Konfigurasi Waktu Di Linux Ubuntu Dan Anak Turunannya Versi Server - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Konfigurasi Waktu Di Linux Ubuntu Dan Anak Turunannya Versi Server

Share This

Permsumberahan salah waktu dan tanggal pada Linux atau pun sistem operasi lainnya dapat dikarenakan banyak hal, contohnya waktu UTC yang tidak tersinkronsasi dengan benar, atau dapat juga alasannya yaitu waktu BIOS yang tidak juga dikonfigurasi dengan baik atau baterai BIOS habis. Untungnya untk setting waktu, Linux sudah mempunyai tips untk memperbaikinya khususnya untk versi server dengan memakai command line.

Saat ini Anda akan mencoba untk memperbaiki konfigurasi waktu yang salah di Linux, hal ini  terjadi sehabis server di reboot. Permsumberahannya dapat dari waktu BIOS atau dari konfigurasi UTC yang tidak tepat. Cobalah untk mengikuti langkah-langkah di bawah ini untk memperbaiki waktu pada Linux :

Tentukan waktu ketika ini yang ingin di konfigurasi kedalam sistem ( Lihat jam Anda ), kemudian jalankan perintah dibawah ini :

$ sudo date -s 09:30

Kemudian jalankan perintah dibawah untk memaksa waktu yang sudah Anda tentukan kepada sistem.

$ sudo /sbin/hwclock –systohc –localtime

Lsayakan pengecekan jikalau Anda ragu bahwa waktu Anda sudah berubah.

$ sudo /sbin/hwclock –localtime

Saatnya melsayakan sinkronisasi antara waktu sistem dan waktu perangkat keras dengan perintah.

$ sudo /sbin/hwclock –hctosys –localtime

Waktu seharusnya sudah sesuai dengan waktu Anda ketika ini ( Kecuali Anda salah memasukkan waktu pada langkah awal ) dan waktu ini akan tetap sama sampai komputer di restart nantinya. 

Ada bbrapa opsi lainnya jikalau Anda tidak menginginkan waktu yang sudah ada ini tersinkronisasi dengan waktu UTC melalui internet, hal ini dapat dilsayakan dengan melsayakan edit pada file /etc/default/ntpdate dan /etc/default/rcS. Adapun hal yang harus di edit pada kedua file tersebut akan dijelaskan dibawah ini.

Sekarang Anda akan mengedit file /etc/default/ntpdate dengan memakai editor yang biasa Anda gunakan. Silahkan masuk dan cari baris berikut:

NTPSERVERS="ntp.ubuntu.com"

Hapus lah nilai ntp.ubuntu.com yang berada ditengah-tengah tanda petik dua (") tanpa menghapus tanda petiknya. Jika sudah simpan file tersebut kemudian buka kembali file satunya /etc/default/rcS kemudian temukan baris dibawah.

UTC=yes

Menjadi baris menyerupai dibawah ini:

UTC=no

Setelah selesai, segera simpan file tersebut dan dengan melsayakan hal ini sistem tidak akan lagi melsayakan pengecekan waktu dan tanggal melalui sistem UTC di internet.



Sumber http://diinfoke.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment