Menambah Reposotori Offline Memakai Cd/Dvd Repository - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Menambah Reposotori Offline Memakai Cd/Dvd Repository

Share This

MENAMBAH REPOSOTORI OFFLINE MENGGUNAKAN CD/DVD REPOSITORY



Assalamualaikumwarohmatullahiwabarokatu

Bertemulagi dengan aku Rizki arohmansyah, pada kesempatan kali ini aku akan membahas ihwal tips menambah repositori /pesat aplikasi setips offline memakai CD/DVD repositori di debian 8 ( JESSI ) .


A.LATARBELAKANG
Yaitu alasannya sebuah OS niscaya membutuhkan sebuah apliakasi yang akan dipakai sesuai kebutuhannya, dan kali ini aku akan menambah sentra atau penyedia aplikasi dimana aku sanggup menginsall aplikasi yang diperlukan di debian server.


B.MAKSUD DAN TUJUAN
Agar aku sanggup memperoleh aplikasi yang diperlukan dengan di debian server dengan mudah.

C.PEMBAHASAN
Repositorimerupakan daerah penyedia /pusat aplikasi, jadi aplikasi pada linux lebihnya debian server sudah disediakan disana setips lengkapa, kita tinggal menginstall saja aplikasi yang kita inginkan sesudah menmbahkan repositori tersebut. Untuk menambahkan repositori anda sanggup menentukan setips offline maupun online adalah jikalau reporitori offline kita memakai CD/DVD repository / yang sudah ada repositorinya sedaangkan kalu online kita harus memakai jaringan dan niscaya membutuhkan data yang besar.

Paket aplikasi melalui CD/DVD sedikit berbeda dengan repositori online atau melalui jaringan alasannya kita harus memasukan dan mengeluar kan bbrapa CD atau DVD, dalam hal ini kita memakai 3 buah CD/DVD adalah yang pertama merupakan CD install serta repositori juga , kemudian CD kedua dan CD ketiga merupakan CD repositori /pusat aplikasi saja. Kaprikornus untk menambahkannya kita masukan setips bergantian. 

Untuk menambah repositori offline silahkan ikuti tutorial dibwah ini:
1. Silahkan anda masukan CD/DVD yang pertama ke cd-rom, kemudian untk menambah daftar paket aplikasi pada server silahkan anda ketik perintah  "apt-cdrom add" kemudian enter, sanggup anda lihat gambar dibawah, sesudah kita memasuakan perintah apt-cdrom add maka CD/DVD akan di scan dan akan menyimpan paket aplikasi pada CD/DVD ke server.
apt-cdrom add



2. Kemudian keluarkan CD/DVD yang pertama dengan perintah eject  atau pencet tombol pada cd-rom. Selanjutnya silahkan anda masukan CD/DVD yang kedua dan ketik perintah  apt-cdrom add kemudian enter, fungsi dan tipsnya sama dengan yang diatas.
eject 
apt-cdrom add



3. Kemudian keluarkan CD/DVD yang kedua dengan perintah eject  atau pencet tombol pada cd-rom. Selanjutnya silahkan anda masukan CD/DVD yang ketiga dan ketik perintah  apt-cdrom add kemudian enter, fungsi dan tipsnya sama dengan yang diatas.
eject 
apt-cdrom add


4. Kemudian keluarkan CD/DVD ketiga / yang terkhir dengan perintah eject
eject


5. Untuk menilik apakah CD/DVD repositori yang telah kita masukan tadi sudah di simpan/sudah masuk kedalam server kita ketik perintah dibawah, dan ternyata repositori / paket aplikasi  dari CD/DVD  sudah tersimpan di server , untk lebih jelasnya lihat gambar dibawah: 
nano /etc/apt/sources.list



6. Untuk tahap yang terakhir silahkan anda uji untk menginstall aplikasi , ya disini aku akan coba menginnstall wine untk install wine ketik perintah apt-get install wine, dan win pun sudah terinstall.
apt-get install wine





6. Apabila ada pertanyaan menyerupai ini " bagai mana tips menambah repositori CD/DVD jikalau kita memakai virtualbox??" Nah jikalau kalian memakai virtualbox tipsnya sama saja, hnya jikalau di virtualbox CD/DVD nya berbentuk file ISO, jadi kalian perlu mendownload ketiga  DVD ISO tersebut.

7. Untuk memasukan CD/DVD repositori ke debian server di virtual box,  kalian cukup klik kanan pada gambar kaset di virtualbox  kemudian pilih folder dan cari dimana kalian menyimpas ISO tersebut apabila sudah ketemu silahkan klik lalu open, ingat masukan CD/DVD tersebut setips bergantian, Trik dan perintahnya sama saja menyerupai diatas.



 

D.KESIMPULAN
Jadi kita perlu menambahkan repositori baik offline memakai CD/DVD repository maupun onine, yang berrfungsi sebagai daerah penyedia /pusat aplikasi, jadi kita sanggup menginstall aplikasi yang diperlukan pada server tersebut. 


E.REFERENSI
Yap hnya itu yang sanggup aku sampaikan apabila ada kekurangan dalam penulisan dan penjelasa diatas aku mohon maaf supaya bermanfaat.


Wassalamualaikum warohmatullahiwabarokatu
Sumber https://rizkiarohmansyah.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment