Menganalisa Tanda-Tanda Kerusakan Pada Laptop - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Menganalisa Tanda-Tanda Kerusakan Pada Laptop

Share This

 Memperbaiki  leptop adlah menganalisa tanda-tanda msumberah setips sayarat Menganalisa tanda-tanda Kerusakan pada Laptop

Memperbaiki leptop adlah menganalisa tanda-tanda msumberah setips sayarat. Sebagai contoh, bbrapa orang akan terburu-buru dan segera membeli baterai gres ketika ber perkiraan rusak. Bisa saja hnya msumberah kable atau konektor yang jelek pada kable listrik, padahal sanggup diperbaiki dengan sedikit solder atau isolasi. Mari kita simak bersama….

Demikian pula, apabila screen Layar LCD mati, sanggup menjadi kegagalan mainboard atau adaptor video, inverter jelek atau llampu layar lcd neon terbakar. Layar LCD yang perlu diganti, biasanya terjadi lantaran retak fisik di beling atau blok dari pixel mati. Jika CD atau DVD drive tidak bekerja lagi, pastikan Anda sudah mencoba pilihan mencoba kit pembersih sebelum mengganti drive, dan selalu mengecek koneksi sebelum membuang drive yang lama. Adalagi yang akan mengidentifikasi diri mereka sebagai kerusakan adlah hard drive semakin keras atau dari waktu ke waktu hidup baterai semakin berkurang.


Permsumberahan Power /Power failure

Proses pemecahan msumberah selalu dimulai dengan mengidentifikasi apa yang berfungsi. Jika msumberah bekerjasama dengan power, ( baterai adlah salah satu penyebab leptop tidak mau menyala) langkah pertama adlah memastikan power terkontribusi ke leptop.. Ini berarti menyidik bahwa Layar LED pada transformator baterai menyala, dan jikalau tidak (atau tidak mempunyai Layar LED), pastikan ac adapter dicolokkan ke stopkontak listrik yang baik.. Anda sanggup menyidik bahwa dengan mencabut ac adapter dan hnya mencolokkan llampu atau sanggup memeriksana dengan alat penguji arus.

Pertanyaan berikutnya adlah apakah tidak ada status llampu Layar LED kecil di llampu leptop dengan daya terpasang masuk .Bahkan model tertua biasanya mempunyai status kekuatan cahaya yang baik.. Jika Anda mempunyai status daya nyata dan notebook juga tidak akan menyala, cek berikutnya adlah baterai. Beberapa model notebook tidak akan beroperasi tanpa baterai terpasang baik, cari tahu di internet apakah model leptop Anda akan beroperasi dengan baterai mati atau hilang. . Jika daya baterai sudah tidak menjadi msumberah dan leptop tetap tidak menyala dengan kekuatan status baik , itu sanggup terjadi msumberah dengan power regulator, atau lebih besar kemungkinan peraturan tenaga listrik (ic power component)atau mainboard. Mengatasi msumberah regulasi atau motherbord memerlukan peralatan pengujian atau papan luang untk swap, dan berada di luar ruang lingkup article ini. (kita akan bahas bahagian ini lebih terperinci di lain sesi)

Ada sedikit perbedaan yang sangat antara troubleshooting Laptop Dell, Toshiba Satellite, Sony Vaio, IBM Thinkpad, HP Pavilion (dan Compaq) atau bahkan Powerbook Apple atau iBook. . Design dasar dari semua leptop yang sama, walaupun satu model memakai CPU Intel, yang lainnya AMD ada pula PowerPC dan Transmeta rendah. Seorang teknisi troubleshooting leptop Toshiba mungkin lebih suka memulai dengan baterai, ibarat yang terkenal lemah, ibarat msumberah HP dan notebook Compaq sering dimulai dengan Memory RAM. Namun, tidak semua model sanggup ditandai mempunyai kelemahan pada permsumberahan yang sama. bukan mengikuti proses logis dari eliminasi. Hnya lantaran satu model dari Dell cenderung bercak biru pada screen ketika usia tertentu bahwa notebook Dell terus memproksi dengan msumberah yang sama.

IBM dan Sony dan Apple leptop umumnya dipandang sebagai kualitas yang lebih tingi daripada merek terkenal lainnya, tetapi mereka semua mengalami permsumberahan serupa lantaran terlalu panas, keausan, dan sesekali menjalankan komponen yang buruk. Baterai adlah subset khusus msumberah daya yang banyak terjadi . The NiCd baterai yang lebih renta setips khusus rentan terhadap msumberah. Jika tidak tepat dalam pengisian, sel baterai mulai mencatat level sebelumnya sebagai sebagai level maksimum yang baru, dan bbrapa sel-sel individual bahkan mungkin sebaliknya . Ni-MH (Nickel Metal Hidrida Baterai) yang menggantikan NiCd (Nickel Cadmium) untk model standar yang agak lebih baik, tetapi mereka tidak sanggup melawan buruknya sirkuit kontrol pengisian atau buruknya pengendalian perangkat lunak .. Semua baterai leptop, apa pun bentuk, terdiri dari sejumlah sel tegangan rendah dihubungkan setips parallel atau seri untk mencapai tegangan operasi yang dibutuhkan.
Beberapa notebook yang lebih renta mengharuskan Anda mengsiklus baterai terus-menerus, hnya bekerja pada listrik AC selama yang diharapkan untk mengisi ulang baterai .

Banyak model-model gres harus diisi penuh baterainya sekitar seminggu sekali, tapi selain tidak kuatir meninggalkannya terpasang dalam waktu yang lama, dan desain terbaru tidak peduli apa yang Anda lsayakan selama leptop benar-benar mendapat pengisian pada baterai untk persentase waktu yang wajar. Jika Anda berpikir baterai Anda berjalan turun terlalu cepat, pastikan Anda telah mengaktifkan mode penghematan daya berangasan dalam perangkat lunak (biasanya diakses melalui Control Panel atau ikon produsen) yang redup screen, memperlambat CPU, dan membiarkan hard drive spin down dikala tidak digunakan. Juga, perlu diingat bahwa tingkat estimasi ketahaanan sisa baterai yang mengakibatkan alarm pada screen sanggup diatur oleh pengguna, dan jikalau setting default Anda sangat konservatif (antara 10% dan 20%), Anda mungkin ingin bereksperimen dengan yang lebih rendah level (antara 3% dan 5%) yang masih akan menawarkan Anda waktu untk menyimpan pekerjaan Anda dan mematikan sebelum masuk ke leptop hibernasi.

Video Failure

Hal pertama untk menyidik dalam permsumberahan video , ibarat yang dijelaskan di atas. Jika Anda selalu sanggup mendengar kipas leptop Anda ketika Anda menghidupkan leptop dan kini Anda tidak sanggup mendengarkannya itu bukan msumberah vga , itu msumberah power atau mainboard..

Langkah pemecahan msumberah berikutnya adlah untk menghubungkan monitor eksternal dengan konektor VGA standar, apakah CRT atau Layar LCD. Jika notebook anda tetap tidak menyala ke monitor eksternal, itu sangat mungkin bahwa salah satu motherbord component atau adaptor video internal (jika itu bukan penggalan dari mainboard) telah rusak. Kemungkinan kerusakan motherbord component pada analisa diatas adlah p.a Vga…p.a.procesor…ic epromer…mboard chips..power modul…power ic component:jika lead tidak menyala sama sekali.

Jika monitor eksternal bekerja dengan baik,bbrapa permsumberahan terjadi pada subsistem video leptop, yang biasanya terkandung sepenuhnya pada screen / perakitan tutup(flif). Atau salah satu bundel kable/layar lcd cable (sinyal video atau power) yang beroperasi melalui engsell untk subsistem video telah gagal,kecuali permsumberahan terang pada Tabung Lcd,(screen retak, memudar di sudut, gambar samar, piksel buruk).Untuk penggantian Layar LCD Anda tetap harus membuka penggalan utama leptop untk menyidik koneksi. Msumberah yang paling gampang untk mengidentifikasi persumberahan dengan terang adlah(kerusakan fisik) Layar LCD retak, Mengganti Layar LCD adlah hampir sama pada kebanyakan notebook.

Jika kecerahan screen Anda sepertinya menyala atau adakala terang dan adakala hampir memudar (membayang)atau sepenuhnya gelap, (jangan tertipu oleh modus penghemat daya), maka Anda mungkin mempunyai permsumberahan backlight atau inverter.. Antara dua, inverter bbrapa kali lebih mungkin untk bermsumberah, berfungsi sebagai ballast padat di llampu neon modern. Lampuu latar sendiri adlah CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) dengan waktu yang akan sangat usang untk rusak/putus, sementra seluruh generasi inverter sama pada bbrapa model leptop, Anda sanggup dengan gampang menemukan suku cadang pengganti ,baik yang original ataupun yang compatible.(metoda penggantian inverter kita bahas di lain sesi).

Permsumberahan Fan(cooler system)

Permsumberahan umum yang sering dihadapi adlah msumberah panas, gimanapun juga panas adfalah musuh utama dari leptop, hampir 75 % trouble yg dihadapi adlah disebabkan panas yang berlebih. Apalagi di dalam chargering leptop hampir tidak ada ruang kosong semuanya dipenuhi dengan komponen. Permsumberahan kebanyakan dari cooler system adlah tersumbatnya lobang pembuangan panas pada heatsink(tertutup debu) yang mengakibatkan panas yang seharusnya dikeluarkan kembali memantul kedalam leptop,sehingga temperature didalam ruangan yang sangat sempit bertambah panas.Hal ini sanggup mengakibatkan over heating pada VGA chip,Procesor chip dan component motherbord yang lain.

Permsumberahan kepada kipas(fan)ditandai dengan bunyi leptop yang berisik, membuktikan fan bearing sudah aus atau fan mati ,yang sanggup membahayakan motherbord component.Sebaiknya Anda tidak menunggu hingga adanya kerusakan jawaban panas (over heat) untk menggantikan kipas angin.

Port dan Konektor Power

Laptop adakala terganggu oleh permsumberahan internal dari konektor fisik, ibarat modem atau port jaringan sepertinya terlepas dalam kasus ini, sehingga sulit untk mendapat koneksi yang baik, atau solder konektor power terhubung dengan masa(induksi).. Satu-satunya tips untk memperbaiki msumberah ini adlah untk membuka chargering leptop, memilih apa yang telah rusak, dan melsayakan yang terbaik untk mengembalikannya ke kondisi asli, bukan hnya mengkludgingnya .

Msumberah dengan kludging apa pun di notebook mempunyai toleransi yang begitu ketat yang kludge Anda mungkin gagal sehabis Anda memasang chargeringnya kembali. Ketika melsayakan solder pada papan leptop, gunakan ujung besi halus dan tidak terlalu panas jangan ambil resiko dengan panas solder yang tingi.hal ini sanggup merusak sircuit pada PCB(Papan circuit board) Gunakan pengisap solder yang layak untk cepat membersihkan sisa sisa timah solder . dan jikalau Anda merasa mengerjakannya terlalu lama.sebaiknya berhenti sejenak,dan biarkan semua hambar sebelum mencoba lagi.

Sumber : http://dendityo.wordpress.com

Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment