Masalah Pada VGA Card Dan Solusinya - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Masalah Pada VGA Card Dan Solusinya

Share This


Gambar VGA Card
VGA Card merupakan penghubung jalanya keluarnya tampilan gambar ke monitor. Tanpa ada VGA Card, PC tidak sanggup digunakan. Kualitas dari kemampuan VGA mempengaruhi gambar yang muncul di monitor. Pada prinsipnya kerja system VGA adlah mengubah gelombang sinyal dari mainboard yang kemudian diolah di system VGA Card kemudian di transfer ke monitor sehingga keluar tampilan gambar di screen Monitor. Ada bbrapa jenis VGA dari perkembangan awal hingga kini antara lain sebagai berikut:
1.      CGA (color  graphic adapter)
2.      EGA (echanced graphic adapter)
3.      VGA (video graphic adapter)
4.      SVGA (super video graphic adapter)
5.      XVGA
Kerusakan VGA On board.
Solusi: 
Pada ketika anda menghidupkan komputer dan komputer anda bisa hidup atau terlihat berfungsi normal sedangkan di monitor tidak tampil atau muncul tampilan apapun ataupun tampilan BIOS sekalipun. Maka kemungkinan yang sedang trouble adlah monitornya atau kalau tidak adlah pada VGAnya. Tetapi disini yang terjadi adlah bahwa minitornya terlihat baik – baik saja, lantaran layar lednya terlihat berkedip – kedip dan bertanda bahwa monitor baik – baik saja. Langkah selanjutnya adlah, bukalah chargering CPU dan lihatlah keadaan CPU apakah di dalamnya kotor terkena debu?. Setelah keadaan di dalam CPU higienis cobalah kembali untk  menghidupkan kembali komputer yang telah dibersihkan CPUnya dari debu. Jika di screen monitor komputer tidak sanggup menampilkan sesuatu ataupun tidak menampilkan screen BIOS atau bahkan bisa muncul tampilan Bios dan bisa loading hingga di screen Windows XP tetapi kemudian komputer mati setips tiba-tiba. Cobalah cek dan pastikan apakah kable VGAnya sudah masuk dan tersambung dengan port dengan benar, kemudian cek indikator pada monitor apakah monitor berjalan dengan normal atau tidak sehabis itu restartlah komputer dengan menekan tombol reset pada CPU. Jika sehabis di cek dengan langkah – langkah tadi monitor belum bisa menampilkan tampilannya maka kemungkinan msumberahnya adlah pada VGA ONBOARDnya terkena korosi atau tidak berpengaruh terhadap arus monitornya. Solusi selanjutnya adlah anda pasang VGA Card yang cocok untk kebutuhan spesifikasi komputer anda. Cobalah memasang VGA Card di slotnya. Tapi sebelum anda pasang VGA cardnya terlebih dahulu kita lihat atau kita cek apakah slot AGP VGAnya bersih, kalau belum bersihkan dahulu semoga terlihat mantap sehingga bisa digunakan. Setelah slot terlihat bersih, maka pasang VGA cardnya. Setelah VGA  terpasang maka segera di cek apakah VGAnya berfungsi atau tidak. Setelah komputer di nyalakan dan tennyata kesudahannya Ok yang menjadi msumberah memang adlah VGA Onboardnya
F  Tidak ada tampilan discreen Monitor walaupun tombol power pada monitor dan CPU sudah dihidupkan dan kable pada VGA Card sudah terpasang dengan benar dan ada instruksi Beep yang menandakan instruksi kesalahan.
Solusi :
VGA Card juga sanggup mengalami trouble lantaran disebabkan oleh kondisi yang tidak memungkinkan dikarenakan oleh bbrapa hal yaitu:
  1. Terlalu usang pemakaian sehingga perlu diganti dengan yang  baru
  2. Kerusakan pada soket pin
  3. Kerusakan pada jalur kebel vga ke monitor
Untuk menangani kasus diatas sanggup dilsayakan tips sebagai berikut :
  1. Periksa koneksi kable apakan terpasang dengan benar apa tidak atau mungkin kable VGA yang ke monitorlah yang rusak sehingga perlu diganti dengan yang baik.
  2. Periksa VGA Card apakan tertancap dengan benar ke slot AGP atau tidak kalau tidak pasang dengan prosedur yang sesuai dan benar.
  3. Ganti dengan VGA yang lain untk memastikan VGA Cardnya yang rusak.
  4. Periksa Slot AGP apakah berfungsi dengan baik apa tidak.
  5. Bersihkan VGA Card dan slot AGP dengan kuas hingga higienis sehingga tidak mengurangi kinerja system tersebut.
  6. Periksa konektor pin pada VGA Card apakah masih normal apa tidak.
Setelah pengecekan dilsayakan kita sanggup eksklusif mendiagnosa kerusakan yang terjadi. Kita sanggup memilih bahwa VGA Cardlah yang rusak bukan pada perangkat lain sehingga perlu diganti dengan VGA Card yang lain. Untuk menangani kasus tersebut sebaiknya bila mengganti VGA Card kita sebaiknya penggantian komponen sesuai dengan kapsitas yang telah di berikan oleh standar mainboard semoga tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal lagi. Seperti teladan apabila kita mengganti VGA lain yang spesifikasi yang lebih tingi tanpa mengup-grade kita tidak akan berhasil lantaran kartu grafis yang diberikan akan berbeda dengan yang sebelumya.







No comments:

Post a Comment