan baik, lakukan backup data pada server secara berkala. Selain perawatan data, komputer server juga sebaiknya terdiri dari dua unit yaitu server utama dan server pengganto, alasannya komputer server biasanya bekerja tanpa henti 24 jam sehingga sewaktu-waktu apabila terjadi kerusakan atau perawatan rutin, server pengganti akan dipasang untuk menggantikan server utama.

Perawatan Komputer Klien

Komputer client tidak menyerupai komputer server, bila salah satu komputer klien rusak, tidak samapi kuat ke unit komputer lain dalam jaringan. Berbeda dengan komputer server, apabila terjadi kerusakan maka komunikasi dalam jaringan sanggup terputus. Meski demikian komputer klien juga tetap harus diberikan perawatan menyerupai membersihkan bab dalam cpu dari debu, membersihkan virus, melaksanakan defrag file dan lain-lain.

Perawatan Kabel Jaringan UTP

Jalur komunikasi dalam jaringan lokal selain wireless yakni memakai kabel, jadi kabel selalu diperhatikan secara rutin keberadaannya. Beradasarkan pengalaman saya mengelola lab komputer, kabel merupakan komponen yang harus diperhatikan contohnya mengontrol posisi letak kabel jaringan, apakah sering dilalui tikus atau tidak, alasannya tikus suka sekali dengan memakan kabel. Kalau sering dilalui tikus, sebaiknya pasang jebakan tikus, lem tikus atau apalah yang penting dengan tujuan mengusir tikus biar tidak mengganggu kabel jaringan.

Perawatan Konektor RJ45

Konektor sebagai penghubung antara kabel dengan kartu jaringan (LAN Card/Network Card) juga harus diberikan perhatian dalam perawatan. Perawatan yang biasa saya lakukan di lab komputer yang saya kelola yakni dengan membersihkan pin kuningan di setiap konektor. Memang sedikit melelahkan alasannya pin konektor sangat kecil sehingga membutuhkan ketelatenan untuk membersihkannya. Untuk membersihkan pin konektor sanggup memakai ampelas atau boleh juga memakai peniti untuk membersihkan jamur-jamur yang tumbuh di sela daerah pin berada. Setelah dibersihkan, jangan lupa disikat dengan sikat.

Perawatan HUB/Switch HUB

Selain server sebagai sentra pengolahan data, fungsi HUB juga tidak kalah pentingnya, alasannya apabila HUB mengalami masalah, maka komputer yang terhubung ke jaringan melalui HUB tersebut ikut bermasalah dan tidak sanggup berkomunikasi dengan baik dengan perangkat komputer yang lain. Tempatkan HUB di ruangan yang bersuhu udara tidak terlalu panas, bersihkan bab luar casing HUB dari bubuk biar bubuk tidak terlalu banyak yang masuk ke bab dalam HUB.

Tips Merawat Jaringan Komputer di atas merupakan tips secara garis besarnya saja, anda sebagai pengelola jaringan harus sanggup mengetahui rancangan jaringan yang ada sehingga memudah dalam perawatan, contohnya menandai setiap kabel yang terhubng ke komputer klien dan komputer server atau dari komputer ke HUB. Hal ini sangat penting untuk membantu dalam melaksanakan perawatan jaringan komputer. Meski masih hanya sebatas garis besar saja, namun saya berharap sedikit tips di atas sanggup memberi manfaat bagi pengunjung blog ini dan bila bila anda punya pendapat ihwal tips merawat jaringan, jangan sungkan untuk share pengetahuannnya di bab komentar.

No comments:

Post a Comment