Apa Itu Mode Sleep Dan Hibernate? Mana Yang Harus Kau Pilih - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Apa Itu Mode Sleep Dan Hibernate? Mana Yang Harus Kau Pilih

Share This
Anggaplah anda sedang sibuk bekerja di depan PC, aneka macam progmemory ram yang anda buka dan dokumen yang tengah anda kerjakan. Lalu tiba-tiba ada hal yang lebih penting, yang menciptakan anda harus meninggalkan kesibukanmu di depan PC. Tentu, anda eksklusif menyimpan dokumen yang tengah anda kerjakan kemudian menutup semua progmemory ram yang sedang anda buka dan eksklusif mematikan PC anda. Dan begitu anda simpulan dengan urusan penting tersebut, anda menyalakan kembali PC anda, membuka satu persatu progmemory ram dan dokumen untk melanjutkan lagi pekerjaan anda yang sebelumnya tertunda.

Tentu anda ingin progmemory ram dan dokumen yang sebelumnya anda buka akan muncul kembali ketika menyalakan PC anda. Dengan begitu anda sanggup cepat melanjutkan pekerjaan anda lagi, tanpa perlu repot-repot lagi membuka satu persatu progmemory ram dan dokumen.

Jika maumu begitu, maka pilihan anda hnya ada 2, yaitu mode Sleep dan Hibernate.

Saat anda menekan tombol Power sajian di Windows 10, maka akan muncul bbrapa opsi. Opsi yang akan muncul, yaitu Sleep, Shut down, dan Restart.

Anggaplah anda sedang sibuk bekerja di depan PC Apa itu Mode Sleep dan Hibernate? Mana yang harus anda pilih

Mana Hibernate? setips default opsi Hibernate tidak ada, anda perlu perjuangan sedikit untk memunculkannya (baca juga: Trik Memunculkan Opsi Hibernate di Windows 10).

Apa itu Mode Sleep?

Pernahkah anda meninggalkan PC ketika sedang menyala dalam waktu kurang lebih 1 jam dan ketika anda kembali PC tersebut mati, tetapi pada ketika dinyalakan ternyata progmemory ram yang sedang dibuka dan dokumen yang tengah dikerjakan sebelumnya tidak hilang. Sebenarnya PC tersebut tidak mati melainkan masuk ke mode Sleep semoga penggunaan daya listrik pada PC tersebut sanggup dihemat.

Mode Sleep ini akan aktif dengan sendirinya, jikalau PC atau leptop anda usang tidak dipakai atau tidak ada aktifitas yang terjadi. Khusus untk leptop, mode Sleep ini akan aktif dengan sendirinya ketika anda menutup screen leptop dalam kondisi menyala.

Saat mode Sleep ini aktif, PC akan memakai daya listrik serendah mungkin. Agar PC sanggup hemat daya listrik, maka sistem akan mematikan bbrapa komponen, menyerupai screen, hardisk, port dan bbrapa komponen lainnya. Sedangkan untk Memory RAM dan bbrapa komponen penting lainnya akan tetap menyala dengan daya listrik sedikit.

Semua aktifitas yang anda lsayakan sebelumnya di PC, menyerupai membuka progmemory ram dan dokumen yang tengah anda kerjakan, akan tetap disimpan di Memory RAM ketika mode Sleep ini aktif.

Jika anda tidak tahu apakah PC atau leptop anda masuk ke mode Sleep atau benar-benar mati, lihatlah pada llampu indikasi power. Jika llampu tersebut berkedip, itu tandanya PC atau leptop anda masuk ke mode Sleep.

Ketika anda menyalakan PC, maka semua komponen yang sebelumnya dimatikan akan dihidupkan kembali, kemudian sistem akan memunculkan kembali aktifitas yang sebelumnya anda lsayakan di PC dan anda sanggup melanjutkan lagi pekerjaan anda tanpa perlu repot-repot lagi membuka satu persatu progmemory ram dan dokumennya.

Proses ketika menyalakan PC hingga semua aktifitas sebelumnya muncul kembali, terbilang cepat lebih cepat dari pada ketika menyalakan PC anda dalam kondisi benar-benar mati alias Shut down.

Oh ya, jangan hingga kable power PC anda terputus. Jika itu terjadi ketika mode Sleep ini aktif, maka semua aktifitas yang sebelumnya anda lsayakan di PC akan hilang. Semua pekerjaan yang anda lsayakan di PC akan sia-sia, jikalau anda belum menyimpannya. Berbeda dengan leptop yang memakai beterai, ketika mode Sleep ini aktif dan leptop kehabisan baterai maka setips otomatis akan masuk ke mode Hibernate. Apa itu mode Hibernate?

Apa itu Mode Hibernate?

Pada dasarnya mode Sleep dan Hibernate memakai teknik yang sama, hnya saja pada mode Hibernate semua aktifitas yang anda lsayakan di PC akan disimpan di hardisk bukan di Memory RAM.

Saat anda mengaktifkan mode Hibernate, maka semua aktifitas yang sedang berjalan di Memory RAM akan dipindahkan semua ke hardisk, tepatnya pada hardisk yang terinstall sistem operasi. Nama file yang dipakai untk menyimpan semua aktifitas yang anda lsayakan di PC adlah Hiberfil.sys yang terletak di folder sistem operasi. Ukuran file ini kira-kira sama dengan jumlah memori Memory RAM yang terpasang di PC anda.

Setelah berhasil dipindahkan, sistem akan mematikan PC setips total. Hal ini sanggup dilihat dari llampu indikasi power yang tidak menyala sama sekali.

Resiko kehilangan aktifitas sebelumnya ketika kable power PC anda terputus atau mati llampu, terbilang kecil atau bahkan tidak ada. Karena semua aktifitas tersebut disimpan di hardisk(penyimpanan memori permanen) bukan di Memory RAM(penyimpanan memori sementra).

Saat anda menyalakan PC, maka sistem akan mengambil semua aktifitas yang tersimpan di hardisk kemudian memindahkannya ke Memory RAM. Semua aktifitas yang sedang anda lsayakan sebelumnya di PC akan muncul kembali dan anda sanggup melanjutkan lagi pekerjaan anda.

Kelemahan dari mode Hibernate ini adlah proses dimatikannya PC setips total akan lebih usang dari pada dimatikan dengan Shut down. Hal ini alasannya yaitu sistem butuh waktu untk mengambil seluruh aktifitas yang ada di Memory RAM kemudian memindahkannya ke Hardiks.

Mana yang harus anda pilih?

Mode Sleep sanggup menjadi pilihan yang tepat, jikalau anda meninggalkan pekerjaan di leptop anda hnya sebentar saja dan ketika anda kembali, anda ingin melanjutkan lagi pekerjaan anda dengan cepat. Mode Sleep hnya membutuhkan waktu 5-10 detik untk sistem sanggup memunculkan kembali aktifitas sebelumnya. Mode Sleep cocok dipakai untk leptop alasannya yaitu adanya baterai sebagai penunjang daya untk Memory RAM dan jikalau baterai leptop mulai kehabisan daya, maka setips otomatis sistem akan mengaktifkan mode Hibernate. Jadi, aktifitas yang anda lsayakan sebelumnya di leptop akan tetap kondusif dan tidak akan hilang ketika baterai leptop mulai menipis.

Mode Hibernate sanggup menjadi pilihan yang tepat, jikalau anda meninggalkan pekerjaan di PC anda dalam waktu lama. Mode Hibernate cocok dipakai untk PC, alasannya yaitu meskipun daya power PC anda terputus atau mati listrik, aktifitas yang anda lsayakan sebelumnya di PC akan tetap kondusif dan tidak akan hilang.

Sekian dan terimakasih...
Sumber https://mas-abdi.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment