Tanda-Tanda Kerusakan Memory Komputer Dan Cara Memperbaiki Ram - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Tanda-Tanda Kerusakan Memory Komputer Dan Cara Memperbaiki Ram

Share This

wBDAAkGBwgHBgkIBwgKCgkLDRYPDQwMDRsUFRAWIB Tanda-Tanda Kerusakan Memory Komputer dan tips memperbaiki memory ram Apakah PC Windows Anda crash tanpa a'lasan yang jelas? Apakah PC Anda sering mengalami screen biru Blue Screen of Death? Jika jawabannya adlah “ya”, Anda mungkin mengalami msumberah kerusakan memori PC. Memori atau Memory RAM yang rusak adlah salah satu penyebab Blue Screen of Death. Dalam cara singkat ini aku akan membahas tanda-tanda umum dari memori yang rusak serta mereview sejumlah progmemory ram perangkat lunak free pengujian memori yang sanggup membantu Anda mendiagnosa msumberah Anda.
Mengapa Memory Komputer Rusak
Mengingat memori yang sanggup terdiri dari bbrapa chip memori Silikon (disebut DMemory RAM) disolder sebuah papan sirkuit kecil, memori komputer sebetulnya harus jauh lebih tahaan terhadap kegagalan dari komponen-komponen komputer yang lain. Karena barang ini, diproduksi dan didistribusikan dalam volume yang lebih banyak daripada kepingan komputer lainnya sehingga semacam evens out.
Chip memori DMemory RAM biasanya diuji oleh produsen mereka sebelum mereka dikirim, dan mengusut komponen yang cacat sebelum dijual. Memori komputer juga rentan terhadap banyak sekali situasi yang sanggup mengubah pekerjaan Anda entah memori DDR, SDMemory RAM atau yang lain. Shock elektrostatik dari penanganan yang tidak sempurna sanggup merusak memori. Cobalah untk menghindari memegang setips eksklusif bagian-bagian peka dari memori ketika Anda menginstal modul memori 1GB DDR dll! Demikian pula, pasokan listrik yang tidak stabil juga sanggup merusak memori komputer Anda, walaupun adakala setips bertahap. Hal yang sama beresiko adlah menaikkan tegangan memori terlalu tingi kalau Anda overclocking.
Jika komputer Anda terlalu berdebu, atau terletak di lingkungan yang lembab kontak antara modul memori dan slot memori sanggup terganggu atau terkorosi. Panas, baik dari komponen lain atau Memory RAM itu sendiri juga sanggup menyebabkan kerusakan bertahap. Jelas, penanganan ceroboh juga sanggup merusak memori komputer dengan menyebabkan kerusakan fisik pada papan sirkuit atau kontak. Ini adlah salah satu a'lasan mengapa kita menganjurkan memakai memori yang mempunyai penyebar panas memori atau pendingin.
Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adlah kemungkinan cacat pada slot memori motherbord komputer Anda. Ini sanggup rusak oleh tips yang sama ibarat yang tercantum di atas, dan sanggup menyebabkan kebingungan, alasannya yaitu setiap modul memori terpasang ke slot yang rusak akan tampak cacat meskipun sebetulnya tidak rusak. Untungnya, alasannya yaitu memori komputer modern dihasilkan seragam dan mempunyai poin kegagalan relatif sedikit dibandingkan dengan bagian-bagian komputer lainnya, produsen sanggup menawarkan santunan garansi yang layak.
Sebagian nama merek memori ibarat Corsair, Crucial, Visipro atau Kingston garansi seumur hidup, sedangkan yang dibeli dari reseller biasanya mempunyai garansi lebih singkat dari produk yang aku sebutkan diatas.
Tanda-tanda memori Komputer Rusak
Indikator memori yang rusak sangat banyak, tetapi mari kita mulai dengan bbrapa yang umum:
  1. Blue Screen of Death selama proses insta'lasi Windows XP. Ini adlah salah satu tanda paling niscaya bahwa salah satu kecurigaan merujuk pada memori yang rusak.
  2. Random crash atau Blue Screen of Death dengan pesan berbeda/acak selama menjalankan XP.
  3. Gangguan memori intensif selama operasi tertentu contohnya ketika memainkan 3D game, benchmark, kompilasi, Photoshop, dll
  4. Distorsi grafis pada screen, walaupun hal ini juga sanggup terkait dengan kartu video.
  5. Kegagalan ketika boot. Hal ini sanggup disertai dengan berbunyi ‘bip’ panjang berulang-ulang, yang merupakan aba-aba bip BIOS untk msumberah memori. Dalam hal ini, Anda tidak sanggup menguji memori dengan perangkat lunak diagnostik, sehingga satu-satunya pilihan Anda adlah pengujian dengan pengganti, baik di rumah atau di dealer komputer Anda.

Trik Memperbaiki Memory RAM

Memory RAM ( Random Access Memory ) adlah daerah penyimapanan sementra (walaupun ada yang mengunakan untk jangka waktu yang panjang) dalam sebuah perangkat berbasis komputer. Data yang biasanya disimpan dalam Memory RAM adlah Bios, Binary progmemory ram dasar suatu komputer untk mengintegrasikan perangkat-perangkat lainnya.

Begitu pentingnya Memory RAM, sering sekali Memory RAM menjadi penyebab PC / leptop kita mati. dan perkiraan kita adlah Memory RAM tersebut sudah rusak dan harus di ganti. Yang sering terjadi memang bila Memory RAM rusak, maka PC maupun leptop kita tidak mau bekerja. Bahkan ketika dinyalakan akan terdengar suar BEEP yang keras, yang menunjukan ada komponen yang tidak bekerja.

Namun bila kita mau lbih teliti lagi, Memory RAM ( Random Access Memory ) yang kita nyatakan rusak tadi belum tentu atau belum sepenuhnya rusak, dan masih sanggup diperbaiki. Nah dengan tips berikut ini kita sanggup menghemat biaya pembelian Memory RAM baru.
Peralatan Yang harus di siapkan :
  • Ram yang diperkirakan rusak
  • sebuah avometer (multiujiter)


Langkah – langkah perbaikan Memory RAM :
  • pertama bersihkan memory dengan tips menggosok pin-pin (berbentuk kotak – IC) memory tersebut dengan kain, yang bertujuan membersihkan. Boleh juga diberi Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu yang menempel. Gesekan dengan kain juga akan memicu ion-ion pada pin memory menjadi tersimulasi semoga konduktornya kembali menjadi lebih aktif.
  • Arahkan skala Avometer pada Ohm ( Ω - skala untk mengukur hambatan), boleh pada posisi 1K, 10K, 100K.
  • Kemudian jarum negative (-) Avometer (kable warna hitam) ditempelkan pada salahsatu pin/kaki memory, dan jarum positive (kable warna merah) digesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory ,bila memory mempunyai 8 buah IC contohnya maka goresan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.

Sekarang pasang kembali di slot memori yang tersedia,dan coba hidupkan PC atau leptop anda.
Tips diatas hnya untk memory dengan kondisi fisik yang masih utuh, maksudnya tidak ada pin/kaki yang terbakar, atau bahkan patah.
sumber:
http://01komputerpc.blogspot.com/2012/06/tanda-tanda-kerusakan-memory-komputer.html

Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment