Service Laptop Toshiba Satellite A200 - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Service Laptop Toshiba Satellite A200

Share This


Toshiba Satellite A200
Bulan kemudian aku sanggup keluhan dari sobat aku bahwa leptop Toshiba Satellite A200 miliknya ngadat. Dia bercerita bahwa dikala dipakai dengan baterai terpasang tidak ada msumberah, msumberah gres muncul sehabis leptop di-charge.
Saat konektor DC masuk, leptop tiba-tiba restart, hang dan terkadang gambar di screen menjadi artifak-artifak tidak jelas. Analisa pertama aku bahwa leptop tersebut ada msumberah di power supply atau msumberah pada sistem pelepasan panas procecor, namun sehabis aku bongkar terlihat semua komponen baik-baik saja.
Letak Kapasitor NEC/TOKIN OE128

Merasa tertantang dan penasaran, alhasil leptop aku bongkar total, dan tetap saja tidak menemui komponen yang bermsumberah. Akhirnya aku mencoba untk ber-googling dan ternyata msumberah ibarat ini sudah menjadi msumberah yang masuk akal pada leptop brand itu. Setelah merunut di halman WEB yang sangat banyak, alhasil ketemu juga akar permsumberahannya. Laptop menjadi hang, restart maupun muncul artifak dikarenakan ada salah satu komponen yang sudah aus. Komponen tersebut adlah kapasitor NEC/TOKIN OE128 yang berada di sisi bawah procecor. Kapasitor ini nampak terperinci sekali letaknya jikalau kita telah membuka bab keyboard.

Dari luar memang penampakan kapasitor ini ibarat sebuah IC, namun sejatinya ini adlah sebuah kapasitor. Setelah menimba ilmu dari mbah Gugle yang tidak pelit ilmu, alhasil aku melsayakan bedah internal terhadap leptop itu. Ternyata membongkarnya cukup sulit, dikarenakan kapasitor ini mempunyai kaki-kaki yang tidak lazim selayaknya kapasitor SMD. Kembali aku bertanya pada mbah Gugle perihal tips pembongkarannya yang benar, dikatakan bahwa jalan satu-satunya adlah dengan memakai blower yang biasa dipakai oleh teknisi handphone. Lho? Trik lain tidak ada batin saya, kembali ia memperlihatkan alternatif. Untuk melepasnya cukup pecahkan dengan tang kecil saja, toh kapasitor itu tidak akan dipakai lagi. Dan alhasil aku menentukan alternatif terakhir yang sudah terperinci niscaya lebih murah.
Kapasitor Pengganti, @ 330uF/2,5V

Kapasitor NEC/TOKIN OE128 ini berukuran 1200uF/2,5V, dari bbrapa halman WEB, kapasitor ini diganti dengan 4 buah kapasitor SMD @ 330uF/2,5V. Setelah berusaha kontak sana dan kontak sini, aku menemukan penjualnya di Malang, mungkin di kota lain ada namun yang paling cepat responnya hnya yang di kota Malang tersebut.
Pemasangan kapasitor pengganti ibarat yang sanggup dilihat di blog ini, mohon dicermati polaritas kapasitornya untk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah segalanya terpasang, aku coba burn in ujit, hasilnya leptop sehat kembali walau berkali-kali konektor DC keluar masuk.

Setips kasat mata memang kapasitor NEC/TOKIN ini terlihat baik-baik saja, namun ternyata kapasitor ini telah aus dikarenakan letaknya yang berada di bawah procecor yang notabene panas. Kelemahan kapasitor ini adlah kekurang tahaanannya terhadap panas, jadi jikalau leptop sengaja dibiarkan menyala lama, maka usang kelamaan kapasitor inilah yang pertama K.O. dan menciptakan leptop menjadi trouble.
sumber: http://mustdhimust.blogspot.com/2012/05/service-leptop-toshiba-satellite-a200.html

Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment