Sejarah Prosesor - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Sejarah Prosesor

Share This
Apakah yang Dimaksud dengan Procesor dan Mengapa Perannya Penting?


Tahun 1969, Nippon Calculating Machine Corporation* meminta Intel untk mendesain chip kustom untk kalkulator baru. Teknisi Intel merespons dengan mendesain rangkaian empat chip, termasuk procecor Intel® 4004, yakni Procesor pertama di pasaran yang sanggup diprogmemory ram dengan tujuan umum.1 Sejak ini, Intel berada dalam bisnis desain dan produksi mikroprocecor.


Apa yang Dimaksud dengan Procesor?
Procesor adlah sirkuit terintegrasi yang sebagian besar terbuat dari silikon, elemen kimia yang juga berjumlah sangat banyak di Bumi selain oksigen. Selain sangat umum, silikon juga zat yang sesuai untk procecor alasannya yaitu merupakan semikonduktor, yang berarti sanggup diadaptasi untk menawarkan ketahaanan tingi atau rendah terhadap arus listrik.
Procesor setips lebih formal disebut dengan CPU (central processing unit) atau mikroprocecor, untk membedakannya dari jenis procecor lainnya ibarat procecor grafis. Namun, jika Anda mendengar istilah umum "procecor", pelanggan biasanya merujuk pada CPU, yang intinya merupakan "otak" komputer.
Di Mana Letak Procesor?
Jika Anda membuka komputer, di dalamnya Anda akan menemukan bbrapa bab silikon kecil berbentuk persegi dengan sirkuit tertanam. Salah satu chip tersebut adlah procecor komputer, yang terdapat di papan sirkuit utama yang disebut motherbord.

Misalnya, procecor Intel® 4004 yang diluncurkan tahun 1971 berisi 2.300 transistor pada satu die (paket CPU) dan dilengkapi kecepatan clock 740 kilohertz (kHz). Bandingkan hal itu dengan procecor Intel® Core™ ketika ini, yang berisi miliaran transistor dan mempunyai kecepatan clock yang sanggup melebihi 4,0 GHz. Itu sama dengan 4 juta kHz!3

Untuk mengisi lebih banyak transistor di setiap procecor, ukuran transistor diperkecil. Ukuran lebar transistor procecor Intel® 4004 adlah 10.000 nanometer (nm). Saat ini, transistor procecor Intel® berukuran sekecil 14 nm. Sebagai perbandingan, tebal memory rambut insan rata-rata 100.000 nm!


Sumber https://syarikhcomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment