Ubuntu 18.10 Dirilis, Ini Fitur Barunya! - Calon Teknisi | Free Download BIOS

Calon Teknisi | Free Download BIOS

Free download BIOS, Schematic, Boardview & Kursus Teknisi Laptop Online Interaktif.

Ubuntu 18.10 Dirilis, Ini Fitur Barunya!

Share This
Foto: OMGUbuntuFoto: OMGUbuntu

Jakarta - Canonical resmi merilis Ubuntu 18.10. Sejumlah fitur gres baru dibawa sistem operasi ini, apa saja?

Sudah menjadi tradisi setiap pembaruannya dirilis, Ubuntu membawa instruksi nama yang berbeda. Jika Ubuntu 18.04 berjulukan Bionic Beaver, versi 18.10 mengusung instruksi nama Cosmic Cuttlefish.

Adapun fitur gres yang dibawa Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish sebagai berikut:

GNOME 3.30

GNOME 3.30 yang dirilis September lalu. Sejumlah peningkatan diberikan. Salah satunya kini ndesktop memakai lebih sedikit sumber daya sistem, yang berarti pengguna sanggup menjalankan lebih banyak aplikasi sekaligus tanpa menghadapi dilema kinerja.

GNOME 3.30GNOME 3.30 Foto: ubuntu


Aplikasi Calender, To DO dan emulator GNOME Terminal hadir dengan versi baru. Pada aplikasi Setting kini mempunyai bab khusus untuk mengelola perangkat Thunderbolt 3. Panel dibentuk dinamis dan Disk kini sanggup dapat mendekripsi dan me-mount volume penyimpanan yang dienkripsi oleh VeraCrypt.

Tema dan Ikon Baru

Ubuntu 18.10 mengatakan tampilan lebih segar berkat hadirnya tema gres berjulukan Yaru. Tema yang dibentuk oleh komunitas ini sedianya dihadirkan di Ubuntu 18.04 namun tertunda karena belum sepenuhnya siap.

Yaru membawa tampilan ikon gres yang lebih menarik dilihat. Selain itu pengguna sanggup mengubah ke tampilan gelap dengan mengaktifkan fitur dark mode.

Tampilan layar login YaruTampilan layar login Yaru Foto: Softpedia


Baterai Lebih Hemat

Fitur ini bakal sangat bermanfaat bagi mereka yang memakai Ubuntu di laptop mereka. Berkat managemen power saving yang dimiliki Kernel Linux 4.18 mempunyai opsi untuk menggantikan pengontrolan HDD, USB dan perangkat lainnya ke low power state dikala tidak digunakan. Dengan demikian sanggup meningkatkan masa pakai baterai.


Mendukung Sidik Jari

Ubuntuk 18.10 mempunyai pertolongan untuk pemindai sidik jari. Ini berarti, bila komputer mempunyai sensor fingerprint, maka sanggup diaktifkan kembali dengan sidik jari.

Snap di Ubuntu 18.10Snap di Ubuntu 18.10 Foto: Ubuntu



Peningkatan Snap

Kabar bangga bagi kau yang kerap memakai Snap di Ubuntu. Ada sejumlah perubahan yang bakal dirasakan. Kini pengguna sanggup melaksanakan pencarian aplikasi beta dan alpha. Waktu meluncur lebih cepat, tersedia opsi logout untuk akun U1 dan label terverifikasi dalam daftar aplikasi.


Dukungan Driver Grafis

Lantaran memakai Kernel Linux 4.18, Ubuntu mempunyai peningkatan pertolongan untuk GPU Anvidia dan Nvidia. Selain itu, pertolongan USB Type C dan thunderbolt dan optimalisasi kinerja di CPUfreq.

Aplikasi gres di Ubuntu 18.10Aplikasi gres di Ubuntu 18.10 Foto: Ubuntu


Aplikasi Baru

Ubuntu mengatakan sejumlah aplikasi pre-install baru, mencakup Mozilla Firefox 63, Thunderbird 60, LibreOffice 6.1, Shotwell 0.30, Remmina 1.2.3m dan Rhythmbox 3.2.4.

Untuk menginstal Ubuntu 18.10 pastikan spek komputer yang dipakai sesuai dengan persyaratan:

- Prosesor dual core 2 GHz
- RAM 2 GB
- HDD 250 GB
- USB Port untuk instalasi

Instalasi UbuntuInstalasi Ubuntu Foto: omgubuntu


Selanjutnya, tinggal mengunduh sistem operasi ini dalam format ISO 64-bit di sini. Jika sebelumnya sudah menjalankan Ubuntu versi sebelumnya cukup update saja caranya:

- Buka aplikasi Software & Update
- Tekan tab Update
- Temukan bab 'Notify me of a new Ubuntu version'
- Ubah dari 'For long-term support versions' ke 'For any new version'
- Klik Close

Ubuntu akan mengecek pembaruan. Jika tersedia, tinggal update dan ikuti prosesnya.

No comments:

Post a Comment