Cara Mengukur Tegangan Pada Motherboard Laptop - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Cara Mengukur Tegangan Pada Motherboard Laptop

Share This
Dalam motherbord leptop ada bbrapa tegangan yang perlu kita ketahui normal atau tidaknya input output tegangan pada motherbord tersebut.
Sebelum melsayakan banyak sekali macam pengukuran tegangan pada motherbord silahkan baca kembali persiapan pengukuran tegangan pada motherbord leptop dan tips penggunaan multiujiter.

1.Pengukuran Tegangan 12Volt Motherbord Laptop

Untuk melsayakan pengukuran tegangan 12 volt silahkan pasang probe hitam multimeter pada pin warna hitam dan probe meras pada pin kable warna kuning dan lihat hasil pengukurannya.
Cek angka yang dihasilkan pada multiujiter,hal ini dapat sedikit berbeda tergantung ujiter yang digunakan,namun tidak akan berbeda jauh 12,..

2.Pengukuran Tegangan 5 volt

Masukkan probe merah multimeter kedalam pin merah Power supply. Hasil pengukurannya harus menunjuk pada 5 volt.

3.Pengukuran Tegangan 3.3 Volt Motherbord Laptop

Mengukur 3.3V ini berbeda dengan 5v & 12v alasannya tidak ada lead 3.3V pada koneksi Molex. Tergantung pada catu daya, Anda mungkin mempunyai dua tips untk mengukur :
1) Sata Lead 
Bagian bawah dari bbrapa leads menawarkan jalan masuk ke sentuhan sambungan (oranye) 3.3V yang berupa sambungan logam yang terbuka pada timbal oranye dimana akan dimasukkan probe merah multimeter.
 2) 24pin Mobo Lead
Pengukuran untk pin orange diperlihatkan pada gambar di bawah ini;

3.Pengukuran Tegangan CPU Vcore 

Catatan: Mengukur poin daya PSU relatif mudah. Mengukur titik tegangan pada motherbord lebih berbahaya, hati-hati dengan pin probe multimeter jangan hingga menimbulkan hubungan listrik pendek ke komponen chip lainnya. Kaprikornus aku tidak akan menyarankan melsayakan hal ini dikala Anda sedang kurang tenang.
Periksa lokasi titik pengukuran core. Ini tidak gampang ditemukan pada tiap Motherbord dan alasannya itu Anda harus mempunyai data lengkap mengenai Motherbord yang Anda servis.
Dibawah ini aku berikan rujukan pada kawasan probe pada titik pengukuran Vcore salah satu Motherbord.







Baca hasil pengukurannya sebagai berikut :
Catatan: biar pembacaan yang kita lsayakan memberi hasil terbaik, dilsayakan dua kali pengukuran:
a. Pada PC yang menjalankan idle.
b. Dengan PC yang sedang bekarja aktif. Sebagai pembanding jalankan benchmark tertentu yang serupa untk uji Vcore. Dalam kasus Vcore perbedaan antara 2 hasil pengukuran dikenal sebagai vdroop.
sumber:http://rnbkomp.blogspot.com/2013/12/tips-mengukur-tegangan-pada-motherbord.html
Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment