Mengenal Macam-Macam Keyboard Komputer - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Mengenal Macam-Macam Keyboard Komputer

Share This

Keyboard PC atau Keyboard Komputer adlah keyboard yang berfungsi untk memasukan huruf, angka, karakter khusus, serta berfungsi untk melsayakan perintah perintah yang di perlukan ibarat membuka dan menyimpan file.
Penciptaan keyboard komputer itu bersumber dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham.
Keyboard di HPdengan Keyboard di komputer mempunyai perbedaan dalam segi tata letak tombolnya. Keyboard yang dipakai oleh kita kini ini adlah jenis QWERTY. Pada tahun 1973, keyboard ini di resmikan sebagai standar ISO atau International Standar Organization. Keyboard jenis QWERTY mempunyai jumlah tombol sebanyak 104 tuts dengan bbrapa port ialah port serial, ps2, usb, dan ada juga yg sudah memakai wireless atau Bluetoth.


Menurut tata letak tombolnya keyboard komputer di bagi menjadi bbrapa macam:

1.Jenis QWERTY

Tata letak tombol ini di temukan oleh Scholes,Glidden, dan Soule pada kisaran tahun 1878 dan kemudian menjadi standart mesin ketik pada tahun 1905.
2.Jenis DVORAK
Ketidakefisienan yg dijumpai pada tata letak tombol jenis QWERTY dicoba diperbaiki dengan tata letak DVORAK yangg dirancang kisaran tahun 1932. Tata letak tombol DVORAK memakai susunan keyboard yang sama,tetapi susunannya dirubah sedemikian rupa yg menciptakan ajun bekerja lebih banyak dari pada tangan kiri.
3.Jenis Klockenberg
Tombol tombol pada keyboard Alphabetik ini sama persih dengan tombol jenis QWERTY dan DVORAK tetapi susunan hurufnya berurutan ibarat susunan karakter Alphabeth.

Tata letak tombol ini dikembangkan dengan memasukan unsur Ergonomik atau kenyamanan kerja. Walaupun keyboard ini tidak sepopuler ibarat jenis QWERTY tetapi memakai tombol ini sanggup mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan dan mengurangi beban otot pada tangan dan bahu.
4.Jenis Palantype
Papan ketik jenis ini mempunyai tiga kelompok karakter tombol. Di kepingan kiri pertanda kelompok konsonan awal sebuah sebuah kata, kepingan tengah pertanda kelompok vokal,dan kepingan kanan pertanda kelompok konsonan final sebuah kata. Tetapi pada keyboard jenis Palantype ini tidak seluruh konsonan dan vokal dalam alphabet ada di tombol ini. Kita harus memakai kombinasi bbrapa tombol yang ada.
5.Jenis Stenotype
Steno adlah jenis goresan pena singkat yang sering dipakai untk mencatat ucapan seseorang. Papan ini mempunyai kelebihan yang hampir sama dengan keyboard Palantype.
6.Jenis Multimedia
Berbagai macam model dari keyboard multimedia :
solid year multimedia keyboard
keyboard and optical mousse combo set

Sabre OLayar LED-keyboard multimedia gaming
7.Jenis Virtual
Kini, diciptakan salah satu perangkat mudah untk komplemen komputer, ialah keyboard virtual supaya Anda tak lagi repot membawa perangkat kumpulan tuts tersebut kemana-mana.
keyboard virtual adlah salah satu fitur untk progmemory ram komputer atau progmemory ram itu sendiri yang sanggup berperan virtual sebagai kontrol, dengan bbrapa tombol atau tuts yang ada pada keyboard biasa.
Dalam dunia PC desktop, progmemory ram windows XP, keyboard virtual atau yang disebut juga On-Screen Keyboard, bekerja setips virtual bukan hnya sebagai keyboard, melainkan juga sebagai mousse.
Untuk pengoperasian Personal Data Assistant (PDA), biasanya yuser atau pengguna, memasukan teks melalui pengetikan di keyboard virtual yang sudah ter-setting dalam sistem operasi PDA. Sedangkan untk virtual keyboard dengan teknologi tingi, penggunaan keyboard dibentuk hnya melalui cahaya yang muncul. Cahaya yang dimunculkan hnya perlu diproyeksikan pada semua permukaan datar.
Penggunaan keyboard virtual ini sangat ideal untk dipakai di luar angkasa. Sensor akan terbaca via infra merah, sesuai dengan apa yang kita ketik pada keyboard tersebut.
Trik kerja keyboard virtual:
1.Sinar laser akan menampilkan bentuk keyboard sesuai dengan level permukaan yang dibiaskan.
2.Bias infra merah yang transparan akan diproyeksikan menjadi keyboard virtual.
3.Pengetikan yang dihasilkan melalui jari, akan menjadikan key-stroke. Penekanan oleh jari inilah yang mengakibatkan pertemuan antara pantipsn dan sinar infra merah setips bersamaan, yang menghasilkan refleksi eksklusif ke proyektor.
4.Refleksi infra merah akan melewati penyaring infra menuju kamera.
5.Kamera lantas mengambil gambar sesuai dengan penangkapan dari infra merah.
6.Chip dari sensor akan memperbaiki letak pantipsn infra merah yang rusak, kemudian menerjemahkannya dalam koordinat.
7.Karakter-karakter yang tercipta akan tampil pada screen, dengan memakai koordinat yang diterima setips wirelessly atau tanpa kable dimana saja dan kapan saja.
Selain praktis, keyboard virtual ini sanggup disambungkan dan dipakai melalui PDA, jalan masuk telepon, leptop, pc tablet, komplemen peralatan di luar angkasa, untk tempat indstri, dalam kendaraan, baik udara, air, maupun darat. Produk ini juga lebih steril dibandingkan penggunaan keyboard manual.
Keuntungan lainnya, keyboard jenis ini sanggup dipakai oleh orang-orang yang tidak biasa memakai keyboard biasa lantaran keterbatasan psikis.
Ok….. dari berbgai macam – macam  jenis keyboard di atas, ibarat jenis QWERTY, jenis DVORAK, jenis Klockenberg, jenis Palantype, jenis Stenotype, jenis Multimedia, jenis Visual. Jika kita lihat dari segi ergonomi, ada banyak sekali macam keyboard yang ergonomi.
Seperti dibawah ini :
Keyboard ini dibentuk supaya pengguna yang ‘betah’ berjam-jam di depan PC. Dengan model ergonomis ibarat diatas, berdasarkan penelitian sanggup mencegah Carpal Tunnel Syndrome ialah penyakit saraf lantaran kmemory ram yang terus menerus.
Ya masih banyak lagi jenis – jenis keyboard, jikalau dilihat dari bentuknya. Ini disebabkan lantaran terus berkembangnya jaman modern.
Semoga bermanfaat……… Amin. ^_^
sumber:
http://12650048-imk.blogspot.com/2012/12/mengenal-macam-macam-keyboard-komputer_15.html

Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment