Pengertian Semantic Tag Pada Html - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Pengertian Semantic Tag Pada Html

Share This
Pada article kali ini kita akan mempelajari perihal Pengertian Semantic Tag Pada HTML.

Pengertian Semantic Tag Pada HTML

Semantic tag atau semantic markup adlah sebutan untk tag HTML yang mempunyai 'arti' atau 'makna'. Kata semantic bersumber dari bahasa Yunani yang artinya 'mempelajari arti' (the study of meaning).

Seperti yang kita ketahui setiap tag HTML mempunyai 'arti' masing-masing, contohnya saja tag <p> untk menciptakan paragraf, tag <h1> untk menciptakan judul dan lain-lainnya. Semua tag HTML yang mempunyai 'arti' termasuk ke dalam semantic tag.

Sedangkan tag menyerupai <div> dan <span> yang tidak mempunyai 'arti apa-apa' sering kita gunakan untk menciptakan struktur halman WEBsite. Jika Anda pernah atau sering menciptakan halman WEBsite, maka tag <div> lah yang kemungkinan akan sering anda gunakan untk menciptakan struktur halman WEBsite.

Biasanya untk menciptakan bab header kita memakai tag <div id="header"> dan untk menciptakan bab article bisanya memakai tag <div id="article">. Walaupun kita sanggup melihat arti dari tag tersebut dengan melihat nilai dari atribut id, akan tetapi tag <div> yang tidak mempunyai 'arti apa-apa' akan sulit untk fitur screen reader yang ada dibroser untk membedakan antara bab header dengan content. Karena kita sanggup saja menciptakan bab untk article dengan memakai tag <div id="article">, <div id="isi"> atau <div id="tengah">. Fitur screen reader dipakai untk teman kita yang berkebutuhan khusus.

Untuk mengatasi permsumberahan ini HTML5 memperkenalkan tag baru, daripada memakai tag <div id="article"> kita sanggup memakai tag <article> sebagai penanda bab article atau content dan <header> sebagai penanda bab atas halman WEBsite. Dengan begitu fitur screen reader dapat membedakan antara bab header dengan content, yang melalui fitur ini sanggup membantu teman kita yang berkebutuhan khusus.

Selain tag <article> dan <header> yang diperkenalkan pada HTML5 masih ada tag lain yang diperkenalkan pada HTML5, berikut ini diantaranya:

1. <aside>
2. <figcaption>
3. <figure>
4. <footer>
5. <main>
6. <mark>
7. <nav>
8. <section>
9. <summary>
10. <time>
11. Dan lain-lainnya.

Sebagian besar semantic tag yang gres diperkenalkan pada HTML5 hnya mempunyai satu style bawaan, adalah display: block;. display: block; dipakai biar tag HTML memisahkan dirinya dengan tag lain yang berada disekitarnya atau ditampilkan pada baris baru, kita pernah mempelajarinya pada article tentang Perbedaan Tag Bertipe Block Element Dengan Inline Element Dalam HTML.

Pada article selanjutnya kita akan mempelajari perihal Trik Membuat Struktur Halman Website Dengan Semantic Tag Dari HTML5.
Sumber https://mas-abdi.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment