Studi Kasus Lcd Monitor Acer X163w Mati Total - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Studi Kasus Lcd Monitor Acer X163w Mati Total

Share This
Problem:
Layar LCD Monitor mati total; (1) screen blank (2) indicator power off.

Alternatif Solusi:
Jika kita mendapati kondisi perangkat yang demikian, sudah dipastikan terdapat msumberah pada rangkaian catu daya perangkat. Trik berikut mungkin sanggup dijadikan alternative solusi bagi yang pingin “nguthek” perangkat.

1. Pastikan kable power sumber ac 220V kondisi normal.
2. Jika normal tetapi tetap tdk menyala, lepas kable power ac.
3. Bongkar chargering.
4. Cek tegangan keluaran rangkaian power supply dc (AC-DC converter).
5. Pada Layar LCD monitor ACER X16W tegangan keluaran AC-DC converter adlah 5 V dan 14 V. Tegangan 5V untk rangkaian control, graphics image processing. Adapun tegangan 14 v sebagai masukan catu daya converter DC-AC (inverter). Sebagai referensi, rangkaian converter AC-DC yang diadopsi ACER menyerupai sanggup dilihat pada Gambar 1.


6. Karena batasan ruang dan waktu, pada masalah ini tegangan keluaran AC-DC converter turun dari standartnya. Keluaran yg seharusnya 14 V turun 10 V, 5V turun 3,7 V.
7. Cek kondisi fisik kapasitor electrolit yang berfungsi seebagai filter. Ternyata kondisi OK.
8. Kalau kondisi spt ini kemungkinan apa ya? (a) Kemungkinan short pada rangkaian keluaran tidak mungkin. Karena rangkain short hnya menghasilkan tegangan 0V. (b) rangkaian utama switch smps mustahil sebab rangkaian converter masih proses (c) Rangkaian feed back bermsumberah.
9. Pada masalah yg kami tulis ternyata memang rangkaian feed back bermsumberah. Rangkaian feed back berfungsi untk memberitahukan seberapa besar lebar pulsa yang harus digenerasi chip smps. Bentuk feedback berupa tegangan. Utk lebih mempermudah rangkain a kita kecilkan scopenya spt rangkaian b.

10. Dengan mengacu gambar b, bulat yang ditunjuk bulat 1 adlah opto-coupler , bulat yang ditunjuk pada 2 adlah zener terpogmemory ram, bulat 3 adlah sensor tegangan berupa resistor R92, R93 dan R942.
11. Ok dari ketiga titik pada gambar b kira2 mana yang potensi bermsumberah? Jawabnya adlah 3. Karena rangkaian converter masih bekerja meskipun tdk normal.
12. Gimana memastikan bahwa blok rangkaian 3 yang bermsumberah? Jika anda suka menganalisis rangkaian listrik setips manual anda akan mengetahui bahwa ke tiga resistor (R942, R943 dan R92) membentuk deretan superposisi. Ada 2 sumber tegangan yang saling menghipnotis seberapa keluran tegangan umpan balik. 2 sumber tegangan yg ingin di monitor oleh desainer ACER adlah 14 V dan 5 V. Jika ke dua tegangan tersebut beroperasi normal seharusnya rangkaian mengeluarkan feed back sebesar 1.8 V. Langkah paling gampang adlah mensimulasi rangkaian lewat proteus menyerupai Gambar C.

13. Setelah kita ukur ternyata tegangan memang menyimpang dari standar ialah sebesar 2.68 V.
14. Setelah itu, kira2 R berapakah yang menyimpang? Dengan pinjaman proteus kita sanggup mensimulasi/mencoba2 R mana yang kira2 bermsumberah. Ternyata yang paling berpeluang adlah R1 pada gambar C atau R942 pada Gambar B.
15. Kita lepas R942 pada rangkaian, kita ukur setips manual dg ohm meter, ternyata memang menyimpang atau telah menurun resistansinya.
16. Kita ganti dengan nilai yang mendekati, lalu kita coba dan kesannya Alhamdulillah, tersolusi…..Layar LCD kembali normal.



Sumber https://syarikhcomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment