Setting Routing Static Di Mikrotik - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Setting Routing Static Di Mikrotik

Share This
SETTING ROUTING STATIC DI MIKROTIK





Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu


Bertemu lagi dengan aku Rizki Arohmansyah, pada kesempatan kali ini aku akan membahas perihal setting routing static di mikrotik.

A. LATAR BELAKANG
Yaitu agar  router yang saling terhubung sanggup berkomunikasi.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Yaitu semoga router yang saling terhubung dapa berkomunikasi ketika menyetting jaringan lokal (LAN) teladan di sekolah, kantor, rumah dan lainnya.

C. PEMBAHASAN
Untuk tips menyettingnya silahkan ikuti langkh-langkah dibawah:

1. Yang pertama silahkan  anda setting IP pada router (R1) terserah anda mau pakai prefix berapa, tapi usahakan sesuaikan dengan jumlah clien. Pada tahap ini aku akan setting routing static dengan ether3 (192.168.20.1/30) R1 ke ether3 (192.168.20.2/30) R2.





2. Setting juga IP pada router (R2), ingat untk setting routing statik antara router ke router /router yang saling bekerjasama harus mempunyai network yang sama sedangkan untk hostnya terserah anda.





3. Kita akan routing dari R1 ke R2, untk memulai routing silahkan anda login ke R1 >>kemudian menu  pillih IP >>Pilih Rouuji maka akan muncul halman Route List >>pada halman Route List silahkan anda pilih Router >>kemudian klik Add (+) maka akan muncul halman Route.





4. Pada halman Route R1 tepatnya pada Dst Addresss isikan IP Address eth2 192.168.10.0/29 pada R2 >>kemudian pada Gateway isikan IP Address eth3 192.168.20.2 R2 >>kemudian Apply >>OK, jikalau belum terang silahkan lihat topogi  diatas.







5.  Kita akan routing dari  R2 ke R1, untk tipsnyasama ibarat tahap 3.





6. Triknya sama ibarat tahapan no 4 adalah pada halman Route R2 tepatnya pada Dst Addresss isikan IP Address eth2 192.168.1.0/29 pada R1 >>kemudian pada Gateway isikan IP Address eth3 192.168.20.1 R1 >>kemudian Apply >>OK, jikalau belum terang silahkan lihat topologi  diatas.





7. Sekarang kita uji apakah routing static sudah brhasil di setting, adalah dengan tips buka terminal di mikrotik, lalu ping dari PC1(R1) ke PC2(R2). Bisa dilihat PC1(R1) sudah terhubung dengan PC2(R2).





8. Silahkan ping juga dari PC2(R2) ke PC1(R1). Nah sesudah di ping dari PC2(R2) ke PC1(R1) ternyata sudah saling terhubung.





D. KESIMPULAN
Jadi menyetting routing static adalah semoga router yang saling terhubung dapa berkomunikasi ketika menyetting jaringan lokal (LAN) teladan di sekolah, kantor, rumah dan lainnya.

E. REFERENSI
  • http://www.mikrotik.co.id/article_lihat.php?id=44
 
Yap hnya itu yang sanggup aku sampaikan, apabila ada kekurangan dalam penulisan dan penjelasa diatas, mohon maaf semoga bermanfaat.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu





Sumber https://rizkiarohmansyah.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment