Peralatan Servis Laptop - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Ok sobat, alhasil kang Eko dapat menulis lagi di article pada blog ini walaupun di tengah kesibukan kerja...tapi harus tetap semangat ngeblog dan sharing ilmu.Bagi kita yang ingin menekuni dunia servis leptop dan komputer atau elektronika, maka  hal yang harus diperhatikan adlah untk menunjang pekerjaan yang berkaitan dengan servis komputer dan Laptop maka kita harus  mempunyai peralatan sebagai berikut :


a. Screw Driver Set

    Screw driver set merupakan seperangkat obeng dengan aneka macam ukuran dari bentuk dan ujungnya. Peralatan ini multlak  harus ada alasannya yaitu setiap merek leptop kadang baudnya berbeda sehingga memerlukan obeng yang berbeda. Dengan screw driver set  jadi gampang dalam membuka baut alasannya yaitu ukuran dan jenis obeng sudah ada dalam satu paket.


                                                          Gambar . Screw driver set

b. Laptop Case Open Pry Tool

    Casing leptop kebanyakan terbuat dari plastik yang gampang patah dan rusak,  membuka chargering leptop tidak mudah. Untuk membuka leptop memang  hati-hati, chargering leptop terbuat dari plastik sehingga apabila membuka atau mencongkel dengan obeng negatif maka resikonya chargering akan tergores dan rusak. Untuk menanggulanginya maka menggunakan alat ini alasannya yaitu terbuat dari plastik jadi tidak merusak chargering.



                                                   Gambar . Laptop Case Open Pry Tool

c. Hook And Pick Set

    Hook and pick set adlah alat yang dipakai untk mengambil atau menarik kable yang ada pada leptop. Biasanya alat ini bentuknya menyerupai obeng dengan ujung melengkung atau juga lancip, dengan alat ini pengambilan kable menjadi lebih gampang walaupun di celah yang sempit.




                                                              Gambar . Hook And Pick Set

d. Multimeter

    Multimeter merupakan alat yang dipakai untk mengukur tegangan, kendala dan arus listrik. Peralatan ini merupakan peralatan wajib untk melsayakan servis leptop khususnya pada bab mainboard dan bab yang lain yang masih bekerjasama dengan listrik.


                                                    Gambar . Multimeter

e. Solder

    Ada kalanya ketika memperbaiki leptop pada bab mainboard ada komponen yang rusak dan harus diganti. Untuk melepas komponen yang berukuran besar kita menggunakan solder. Solder yang di pakai untk servis leptop biasanya menggunakan solder temperatur jadi solder yang panasnya dapat diatur, alasannya yaitu setiap komponen mempunyai ketahaanan panas yang berbeda, jadi apabila kita menggunakan solder dengan temperatur kita dapat menyesuaikan dengan jenis komponen yang akan kita lepas.


                                              Gambar . Solder dengan temperatur

f. Desoldering Pump

    Desoldering pump adlah alat yang di gunakan untk penyedot timah bekas solderan sesudah timah meleleh atau dilelehkan dengan solder. Solder ini dipakai pada komponen yang kakinya berukuran besar.

                                                        Gambar . desoldering pump


g.    Solder Wight

    Solder wight fungsinya sama dengan desoldering pump, perbedaanya terletak pada penggunaanya berbeda yaitu sesudah timah dipanaskan dengan solder kemudian tempelkan solder wight ke timah dan otomatis timah akan terserap oleh solder wight. Solder wight terbuat dari serabut atau anyaman tembaga. Solder wight biasanya dipakai untk melepas atau merapikan solderan komponen yang mempunyai kaki kecil misalkan IC dan sebagainya.



                                                    Gambar  . Solder Wight

a.    Kuas Halus

    Banyak leptop yang rusak alasannya yaitu overheat atau terlalu panas. Kemungkinan besar leptop terlalu panas alasannya yaitu sistem pendinginan kipas kurang lancar dan biasanya sering diakibatkan alasannya yaitu kanal udara terhambat oleh tumpukan kotoran dan debu. Untuk menghilangkanya maka harus menggunakan kuas untk membersihkan debu baik yang berada disaluran udara ataupun di mainboard.


                                                          Gambar . Kuas halus

b.    Pinset

    Pinset berfungsi untk mengambil komponen sesudah di solder. Untuk melelehkan timah diharapkan suhu yang tingi sekitar 450 °C. Setelah meleleh komponen di angkat, alasannya yaitu komponen masih sangat panas jadi kita memerlukan pinset untk mengambil komponenya.



                                                        Gambar . pinset

c.    Solder uap

    Solder uap dipakai untk melepas komponen yang kecil contohnya komponen SMD atau IC yang mustahil di lepas dengan solder. Solder ini berbeda dengan solder biasa alasannya yaitu panas yang disalurkan ke komponen bukan menggunakan logam tetapi menggunakan udara, jadi panasnya dapat merata. Solder uap juga dilengkapi dengan pengatur suhu sesuai dengan yang kita inginkan.



                                                     Gambar . Solder uap

d.    Power suply

    Power suply adlah alat yang berfungsi menurunkan tegangan AC tingi ke tegangan DC rendah. Power suply dipakai sebagai pengganti adaptor. Kelebihan alat ini adlah tegangan dan arus yang dapat dirubah dan konektornyapun dapat digonta ganti sesuai dengan jenis leptop yang diperbaiki.



                                                            Gambar . Power suply

mungkin itu alat yang harus punya untk sobat-sobat semua, mudah-mudahan bermanfaat dan tunggu article berikutnya yach...
Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment