Cara Gampang Memperbaiki Kerusakan Pada Cdrom/Cdrw/Dvdrom/Dvdrw - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Cara Gampang Memperbaiki Kerusakan Pada Cdrom/Cdrw/Dvdrom/Dvdrw

Share This
Trik Memperbaiki cd/dvd rom dan permsumberahan seputarnya
Bismillah - Kali ini aa-irwan mau membuatkan tips dan tips memperbaiki sendiri cdrom/dvdrom/dvdrw yang rusak tanpa harus dibawa ke tukang servis. Semoga article ini bermanfaat.

Msumberah dan tips memperbaikinya diantaranya :
1. CD/DVD Rom tidak mau membaca
    - Bersihkan head CD/DVD Rom
Seringkali aku mendapati pertanyaan, mas kinta kok CD/DVD Rom aku gak sanggup baca ? padahal aku gres beli 2-3 bulan lalu, pertanyaan pertama yang aku usikan adlah apakah headnya pernah dibersihkan ?, emang perlu dibersihkan ya ?, ya perlu lah. Head pada CD/DVD Rom mempunyai fungsi yang sama menyerupai mata, kalau head/mata kotor maka penglihatan kita akan bumemory ram atau tidak jelas, begitu juga head CD/DVD Rom, sinar laser yang dihasilkan oleh head sanggup terhalang oleh abu yang menyebabkan pembacaan CD/DVD jadi tidak lancar. Solusinya, beli pembersih CD/DVD Rom, biasanya dilengkapi dengan alkohol, tips pakainya gampang, kalau tidak sanggup boleh komentar dibawah.
    - Bersihkan CD/DVD
Seringkali aku dapati permukaan CD/DVD terdapat lemak atau bekas cetakan tangan, hal ini sangat menciptakan CD/DVD Rom akan cepat rusak, alasannya yaitu head akan dipaksa untk membaca CD/DVD, oleh alasannya yaitu itu sebelum CD/DVD dimasukkan kedalam drive, pastikan bebas kotor dan lemak. Untuk membersihkan lemak atau bekas cetakan tangan sanggup memakai pembersih cd yang banyak dijual di toko komputer.
2. CD/DVD Rom tidak mau eject
Pernah mengalami CD/DVD macet tidak mau dikeluarkan dari dalam drive ? Tentunya dong, kalau ini terjadi, simpel aja, ambil penjepit kertas, kemudian sambil menekan tombol eject, masuk dan tekan lubang kecil yang terdapat di drive CD/DVD rom. voila, berhasil bukan.
CD/DVD Rom tidak terdetek
Permsumberahan yang sering aku temui, yang ini relatif mudah, pertama cek apakah llampu indikasi pada CD/DVD Rom menyala, kalau tidak berarti adlah msumberah power, coba ganti power yang terhubung ke CD/DVD Rom dengan kable power yang lain, tentunya harus buka chargering dulu. Jika sudah nyala namun tidak terdeteksi langkah selanjutnya adlah mengecek kable IDE, kable ukuran flexi ukuran besar yang melekat disamping kable power, coba ganti dengan kable IDE yang lain, biasanya dengan memakai dua langkah ini CD/DVD Rom terdeteksi kembali, kalau tidak maka ada kerusakan perangkat keras dan anda harus beli yang baru. itu langkah terakhir.
Selain itu kerusakan yang sering ditemui pada CDROM/CDRW/DVDROM/DVDRW.
 
Gambar DVD-RW pada Laptop 
 
Trik membersihkan Optik lens dengan cutton but
 

 Melihat sinar laser pada mata optik masih manis atau tidak. Dianjurkan jgn terlalu usang dilihat alasannya yaitu akan merusak mata.

Kerusakan Pada CDROM/ RW, DVDROM/ RW : Tidak terdeteksi
Langkah-langkahnya :
  1. Periksa kable power (kalau longgar kencangkan).
  2. Periksa kable data apakah pemasangannya sudah benar? Jangan lupa kable dengan ujung yang berwarna merah, periksa kable data biasanya ada yang putus. Untuk lebih yakin gunakan kable data yang baru.
  3. Periksa Jumper, kalau hardisk di posisi master maka CDROM harus diposisi slave (lihat jumpernya).
  4. Periksa seting BIOS (Standard Serup) apakah Primary dan secondary semua diset Auto
  5. Periksa llampu layar led-nya apakah nyala, dan tekan eject apakah berfungsi, kalau tidak berfungsi berarti kerusakan ada di board kontroler CD/DVD
  6. Anda sanggup membongkarnya dan coba anda periksa apakah ada solderan yang lepas atau retak, coba anda solder kembali. Kerusakan Pada CDROM/ RW, DVDROM/ RW : Tidak Bisa Baca CD, Bisa Baca Tapi Pilih-Pilih CD (Hnya CD yang Original / yang Masih Bagus yang Bisa Dibaca)
  7. Kerusakan pada Optiknya: kotor atau sudah lemah. Trik mengatasinya: bongkar cd/dvdrom, lepaskan semua bautnya, lepas semua penutup/ chargering-nya.
  8. Coba anda perhatikan gambar optic set, di mana terdapat satu komponen yang disebut trimpot, berbentuk bundar kecil dengan 3 kaki, dan dibagian tengahnya ada setting / trim untk kepala obeng, ada yang berbentu plus atau min
  9. Terlebih dahulu coba anda bersihkan kepala optic dengan cottonbud (korek kuping) setips perlahan dan hati-hati. Jangan hingga serat kable yang menghubungkan antara kepala optic dengan rangkaiannya putus.
  10. Jika CD/DVDROM/R/W ada msumberah dalam pembacaan disk, apakah tidak sanggup baca, kadang baca, pilih-pilih CD, tidak sanggup burn/ membakar/ menulis (write) disk, maka kerusakan terletak pada optiknya. Sebelumnya dalam keadaan penutup/ cover terbuka, coba anda hubungkan powernya dan anda lihat. Awas!!! Jangan terlalu akrab alasannya yaitu cahaya yang dikeluarkan optic mengandung radiasi, anda cukup perhatikan dari jauh, apakah optiknya mengeluarkan cahaya atau tidak ?
  11. Kalau masih mengeluarkan cahaya meskipun redup/ lemah, biasanya masih sanggup di trim/ setting, anda tinggal men-trim/ setting dengan tips memutar trimpot tadi dengan obeng kecil sesuai dengan lubangnya apakah min atau plus, setips perlahan dan hati-hati searah jarum jam.
  12. Dalam melsayakan penge-trim-an/ setting, jangan terlalu banyak memutarnya. Coba anda putar/ trim sedikit saja, sehabis itu komputer anda matikan, dan pasangkan kable data ke CD/DVD, kemudian anda nyalakan lagi
Semoga tips tips simpel memperbaiki  cd-rom/dvd-rom/dvd-rw pada komputer/leptop sanggup sangat membantu sobat aa-irwan sanggup bermanfaat tanpa harus ke tukang servis atau membeli yang baru. Tapi bila sudah parah dan tidak sanggup dengan tips diatas mau gak mau memang harus dibanting dan harus membeli yang baru. he3x. Ok segitu saja tipsnya dari aa-irwan agar bermanfaat. Ditunggu komennya gan.
sumber:http://www.aairwan.com/2011/08/troubleshooting-cddvd-rom.html

Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment