Cara Pasang Dvd Atau Cd Rom - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Cara Pasang Dvd Atau Cd Rom

Share This

CD/DVD Drive adlah komponen untk membaca data yang tersimpan di piringan CD/DVD.
Apa pun jenis datanya, baik beruPa video, data, gambar atau bunyi sanggup dibaca oleh komputer sesudah dimasukkan ke dalam drive ini.


Nie gambar-gambarnya untk memperjelas tips-tipsnya.....
1. Siapkanlah kable data IDE yang berkhasiat untk menghubungkan dan transfer data antara CD/ DVD drive dengan motherbord. Kable ini dipilin dalam bentuk pipih dan ujungnya dibentuk dari plastik dengan satu tonjolan di atasnya.
2. Ambillah CD/DVD drive yang Anda beli. Ambil dari boks-nya kemudian perhatikan cuilan belakangnya.
3. Sebuah drive CD/DVD umumnya mempunyai empat cuilan di belakangnya. Bagian paling kanan (ketika dilihat dari belakang) adlah slot untk menyalurkan daya listrik. Di sebelah kirinya terdapat slot data, slot jumper untk mengatur Posisi master/slave' dan terakhir adlah slot untk audio.
4. Tentukanlah aPakah Anda ingin menciptakan "peringkat" drive optik tersebut sebagai master atau slave. Master mempunyai kedudukan lebih utama dan juga Iebih mendaPatkan Prioritas urutan dikala akan booting.
5. Tariklah kable daYa dari Power SuPPIY dan tancaPkan ke slot puii.tg kanan di belakang drive optik. Yang dimaksud kable daya dari Power SuPPIY adlah yang terdiri dari emPat kable berwarna merah, hitam' hitam' dan kuning. Trik memasukkannYa Yaitu dengan melihat bentuk geometri colokan daYa tersebut dan cocokkan sesuai dengan bentuk slotnYa' Lalu tekan cuilan Plastik dari kable daYa tersebut dengan jari tangan
Anda sampai melesak masuk ke dalam slot tersebut' Jika belum samPai masuk, sanggup jadi kable daYa tidak sanggup menghubungkan tenaga listrik dengan sempurna.

6. Lanjutkan dengan memasang kable data ke slot di cuilan kirinya. Ketika memasang kable data, tipsnya dengan melihat posisi tonjolan di bawahnya kemudian melihat analoginya di slot data dari drive CD/DVD. Tonjolan itu harus terletak di atas menyesuaikan dengan lokasi di slot. Masukkan menggunakan tangan Anda sampai masuk sempurna.

7. Sekarang letakkan drive
CD/DVD tersebut di tempatnya di chargering. Di cuilan depan atas dari chargering, memasukkannya sanggup dari depan atau dari belakang, namun tampaknya lebih gampang dari depan sebab tidak akan terhalangi oleh motherbord dan memori. Jika chargering Anda berjenis mini-ATX atau mikro-ATX, hampir pati Anda harus memasangnya dari depan sebab dari belakang tidak memungkinkan.

8. Setelah posisi drive DVD/CD stabil di tempatnya, sekarang Anda siap untk menghubungkan kable data dengan slot IDE di motherbord. Sebuah motherbord umumnya mempunyai dua slot IDE yang sanggup mengakomodasi empat peranti IDE sebab tiap slot sanggup menangani dua peranti, sebagai master dan slave.

9. Trik memasukkan kable data IDE ke slotnya di motherbord sama menyerupai dikala memasukkannya di slot yang terdapat di drive CD/DVD sebab bentuk slot maupun plug-nya sama persis.

10. Terakhir kuatkan posisi drive optik dengan tips menawarkan mounter atau mur kemudian putar menggunakan obeng.

Catatan :
Dalam memasang kable data atau kable power, Anda perlu melihat kesamaan bentuk geometris untk menghindari kesalahan pasang.
sumber:http://blogpurnamasidik.blogspot.com/2013/02/tips-pasang-dvd-atau-cd-rom.html

Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment