Penggunaan Dan Penulisan Meta Tag Charset Utf-8 Pada Html5 - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Penggunaan Dan Penulisan Meta Tag Charset Utf-8 Pada Html5

Share This
Pada article sebelumnya Saya sudah mempelajari wacana Penggunaan dan Penulisan Meta Tag Dalam HTML. Pada article kali ini kita akan mempelajari wacana Penggunaan dan Penulisan Meta Tag Charset UTF-8 Pada HTML5.

Penggunaan Meta Tag Charset UTF-8 Pada HTML

Meta tag charset bukan ditunjukkan kepada mesin pencari, tetapi lebih ditunjukkan kepada WEB broser, alasannya yaitu meta tag charset ini dipakai untk memberi perintah kepada WEB broser untk menerjemahkan karakter yang ada pada halman tersebut.

Sejarah Meta Tag Charset Pada HTML

Charset (karakter set) dipakai untk menerjemahkan bit-bit dalam halman HTML menjadi sebuah karakter, karakter set paling sederhana dan juga paling awal dipakai adlah karakter set ASCII. Karakter set ini terbatas pada aksara latin (a-z, A-Z) dan bbrapa karakter lainnya, ibarat angka, spasi, tab dan lain-lainnya dengan jumlah total 128 karakter.

Karakter set ASCII lalu dikembangkan menjadi karakter set ANSI atau dikenal juga dengan ISO-8859-1. Karakter set ANSI mendukung hingga 256 karakter dan umumnya dipakai pada HTML 2.0 hingga dengan HTML 4.01.

Permsumberahan pada karakter set ASCII dan ANSI adlah tidak mendukung karakter non-latin ibarat aksara Arab, Cina, Jepang dan lain-lainnya. Untuk mengatasi permsumberahan ini maka dikembangkanlah karakter set untk masing-masing bahasa, seperti karakter set BIG5 untk Cina, X-EUC-JP untk Jepang, ISO-8859-7 untk Yunani dan lain-lainnya. Penulisan karakter set akan berbeda-beda tergantung karakter apa yang dipakai untk menulis halman HTML tersebut.

Pada awal perkembangan XHTML, diperkenalkan karakter set UTF-8 (Unicode Transformation Format-8) yang hampir mendukung seluruh karakter yang ada di dunia ini. Pada perkembangan selanjutnya, HTML5 sudah memakai UTF-8 sebagai karakter set standar. Dengan memakai meta tag charset UTF-8, kita tidak perlu lagi khawatir akan karakter yang akan kita gunakan untk menuliskan halman HTML, alasannya yaitu UTF-8 sudah mendukung lebih dari 10.000 karakter.

Penulisan Metag Tag Pada HTML

Pada HTML 4.01 dan XHTML, penulisan meta tag charset UTF-8 ibarat ini :
<meta http-equiv="content-type" content="text/html;charset=UTF-8" /> 
Untuk penulisan meta tag charset UTF-8 pada HTML5 menjadi lebih sederhana, ibarat ini :
<meta charset="UTF-8" />
Penulisan meta tag ini diletakkan diantara tag <head>...</head> sebelum tag <title>, misalnya ibarat berikut ini :
<!DOCTYPE html> <html> <head>     <meta charset="UTF-8" />     <title>Belajar HTML5</title> </head> <Body>     <h2>Saya Sedang Belajar HTML5 di Mas-abdi.blogspot.com</h2>     <p>Karakter set <b>UTF-8</b> sudah mendukung lebih dari 10.000 karakter.</p> </body> </html>
Penulisan meta tag charset pada halman HTML sangat dianjurkan untk digunakan, walaupun WEB broser ketika ini akan menggunakan karakter set UTF-8 sebagai default, jikalau tidak ada karakter set pada halman tersebut. Namun jikalau di cek oleh validator W3C, alhasil akan error jikalau kita tidak menuliskan meta tag charset ini.

Pada article selanjutnya kita akan mempelajari wacana Pengertian Semantic Tag Pada HTML.
Sumber https://mas-abdi.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment