Macam-Macam Services Dan Kegunaannya Pada Mikrotik - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Macam-Macam Services Dan Kegunaannya Pada Mikrotik

Share This
MACAM-MACAM SERVICES DAN KEGUNAANNYA PADA MIKROTIK



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu 

Bertemu lagi dengan aku Rizki Arohmansyah, pada kesempatan kali ini aku akan membahas perihal macam-macam service dan kegunaannya pada mikrotik. 

A. LATAR BELAKANG
Yaitu kurangnya pemahaman perihal macam-macam service dan kegunaannya pada mikrotik. 

B. MAKSUD DAN TUJUAN
Agar sanggup memahami dan mengerti perihal macam-macam service dan kegunaannya pada mikrotik. 

C. PEMBAHASAN
Ya pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan macam-macam service yang dijalankan pada mikrotik, dan tentunya service tersebut mempunyai fungsinya masing-masing.

1. Laangkah pertama silahkan buka winbox lalu pilih sajian IP >>kemudian pilih service maka akan muncul halman Ip Service List dan disitu anda sanggup melihat beberap service yang dijalankan oleh router mikrotik.


  • API : ( Aplikasi  Progmemory ramble Interface ) adlah  sebuah service yang mengizinkan yuser menciptakan custom perangkat lunak atau aplikasi untk berkomunikasi dengan router, rujukan mengambil isu didalam router bahkan melsayakan konfigurasi pada router memakai port 8728.
  • API-SSL  : Fungsinya sama ibarat API,kalau SSL lebih secure (aman) sebab dilengkapi dengan ssl certificate dan berjalan pada port 8729.
  • FTP : Bisa digunakan untk upload dan download file backup atau data router. Authorisasi FTP memakai yuser dan password sayan router serta memakai setandar port 20 dan 21.
  • SSH : Merupakan servis yang digunakan untk meremote router setips consol (menghibur) dan secure (aman). Data yang dikirimkan lebih kondusif sebab terencripsi dan devaul berjalan pada port 22.
  • TELNET : Memiliki fungsi yang sama dengan SSH ialah untk meremote namun mempunyai tingkat keamanan yang rendah dan berjalan pada port 23.
  • WINBOX : Merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untk meremote router setips grafis dan memakai port 8291.
  • WWW : Merupakan tips untk meremote router via WEB-bas memakai broyuser broyuser. port yang digunakan adlah standar HTTP ialah port 80.
  • WWW-SSL : Sama ibarat WWW meremot router via WEB-base, hnya www-ssl lebih kondusif dakrena memakai certificate ssl untk membangun sebuah coneksi antara router dengan client yang akan melsayakan remot. Service ini bejalan pada port 443.   


Nah dari service ini apakah anda akan memakai semuanya, terkadang kita tidak peduli padahal service tersebut banyak yang tidak kita gunakan namun kita biarkan berjalan begitu saja, hal ini akan memudahkan yuser atau orang yang tidak bertanggung jawab mengakses router kitatentu akan berakibat fatal bagi kita.

Saran aku matikan saja service yang tidak anda gunakan, untk meminimalisir yuser/orang lain mengakses router anda semoga tetap aman, untk tips mematikan servicenya silahkan klik disini.


D. KESIMPULAN
Jadi setiap service mempunyai fungsi masing-masing yng digunakan pada mikrotik.

E. REFERENSI
  • http://mikrotik.co.id/article_lihat.php?id=79 
Yap hnya itu yang sanggup aku sampaikan, apabila ada kekurangan dalam penulisan dan penjelasa diatas, mohon maaf semoga bermanfaat.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu



Sumber https://rizkiarohmansyah.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment