Masalah Pada Cd/Dvd-Rom - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Masalah Pada Cd/Dvd-Rom

Share This


Gambar CD/DVD ROM
CD/DVD ROM merupakan perangkat komputer yang biasa dipakai untk membaca atau memburning pada sebuah media CD. Pada CD rom juga terdapat bbrapa msumberah. Cd rom tidak terdeteksi Penyebabnya antara lain:
  1. Pemasangan interface (kable data) yang tidak benar sanggup mengakibatkan CD – ROM tidak terdeteksi oleh BIOS. Solusinya adlah menyidik ulang pemasangan kable – kable CD – ROM (kable data dan kable power), antara pin satu kable interface (yang berwarna merah) akan bertemu dengan kable merah power supply.
  2. Misalkan pada insta'lasi setup BIOS, Primary Master pada pilihan Auto, Primary Slave pada pilihan None, Secondary Master pada pilihan None dan Secondary Slave pada pilihan None, maka CD – ROM tidak akan terdeteksi.
  3. Solusinya adlah dengan memilih pilihan insta'lasi IDE Primary dan Secondary berada pada pilihan auto, ini mempunyai kegunaan untk mendeteksi seluruh peripheral setips automatic, tanpa anda harus merubah setip BIOS setiap perubahan atau penggantian peripheral.
  4. Jika pemilihan set jumper CD – ROM dan hard disk dipasang dengan satu kable, pada satu pilihan Master – Master atau Slave – Slave sanggup mengakibatkan CD – ROM anda tidak terbaca. Solusinya adlah dengan pemasangan set jumper antara CD-ROM dan Hard disk. Jika satu kable data, sebaiknya hard disk pada set jumper Master dan CD – ROM pada set jumper Slave, atau dengan jalan terbaik yakni memisahkan interface CD – ROM dan hard disk, yang mana hard disk diletakkan pada insta'lasi IDE Primary, sedangkan CD – ROM diletakkan pada Insta'lasi IDE Secondary.

No comments:

Post a Comment