Cara Install Mikrotik Router Os Di Virtualbox - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Cara Install Mikrotik Router Os Di Virtualbox

Share This

CARA INSTALL MIKROTIK ROUTER OS DI VIRTUALBOX



Assalamaualisayam waarohmatullahiwabarokatu

Bertemu lagi dengan aku Rizki Arohmansyah, pada kesempatan kali ini aku akan membahas ihwal tips install mikrotik router os di virtualbox.

A.LATARBELKANG
Yaitu karana router OS juga sama saja seperti  routerboard namuan kalau aku tidak membawa  routerboard aku maih sanggup mengintall roter os lewat virtuall box.

B.MAKSUD DAN TUJUAN
Apabila aku tidak membawa routerboar tapi aku sanggup memakai router os walaupun hnya virtualisasi.
 
C.PEMBAHASAN
Ya pada kesempatan kali ini aku akan membahas ihwal tips install mikrotik router OS lewat firtual box , Mikrotik router OS adlah sebuah perangkat lunak yang sanggup di install pada personal komputer ( PC ) sama ibarat router pada umumnya hnya kalau mikrotik router OS harus kitaa install sendiri / setips manual sedangkan kalau routerboar sering kita pakai sudah di install perangkat lunak oleh pihak yang membuatnaya.

Kelemahan mikrotik router os yang kita install di virtuall box yaitu tidak terdapat wirelless tapi memiliki ethernet, pada dasarnya mikrotik router os yang kita install di virtuall box itu hnya sekedar virtuall saja tidak sanggup kita oprasikan ibarat routerboard pada umumnya. Tetapi hening tips kerjanya sama dan isnya pun sama saja ibarat router basanya.


Untuk tips installnaya silahkan anda ikuti langkah-langkah dibawah:

1. Buka virtualbox , kalau anda belumpunya silahkan download virtualbox disini.

2. Silahkan buat virtual machine barukemudian tulis nama sesuai impian anda >> pilih other >> other/unknow ( 64-bit )




3. Silahkan anda tentukan ukuran memori yang akan dipakai untk router os ini , disini aku memberi 1GB yaitu sesuai kebutuhan alasannya ialah akan aku guanakan untk menoprek / mengotak atik mikrotik , pada dasarnya sesuaiakan dengan kebutuhan anda saja.




4. Silahkan pilih creat a virtual har disk now untk menciptakan har disk kemudian creat.




5. Silahkan pilih VDI ( virtualbox Disk Image ) kemudian next.




6. Silahkan pilih Dynamically allocated kemudian next.




7. Silahkan anda tentukan ukuran hardisknya tapi jangan terlalu besa, disini aku beri 2GB sudah sangat besar, kemudian simpan foldernya terserah kalian ingin dismpan dimana, kalau sudah create.




8. Silahkan anda klik folder dan cari dimana anda meletakan isonya bila suudah ketemu silahkan open >> kemudian start.




9. Selanjutnya adlah tahap penginstallan dimana anda akan diminta untk menentukan package mana saja yang akan diinstall pada sistem operasi mikrotik router os. Tekan sepasi untk memilih, dan a untk menentukan semua, setelah anda pilih paket mana saja yang akan anda install silahkan tekan i untk menginstallnya.




10. Kemuudian muncul pertanyaan "apakah anda ingin menyimpan konfigurai lama"  ketik saja Y. 




11. Kemuudian ada peringatan " semua data pada disk akan dihapus" ketik saja Y , ya karna ini hnya virtuallbox juga tidak ada data yang penting didalamnaya.




12. Silahkan tunggu proses instlasi selesai,setelah tamat silahkan klik pada gambar kaset dan umount ( keluarkan ) kaset sanggup juga anda remove. Setelah itu enter.

 



13. Silahkan anda masuk sebagai admin dan kosongkan saja passwordnya kemudian enter.




14. Kemudian ada pertanyaan "apakah anda inginmelihat lisensi perangkat lunak" disini aku akan melihat lisensi perangkat lunak jadi aku ketik Y.



15. Enter terus untk melihat lisensi dan kemudian akan masuk terminal.





16. Insta'lasi sudah tamat sekrna kita sudah sanggup menggunakanya tapi disini hnya dalam bentuk terminal , jikalau anda ingin menghubungkan router os ke winbox semoga sanggup mengkonfigursi setips desktop juga bisa.


D.KESIMPAULAN
Jadi router os juga sanggup gunakan untk konfigurasi, isi dan tips nya pun sama ibarat routerboard, ya walaupun hnya virtualisasi.


E.REFERENSI

Yap hnya itu yang sanggup aku sampaikan apabila ada kekurangan dalam penulisan dan penjelasa diatas aku mohon maaf semoga bermanfaat.


Wassalamualaikum warohmatullahiwabarokatu


Sumber https://rizkiarohmansyah.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment