Kapasitor Tantalum - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

KAPASITOR TANTALUM

Kapasitor tantalum seakan-akan dengan kapasitor elektrolit, tetapi bisa menunjukkan tingkat kapasitansi yang sangat tingi  untk setiap volume tertentu. Mereka banyak dipakai dalam peralatan elektronik yang membutuhkan kapasitor ukuran kecil dengan tingkat kapasitansi tingi.






Jenis kapasitor tantalum
Walaupun kapasitor tantalum banyak digunakan, banyak yang tidak tahu bahwa ada tiga jenis kapasitor tantalum yang tersedia:

Kapasitor  tantalum elektrolitik foil :  
kapasitor tantalum foil sudah ada semenjak tahun 1950an. Ini dikembangkan untk mengatakan bentuk kapasitor elektrolitik yang lebih sanggup mendapatkan amanah  tanpa batasan umur simpan. Mereka dikembangkan sebagai hasil dari ketersediaan foil tantalum kemurnian tingi. Kemurnian materi yang dipakai sangat berperan dalam memilih kebocoran arus dari jenis kapasitor tantalum. kapasitor tantalum ini mempunyai kepadatan kapasitansi lebih tingi daripada kapasitor aluminium elektrolitik. Biasanya mereka sanggup bekerja pada suhu hingga sekitar 120C, oleh lantaran itu mereka sering dipakai dalam peralatan yang dipakai dalam kondisi ekstrim.

Kapasitor tantalum dengan anoda berpori dan cairan elektrolit: 
Bentuk kapasitor tantalum ini juga dikenal sebagai tantalum kapasitor basah  dan itu adlah bentuk pertama yang diperkenalkan. Berbagai elektrolit sanggup dipakai dalam tantalum kapasitor. Mereka yang diproduksi menggunakan asam sulfat sebagai elektrolit mempunyai karakteristik listrik yang baik dan tegangan kerja maksimum sekitar 70 volt. Ini kapasitor tantalum berair sangat jauh lebih mahal daripada tantalum yang lebih baru, oleh alasannya ialah itu mereka tidak banyak digunakan.

Tantalum kapasitor dengan anoda berpori dan elektrolit padat:
Kapasitor tantalum ini  disebut juga sebagai tantalum padat, dan ini adlah jenis yang paling banyak digunakan. Jutaan dari mereka dipakai setiap harinya, dan mereka sanggup ditemukan di banyak peralatan elektronik. Kapasitor ini dikembangkan dengan semikonduktor solid menggantikan cairan elektrolit. Kapasitor ini mempunyai  karakteristik frekuensi lebih unggul daripada kapasitor elektrolit. Mereka juga lebih kecil daripada aluminium elektrolitik. Namun mereka tidak bisa menangani  lonjakan arus atau tegangan tingkat tingi. Mereka juga bisa rusak seketika kalau polaritas terbalik, biasanya pribadi melayar ledak.

Bentuk yang paling umum dari kapasitor tantalum yang dipakai ketika ini adlah kapasitor tantalum padat. Mereka menunjukkan paket ukuran cukup kecil dan dikemas dalam epoxy untk mencegah kerusakan. Pengkodean kapasitor biasanya ditulis pribadi pada tubuh kapasitor.



Kapasitor tantalum SMD 
Kapasitor tantalum SMD telah banyak dipakai untk mengatakan tingkat kapasitansi yang lebih tingi daripada memakai kapasitor kememory ramik.  Teknologi  yang dipakai dalam kapasitor tantalum SMD didasarkan pada teknologi kapasitor tantalum padat.Sudah cukup usang kapasitor tantalum dipakai dalam aplikasi SMD lantaran kapasitor elektrolit  tidak tahaan terhadap panas dari proses penyolderan. Namun kini teknologi kapasitor elektrolit telah dikembangkan biar lebih tahaan terhadap proses solder, kapasitor ini kini juga banyak digunakan. Meskipun demikian, kapasitor tantalum sanggup bekerja di banyak sirkuit, dan mereka masih dipakai dalam jumlah besar.



Ada bbrapa paket sebutan berbeda yang dipakai kapasitor tantalum SMD. Ini sesuai dengan spesifikasi EIA.


SEBUTAN PAKET
KODE EIA
A
3216-18
B
3528-21
C
6032-28
D
7343-31
E
7260-38
R
2012-12
S
3216-12
T
3528-12
U
6032-15
V
7343-20
X
7343-43


Keuntungan dan kerugian kapasitor tantalum
kapasitor tantalum menunjukkan banyak keuntungan. Penggunaannya telah meningkat jauh selama bertahun-tahun, dan kini mereka banyak dipakai dalam segala bentuk peralatan elektronik.
Setips ringkas laba dari kapasitor tantalum adlah:

Efisiensi:
Kapasitor Tantalum menunjukkan tingkat efisiensi yang sangat tingi daripada jenis lain. Setips khusus mereka lebih baik daripada tentangan utamanya yaitu kapasitor elektrolit.

Frekuensi respon yang baik:
Respon frekuensi kapasitor tantalum  lebih unggul daripada kapasitor elektrolit. jadi mereka lebih cocok untk dipakai di sejumlah aplikasi di mana kapasitor elektrolit tidak bisa digunakan.

Bekerja pada rentang suhu yang lebar: 
kapasitor Tantalum bisa bekerja pada rentang temperatur yang sangat luas. Biasanya dipakai pada rentang suhu -55C hingga +125 C.

Lebih handal:
kapasitor Tantalum lebih sanggup mendapatkan amanah daripada bentuk kapasitor lain. Penggunaannya lebih tahaan usang daripada kapasitor elektrolit.



Kapasitor tantalum juga mempunyai sejumlah kerugian yang perlu dipertimbangkan, berikut bbrapa kerugiannya :

Nilai ripple arusnya rendah:
Hal ini tidak mengherankan mengingat ukuran mereka memang kecil, jadi kapasitor tantalum tidak mempunyai nilai ripple tingi.

Tidak ada toleransi kesalahan tegangan:
Kapasitor ini tidak tahaan terhadap tegangan berlebih atau terbalik polaritasnya. Lonjakan tegangan sanggup menghancurkannya. bahkan bisa melayar ledak kalau kelebihan tegangan atau terbalik pemasangannya.

Harga lebih mahal:
kapasitor jenis ini lebih mahal dapada kapasitor yang lain, ini perlu diperhatikan dan dipertimbangkan.

sumber: http://qelectrostudio.blogspot.com/2013/04/kapasitor-tantalum.html
Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment