Jenis-Jenis Dan Tipe Vpn Di Mikrotik - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Jenis-Jenis Dan Tipe Vpn Di Mikrotik

Share This
JENIS-JENIS DAN TIPE VPN DI MIKROTIK



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Bertemu lagi dengan aku Rizki Arohmansyah, pada kesempatan kali ini aku akan membahas perihal jenis-jenis dan tipe VPN di mikrotik.

A. LATAR BELAKANG
Yaitu alasannya kurangnya pemahaman perihal jenis-jenis dan tipe-tipe VPN di mikrotik.

B. MAKSUD DAN TUJUAN
Agar sanggup memahami dan mengerti tentang jenis-jenis dan tipe-tipe VPN di mikrotik.

C. PEMBAHASAN
VPN ( Virtual Private Network ) merupakan sebuah metode yang dipakai untk mengkoneksikan antara node jaringan dengan tips memanfaatkan koneksi internet jaringan Public/WAN juga menggunakan protocol yang ter enskripsi sehingga lebih kondusif dan meminimalisir kemungkinan data di susukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Misalnya kita mempunyai sebuah kantor yang berjauhan, untk mengolah jaringan dan menghubungkan ke seluruh kantor yang berjauhan tersebut menggunakan link fisik niscaya membutuhkan biaya yang besar. Nah dengan menggunakan VPN kita sanggup membangun sebuah link antar kantor dengan memanfaatkaan jaringan internet yang sudah ada, tentu juga menghemat biaya.

Pada VPN di mikrotik suport dengan bbrapa metode seperti  PPTP, L2TP, SSTP dan OVPN. Kita perlu memiih salah satu opsi yang cocok untk jaringan kita, setips umum type VPN mempunyai fungsi yang sama namun hnya berbeda adlah autentikasi dan enkripsi yang digunakan.

Berikut klarifikasi bbrapa type pada VPN:

  1. PPTP ( Point to Point Tunnel Protocol ) : Adalaah salah satu type VPN yang paling sederhana juga flksibel dalam konfigurasi. Mayoritas sistem operasi sudah support dengan PPTP Client ibarat PC dan garget ( androit). PPTP menggunakan port 1723 dan menggunakan IP protocol 47/GRE untk enkapsulasi paket datanya. Kita sanggup menentukan  network security protocol yang akan dipakai untk proses autentikasi PPTP di mikrotik, pola chap, pap, mschap dan mschap2. Setelah tunnel terbentuk data yang ditransmisikan akan diencripsi dengan MPPE (Microsoft Point-to-Point Encription). Paket yang melewati tunnel PPTP akan mengalami overhead 7%.
  2. L2TP (Layer 2 Tunnel Protocol) : Adalaah pengembangan dari PPTP dan L2TP, encripsi dan network security protocol yang digunkan untk autentikasi sama dengan PPTP. Namun untk melsayakan komunikasi L2TP menggunakan UDP port 1701. Untuk keamanan yang lebih baik L2TP dikombinasikan dengan IPSec . Untuk segi keamanan, encripsi pada L2TP/IPSec mempunyai tingkat securitas yang lebih tingi daripada SSTP yang menggunakan MPPE. Paket yang melewati tunnel L2TP akan mengalami overhead 12%.
  3. SSTP (Secure Socket Tunneling Protocol) : Untuk membangun VPN menggunakan SSTP diharapkan akta SSL di setiap perangkat kecuali keduanya menggunakan RouterOS. Untuk komunikasi SSTP menggunakan TCP port 443 (SSL). Seperti halnya WEBsite yang secure (https). Kalian harus memastikan clock sesuai dengan waktu real jikalau menggunakan certificate. Untuk menyamakan waktu router dengan real time  sanggup menggunakan vitur NTP Client. Paket yang melewati tunnel SSTP  akan mengalami overhead 12%.
  4. OVPN (Open Virtual Private Network) : Bisa dipakai dikala membutuhkan keamanan yang tingi. OVPN devaul menggunakan  UDT port 1194 juga dibutuhkan certificate masing-masing perangkat untk sanggup terkoneksi internet. OVPN hampir sanggup dipakai di semua perangkat/ operating sistem menggunakan dukungan apikasi pihak ketiga. OPVN menggunakan algoritma sha1 dan md5 untk proses auutentikasi dan mengguunakan bbrapa chiper ialah blowfish128,aes192 dan aes256. Paket yang melewati tunnel OPVN akan mengalami overhead 16%.
Untuk penggunannya siahkan anda sesuaikan dengan perangkat anda apakah kopetible atau tidak dan sesuai dengan kebutuhan tingkat keamanannya.


    D. KESIMPULAN
    Jadi VPN dipakai untk mengoneksikan antara node jaringan dan semoga transmisi data tetap kondusif atau terencripsi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

    E. REFERENSI
    • https://mikrotikindo.blogspot.com/2017/01/mengenal-jenis-dan-tipe-vpn-di-mikrotik.html
    • http://www.mikrotik.co.id/article_lihat.php?id=61
    Yap hnya itu yang sanggup aku sampaikan, apabila ada kekurangan dalam penulisan dan penjelasa diatas, mohon maaf semoga bermanfaat.


    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu

    Sumber https://rizkiarohmansyah.blogspot.com/

    No comments:

    Post a Comment