Tips Merawat Laptop Yang Perlu Anda Ketahui - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Tips Merawat Laptop Yang Perlu Anda Ketahui

Share This

Tips Merawat Laptop yang Perlu Anda Ketahui


Tips Merawat Laptop yang baik haruslah anda ketahui biar leptop yang anda miliki dikala ini sanggup abadi hingga bertahun-tahun. Sebenarnya untk merawat leptop tidaklah sulit kalau dibandingkan dengan merawat komputer, itu dikarenakan komputer mempunyai komponen yang terpisah-pisah sedangkan leptop semuanya jadi satu atau all in one.
Tapi kalau dibandingkan dengan komputer leptop jauh lebih sensitif, itu ia kenapa kalau tidak dirawat dengan baik maka leptop anda akan sering berurusan dengan tukang service yang tentunya akan mengeluarkan biaya lebih untk anda. Ada pepatah yang menyampaikan bahwa halnya lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi apabila sanggup dijaga itu lebih baik daripada harus dinantikan hingga rusak dahulu.
Trik Merawat Laptop ini sanggup anda gunakan untk merek leptop apa saja. Mau ASUS, ACER, FUJITSU, DELL, HP, TOSHIBA, LENOVO, atau AXIO semua berlsaya untk tips ini. Oke, mari kita perhatikan tips-tipsnya :
1. Bersihkan Laptop dari Debu Setips Rutin dan Berkala
Hal ini yang pertama harus anda lsayakan, walaupun kedengarannya sepele tapi hal ini juga merupakan tips yang baik untk menjaga  leptop tetap awet. Selain sebab a'lasan kebersihan, dengan membersihkan bubuk yang ada pada leptop akan mencegah resiko penyumbatan kipas pembuangan leptop dikarenakan debu.
Bersihkanlah leptop anda sekurang-kurangnya seminggu sekali, gunakan kuas yang halus untk membersihkan kepingan keyboard dan gunakan kain dengan tekstur lembut untk membersihkan Layar LCD anda.
2. Selalu Gunakan Battery Laptop Anda
Ini yang sering terjadi pada sebagian besar pengguna leptop. Mungkin ada dari anda yang melepas baterry leptop anda ketika sedang memakai Charger atau daya listrik/DC. Ini adlah hal yang sangat beresiko, kalau saja tiba-tiba listrik di rumah anda padam maka leptop akan eksklusif mati dan sanggup berdampak jelek kepada komponen leptop anda terutama Harddisk dan Mainboard.
Makara walaupun anda sedang memakai daya listrik/DC usahakan biar battery anda selalu terpasang. Gunanya adlah sebagai penahan daya, jadi ketika listrik anda mati tiba-tiba maka leptop anda akan tetap nyala dengan daya dari battery sehingga anda sanggup melsayakan shut down terlebih dahulu.
3. Jangan Letakan Barang yang Berat di atas Laptop
Meletakan barang-barang berat di atas leptop menyerupai buku atau semacamnya sanggup berpotensi menciptakan rusaknya screen Layar LCD. Memang tidak eksklusif rusak, tapi kalau terus menyerupai itu Layar LCD anda akan rusak setips perlahan. Kebetulan aku pernah megalami insiden menyerupai itu. Awalnya leptop tidak apa-apa hingga mulai muncul garis-garis menyerupai TV yang tidak sanggup sinyal ketika aku menggerakan screen Layar LCD leptop. Makara sekali lagi, hindari meletakan benda-benda berat di atas leptop.
4. Jangan letakan leptop di atas Permukaan yang Lembut Seperti Kasur
Ketika sedang dalam keadaan menyala, leptop anda akan terus mengalirkan hawa panas keluar. Itu adlah hal wajar, sebab kinerja Processor, Harddisk dan komponen lainnya di dalam body leptop itu semua menghasilkan panas. Oleh sebab itu leptop membuang semua hawa panas itu ke kepingan luar.
Apabila anda meletakan Laptop anda di atas permukaan yang lembut ketika sedang menyala ini sangatlah tidak baik, hawa panas leptop akan sulit untk keluar sehingga sanggup mengakibatkan Processor anda menjadi cepat panas. Jika ini terus berlangsung bukannya mustahil bila processor anda menjadi rusak.
5. Hindari Laptop Anda dari Getaran dan Alat Elektromagnetik Lainnya
Sebisa mungkin jauhi leptop anda dari getaran dan alat-alat elektromagnetik menyerupai Loudspeaker, Handphone, dan apapun yang mempunyai getaran yang cukup kuat.
6. Perhatikan Suhu Ruangan Anda
Ini  hampir sama dengan point nomor 4. Suhu yang terlalu panas sanggup menyebakan kerusakan pada komponen-komponen leptop anda. Makara perhatikan suhu ruangan anda, kalau memang terasa panas dan anda memakai leptop untk waktu yang cukup usang sebaiknya coba untk gunakan Cooling Pad.
7.  Gunakan Antivirus yang Baik
Sebenarnya ini lebih kepada perangkat lunak, tapi ini juga kuat terhadap perangkat keras. Kenapa demikian, bila saja leptop anda mempunyai banya virus tentunya akan menciptakan kinerjanya semakin lambat. Mungkin ada jenis virus yang menciptakan beban lebih kepada processor dengan tips membuka banyak progmemory ram dalam waktu yang bersamaan. Jika ini terus terjadi, bisa-bisa sanggup mengakibatkan kerusakan pada Processor anda.
8. Letakan Laptop di Permukaan yang Datar
Usahakan biar leptop anda diletakan pada permukaan yang datar, kenapa begitu ? Karena ketika leptop dalam kondisi menyala, piringan yang ada di dalam hariddisk ada dalam kondisi berputar. Jika anda meletakan leptop pada sudut kemiringan tertentu itu sanggup saja mengakibatkan head hardisk menggores piringan tersebut. Hal ini sanggup berujung kepada banyaknya bad sector pada harddisk anda.
9. Hindari dari Benda Cair
Ini sudah pasti, bukan hnya leptop tapi semua barang elektronik memang harus dihindarkan dari benda cair sebab sanggup mengakibatkan korsleting listrik.
10. Jangan Coba-Coba Memperbaiki Sendiri Ketika Laptop Bermsumberah
Jika suatu dikala leptop anda mengalami msumberah, jangan pernah berpikir untk memperbaiki sendiri. Apalagi kalau anda tidak mempunyai ketememory rampilan untk itu, bisa-bisa yang tadi rusaknya hnya sepele malah menjadi rusak berat.
10 Tips Trik Merawat Laptop di atas harus anda perhatikan kalau ingin leptop anda tetap awet. Saya sendiri pun memakai leptop dan menjalankan tips di atas. Hasilnya leptop aku sudah berumur 2 tahun dan belum pernah berurusan denga tukang service. Saya harap article ini sanggup bermanfaat untk anda yang membaca, bila anda yang mau menambahkan silahkan berikan di kolom komentar.
sumber: http://megatips.com/10-tips-merawat-leptop-yang-perlu-anda-ketahui.html
Sumber http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment