Stop Kontak Listrik - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Stop Kontak Listrik

Share This





Stop kontak adlah bagian terminal simpulan dari insta'lasi listrik rumah yang terpasang permanen sebagai penghubung yang menyalurkan energi listrik ke beban atau peralatan listrik. Disebut permanen sebab letaknya yang terpasang di dinding. Perpanjangan stop kontak ini sanggup disebut “extension outlet” yang sanggup berupa kable rol atau bentuk lainnya.
Agar beban atau peralatan lsitrik sanggup terhubung dengan stop kontak ini, maka dibutuhkan steker atau “colokan listrik” yang ditancapkan pada stop kontak. Tentunya steker ini juga memerlukan kable lagi ya..
Stop kontak ini memiliki kapasitas maksimum arus listrik antara 10A – 16A (setara dengan 2200VA – 3300VA untk listrik 220V). Tetapi maksimum pemakaian tentu dibatasi oleh besarnya daya listrik berlangganan dari PLN dan juga material dari stop kontak ini. Semakin baik kualitas materialnya tentu harganya semakin mahal.



Trik Menyambung Kable Ke Stop Kontak


bagian terminal simpulan dari insta'lasi listrik rumah yang terpasang permanen sebagai penghub Stop Kontak Listrik
Stopkontak
Untuk anda yang awam tips memasang, merangkai, merakit kable listrik ke stopkontak/lubang colokan di rumah dan ingin mencar ilmu memasang sendiri di rumah tidak usah khawatir sebab tipsnya sangat gampang sekali.


Bahan-bahan:
  • Kable NYM ukuran 2X1,5mm yang panjangnya diadaptasi dengan kebutuhan.
  • Stopkontak/lubang colokan, satu buah.
  • Isolasi khusus untk kable listrik, satu buah.
  • klem kable no.10, satu bungkus.

 Peralatan:
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • Tang buaya/tang monyong(yang sanggup memotong kable)
  • ujipen
  • Pisau cutter

Trik menyambung:
  1. Matikan listrik di rumah dengan memindahkan posisi sakelar MCB dari ON (1) ke OFF (0).
  2. Kupaslah kulit kable NYM yang berwarna putih kemudian yang berwarna hitam hingga terlihat pembungkus kable yang berwarna hitam dan biru.
  3. Kupaslah pembungkus kable yang berwarna hitam dan biru hingga terlihat tembaganya kira-kira 2cm.
  4. sambungkan kable biru dan kable hitam ke masing-masing terminal stopkontak.Ada dua macam tips memasang kable ke terminal stopkontak yaitu: sistem baud> kable akan dikencangkan dengan memutar baud/sekrup ke arah kanan menggunakan obeng. sitem jepit:> kable pribadi masuk ke lubang terminal stopkontak dengan menekan tombol merah atau putih, kemudian sehabis kable masuk lepaskan tombolnya, maka dengan otomatis kable yang telah masuk akan terkunci/terjepit dari dalam."
  5. Lsayakan poin3 kemudian sambungkan masing-masing ujung kable yang telah terpasang pada poin4 dengan kable positip dan negatip jalur utama insta'lasi listrik.
  6. jangan lupa untk mengisolasi setiap sambungan kable dan memasang klem kable dengan jarak antar klem 50cm biar kable menjadi kokoh dan rapi. 

"Pemasangan kable untk stopkontak boleh pake warna apa saja dan pemasangannya boleh dibolak balik. yang penting masing-masing kablenya tersambung ke kable positip dan negatip kable utama insta'lasi listrik di rumah anda." 

"bila dianggap perlu, pasanglah kable grounding pada stopkontak" 


Trik memasang kable listrik untk stopkontak 3(tiga) lubang

Stop kontak yang memiliki tiga lubang jarang sekali ditemukan di indonesia sebab steker pasangannya ialah steker berjari tiga jarang ada di pasaran Indonesia. tetapi ada bbrapa produsen alat elektronik dari luar negri  yang memproduksi steker berjari tiga sebagai penghubung listrik alat elektronik dan memasarkannya ke Indonesia.

Stop kontak yang memiliki 3(tiga) lubang colokan memiliki fungsi yang sama dengan stop kontak yang hnya memiliki dua lubang, persamaannya adlah: keduanya terhubung dengan kable positp, negatip, dan grounding/arde.sedangkan perbedannya adlah:
  • Stop kontak dua lubang: terdapat dua buah lubang yang terhubung dengan jalur listrik positip dan negatip, kable grounding terhubung dengan dua plat kecil yang terletak pada sisi potongan luar tubuh stop kontak.
  • Stop kontak tiga lubang:  Terdapat tiga buah lubang yang terdiri dari dua lubang yang terhubung dengan jalur kable listrik positip dan negatip, sedangkan satu lubang yang lain terhubung ke jalur kable grounding/arde.

Trik memasang:
  • Sambungkan kable positip dan negatip dari jalur insta'lasi listrik utama ke kedua terminal kable stop kontak yang sejajar.
  • sambungkan kable grounding/arde ke terminal kable yang terpisah sendiri.
sumber: http://muhammadroni21.blogspot.com/

Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment