Cara Menghubungkan Mikrotik Ke Internet Melalui Wifi - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Cara Menghubungkan Mikrotik Ke Internet Melalui Wifi

Share This
CARA MENGHUBUNGKAN MIKROTIK  KE INTERNET MELALUI WIFI












Assalamualaikaum warohmatullahiwabarokatu

Bertemulagi dengan aku Rizki Arohmansyah, pada kesempatan kali ini aku akan membahas perihal tips menghubungkan router ke internet melalui wifi.

A.LATARBELAKANG
Yaitu alasannya aku membutuhkan koneksi internet.

B.MAKSUD DAN TUJUAN
Agar router sanggup terhubung ke jaringan supaya sanggup di sebar luaskan lagi.

C.PEMBAHASAN
Ya jadi disini aku akan menghubungkan router ke innternet melalui jalur wifi, wifi yang akan aku gunakan adlah wifi yang ada di sekitar lingkungan kos-kosan,jadi aku akan memakai wifi yang tidak di password atau wifi umum.

Untuk tips menghubungkannya silahkan anda ikuti langkah-langkah dibawah:

1. Pertama silahkan anda aktifkan dulu wiressless , langkah ini akan kita lsayakan jikalau apabila wirelles masih dalam keadaan mati/ disable. Untuk mengaktifkannaya silahkan pilih menu wireless >> kemudian klik tab interface >> kemudian pilih wlan 1 >> hidupkan dengan mengklik tanda ceklis.

















2. Sekarang kita akan menghubungkan mikrotik ke wifi yang ada disekitar, langkah pertama silahkan anda klik dua kali ( double clik ) wlan1 kemudian akan muncul halman interface >> pada halman interface pilih wireless >> pada mode pilih station >> Kemudian silahkan anda scan maka akan muncul halman secanner >> Untuk memulai scanner silahkan anda pilih start, maka mikrotik akan melsayakan secan dan akan menampilkan bbrapa wifi yang terdeteksi >> pilih wifi yang ingin kalian gunakan kemudian pilih connect.



3. Setelah kita connekan ke wifi maka nama SSDI wifi yang kita connekkan tadi akan muncul, itu tandanya anda sudah berhasil menghubungkannya, kemudian pilih Apply dan ok tunggu hingga wlan1 Running.





4. Apabila wifi yang kita connekan di password maka kita harus memasukan passwordnya ialah dengan tips pilih menu wireless >> security profile >>klik dua kali ( dowbel click ) devault-none maka akan muncul halman security profile >> pada hlaman security profile pilih general >> isikan name devult saja >>untk memsukn keaman dan password pilih mode dynamic kays >>pilih keamanan yang di pakai oleh wifi yang kita hubungkan >> isikan password wifi ( 8 karkter ), jadi kalian harus tahu password keamanan wifi yang kalian hubungkan.




  • Name= Isi bebas, hnya untk penamaan saja, namun di sini aku biarkan devault saja.
  • Mode= Isi sesuai dengan jenis keamanan wifi yang di hubungkan, jikalau galau pilih saja dynamic-keys, alasannya umum di gunakan.
  • Authentication Type = Sama dengan mode, isi dengan jenis keamanan wifi.
  • Unichargert Ciphers = Tandai aes ccm dan tkip.
  • Group Ciphers = Tandai aes ccm dan tkip .
  • WPA Pre-shared Key isi dengan password wifi yang akan di hubungkan.
  • WPA2 Pre-Shared Key = isi dengan password wifi yang akan di hubungkan. 


5. Apabila wifi yang kita connekan tidak dipasword maka biarkan saja default tidak usah diubah.






6. Sekarang kita seting DHCP Clien, ialah alasannya kita tidak tahu ip yang akan dipakai dan untk menghubungkan mikrotik dengan internet, dimana nantinya router akan mendapat IP setips otomatis dari wifi yang telah terhubung. Untuk tips setingnya ialah pilih menu IP >>DHCP Client >>pada halman DHCP Clen pilih DHCP Clien >> klik tanda +/add >> dihalman DHCP Client pilih interface yang terhubung dengan internet/ wifi yaitu wlan1 >>pada Add Devault Rout pilih yes >>Apply >>ok ,  kemudian tunggu hingga statusnya bound dan mendapat alamat IP dari wifi, nah setatus wlan1 sudah bound ( terikat ) dan sudah mendapat alamat IP itu berarti konfigurasi setation sudah berhasil, jikalau belum berhasil silahkan anda cek kembali pada security profile mungkin password yang anda masukan salah.






7. Kemudian untk menguji konektifitasnya apakah sudah terhubung dengan jaringan internet tau belum ialah kita lsayakan ping lewat terminal pada winbox, tipsnya ialah klik hidangan New terminal >> maka akan muncul halman terminal >> kemudian ketik perintah ping gugle.com nah sanggup anda lihat ternyata router sudah terhubung dengan jaringan internet.

   

8. Kemudian anda perlu seting IP, DHCP server, dan Firewell NAT supaya PC klein sanggup terhubung ke internet.Untuk tipsnya silahkan klik disini.

D.KESIMPULAN
Jadi  anda sanggup menghubungkan router kejaringan internet via wifi baik wifi rumahan,sekolahan,kantor dan lainnya, yang akan di gunakan untk kebutuhan internet.

E.REFERENSI 

Yap hnya itu yang sanggup aku sampaikan apabila ada kekurangan dalam penulisan dan penjelasa diatas aku mohon maaf semoga bermanfaat.


Wassalamualaikum warohmatullahiwabarokatu


Sumber https://rizkiarohmansyah.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment