Penggunaan Dan Penulisan Doctype Untuk Html5 - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Penggunaan Dan Penulisan Doctype Untuk Html5

Share This
Pada article kali ini kita akan mempelajari tentang Penggunaan dan Penulisan DOCTYPE Untuk HTML5.

Penggunaan DOCTYPE Untuk HTML

DOCTYPE merupakan kependekan dari Document Type Declaration (DTD) yang dipakai untk memberitahu WEB broser versi dari HTML yang sedang di prosesnya.

Penulisan doctype bersumber dari bahasa SMGL dan XML, keduanya termasuk bahasa markup, di mana HTML dan XHTML dikembangkan. Berikut ini pola penulisan doctype untk HTML versi 4.01 strict :
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01//EN" "http://www.w3.org/TR/html4/strict.dtd">
Perhatikan pada pola arahan diatas, bahwa penulisan doctype mencantumkan versi dari HTML, adalah HTML 4.01//EN lalu diikuti dengan alamat hukum doctype tersebut bersumber, dalam pola arahan di atas alamatnya adlah http://www.w3.org/TR/html4/strict.dtd.

Penulisan doctype untk versi XHTML, menyerupai berikut ini :
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
Lalu gimana untk penulisan doctype untk HTML5.

Penulisan DOCTYPE Untuk HTML5

Penulisan doctype untk HTML5 jauh lebih singkat dibandingkan dengan HTML 4.01 dan XHTML. Berikut ini pola penulisan doctype untk HTML5 :
<!DOCTYPE html>
Penulisan doctype untk HTML5 jauh lebih singkat dan gampang untk diingat, hal ini alasannya HTML5 tidak lagi bab dari bahasa SMGL. Tidak menyerupai HTML versi sebelumnya yang termasuk bab dari SGML, yang diharuskan untk menuliskan doctype beserta alamat hukum doctype itu bersumber.

Doctype pada HTML5 bersifat chargere-insensitive yang artinya tidak membedakan penulisan aksara besar maupun aksara kecil. Penulisan <!DOCTYPE html> dianggap sama dengan <!doctype html>. Kebanyakan WEB progmemory rammer menulis doctype dengan aksara besar.

Berikut ini struktur dasar HTML5 dengan memakai doctype :
<!DOCTYPE html> <html> <head>     <meta charset="utf-8" />     <title>Belajar HTML5</title> </head> <Body>     <h2>Saya Sedang Belajar HTML5 di Mas-abdi.blogspot.com</h2>     <p>Penulisan <i>doctype</i> pada HTML5 jauh lebih singkat daripada HTML versi sebelumnya</p> </body> </html>
Pada article selanjutnya kita akan mempelajari tentang Penggunaan dan Penulisan Meta Tag Charset UTF-8 pada HTML5.
Sumber https://mas-abdi.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment