Setting Ip, Dhcp Clent, Dhcp Server Dan Firwell Nat Biar Client Sanggup Terhubung Ke Internet - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Setting Ip, Dhcp Clent, Dhcp Server Dan Firwell Nat Biar Client Sanggup Terhubung Ke Internet

Share This

SETTING IP, DHCP SERVER DAN FIRWELL NAT AGAR CLIENT DAPAT TERHUBUNG KE INTERNET


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Bertemu lagi denga aku Rizki Arohmansyah, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentaang seting IP, DHCP server dan Firewall Nat semoga agar clien sanggup terhubung ke internet.


A. LATAR BELAKANG 
Yaitu alasannya sesudah aku menghubungkan router keinternet tentu saya  harus berbagi IP yang aku sanggup dari internet di router semoga sanggup digunakan oleh clien ialah dengan tips menyeting IP, DHCP server dan Firewall Nat semoga agar clien sanggup terhubung ke internet.


B. MAKSUD DAN TUJUAN
Menyebarkan IP semoga sanggup digunakan oleh clien dan semoga clien sanggup terhubung ke internet.

C. PEMBAHASAN
Nah sesudah kita menghubungkan router ke internet hal yang pertama dan tidak akan ditinggalkan yaitu  seting IP, DHCP server dan Firewall Nat semoga agar clien sanggup terhubung ke internet. Tanpa kita melsayakan setingan ini maka IP yang kita sanggup pun tidak sanggup kita gunakan oleh clien.


Untuk tips seting nya silahkan ikiuti langkah langkah berikut:

1.  Untuk langkah awal silahkan kalian hubungkan dulu routerboard ke internet baik lewat jalur wifi atau jalur kable LAN untk tipsnya silahkan klik disini

2. Langkah kedua  kita seting IP terlebih dahulu untk ethernet 2, yaiutu dengan tips pilih meni IP >> Addresses >> maka akan muncul halman Address List >>kemudian kelik Add (+) maka akan muncul halman Address >>kemudian pada Adress isikan IP sesuai impian anda tapi jangan sumber >> lalu pada Interface pilih ethernet yang akan diberi IP ialah ether2 >> untk network akan muncul setips otomatis sesudah kalian Apply >> OK.




3. Kemudian tips untk konfigurasi DHCP server ialah silahkan pilih sajian IP >> lalu pilih  DHCP Server maka akan muncul halman DHCP Server >>kemudian pada halman DHCP Server silahkan pilih DHCP >>kemudian DHCP Setup maka akan muncul halman DHCP Setup.





4. Pada halman DHCP Setup tepatnaya pada DHCP Server interface silahkan anda pilih ethernet yang telah kita buat tadi ialah ether2 yang akan kita aktifkan.




5. Pada DHCP Address Space akan otomatis mengambil IP yang sama dari ethernet2.






6. Pada Gateway for DHCP Network kita diminta uuntk menetukan IP yang akan digunakan sebagai  devault-gateway oleh DHCP client. Maka setips otomatis akan memakai IP address yang terpasang pada ether2.





7. Pada Address to Giveout kita akan memilih IP yang akan di distribusikan /disalurkan ke clien. IP yang akan aku distribusikan ke client ialah 192.168.1.3-192.168.1.254 atau 1 hingga 254. Anda sanggup menentuukan sendiri.





8. Kita akan memilih DNS Server, sanggup kalian isi dengan DNS gugle ialah 8.8.8.8 atau dengan gateway pada ether2 ialah 192.168.1.2 .





9. Pada Leas Time kita dimina untk memilih beraapa usang sebuah IP akan dipinjamkan ke clien.





10. DHCP server sudah berhasil /sukses kita konfigurasi.





11.  Seting Firewall semoga client sanggup terhubung ke internet, ialah pilih sajian IP >>pilih firewall >>maka akan muncul halman /tab firewall >>pada halman firewall silahkan pilih NAT >>kemudian klik Add (+) maka akan muncul halama New Nat Rule.





12. Pada halman New Nat Rule pilih General >>Pada chain pilih srcnat >>kemudian pada Out Interface pilih ethernet yang terhubung dengan jalur internet, jangan di Apply dulu.





13. Masih pada halman New NAT Rule, silahkan pilih Action >> pada Action pilih masquerade >> Apply >>OK.






14. Firewall Nat sudah berhasil /sukses kita buat.






15. Konfigurasi seting IP, DHCP server dan Firewall Nat sudah selesai, dan  clien sudah bisa  mendapat IP apabila terhubung dengan ethernet2 "lewat jalur kable LAN".


16. Agar leptop kita sanggup mendapat IP setips otomatis dan sanggup terhubung ke internet, kita perlu seting network dan untk tips setting network silahkan klik disini.

D. KESIMPULAN
Jadi tanpa melsayakan  seting IP, DHCP server dan Firewall Nat semoga agar clien sanggup terhubung ke internet dan IP yang kita sanggup tidak sanggup digunakan oleh client.

E. REFERENSI

Yap hnya itu yang sanggup aku sampaikan, apabila ada kekurangan dalam penulisan dan penjelasa diatas, mohon maaf semoga bermanfaat.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu



Sumber https://rizkiarohmansyah.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment